5 Tips School Branding yang Berguna untuk Bisnis Pendidikan

Branding Strategi

Branding ternyata juga dibutuhkan untuk bisnis pendidikan. Dengan adanya 5 tips school branding ini, tentu akan membantu Anda mengelola instansi pendidikan.

Sebagai suatu instansi pendidikan, tentu saja diperlukan adanya 5 tips school branding guna memajukan bisnis pendidikan. Mengingat banyak sekolah yang kurang paham dalam tips mengelola kehumasan, sehingga tidak mengherankan apabila jumlah siswanya setiap tahun mengalami penurunan.

Baca Juga: Kapan Saatnya Brand Anda Butuh Brand Rejuvenation? Simak 5 Tandanya di Bawah Ini

Apa Itu School Branding?

Pencitraan sekolah atau school branding merupakan salah sebuah cara seseorang untuk membedakan sekolah satu dengan lainnya. Branding ini lebih mudah diketahui melalui citra visual sehingga maksud adanya sekolah tersebut mudah direkam dalam memori khalayak.

Upaya pencitraan sekolah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah word of mouth. Apalagi jika penyebar citra sekolah tersebut menjadi salah satu guru atau siswa di dalamnya, biasanya akan lebih mudah diterima oleh khalayak.

Cara ini bahkan sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk membentuk kepercayaan dan menghubungkan tingkat emosional orang tua murid yang hendak mendaftarkan anaknya.

Namun, usaha branding sekolah menggunakan word of mouth ternyata tidak seutuhnya membuahkan hasil. Mengapa? Pasalnya kebanyakan masyarakat akan mencari informasi lebih, seperti misalnya kualitas pengajaran, kurikulum hingga prosedur pendidikannya.

Oleh karena itu, dalam sebuah instansi pendidikan, termasuk sekolah diperlukan adanya staff humas. Tujuannya adalah untuk memperlancar branding  sekolah apabila hendak menjalankan bisnis pendidikan.

5 Tips School Branding Untuk Bisnis Pendidikan

Untuk memaksimalkan upaya branding, Anda bisa menyimak 5 tips branding sekolah berikut ini,

1. Buat logo yang simple dan menarik

Tips paling utama yang harus diketahui oleh seorang humas di sekolah dalam membangun branding adalah membuat logo. Ketika membuat logo, sebaiknya gunakan desain simple akan tetapi menarik. Hal ini bertujuan agar khalayak mudah mengingatnya pada saat pertama kali melihat.

Selain itu, perpaduan warna yang digunakan untuk membuat logo juga harus diperhitungkan. Usahakan warnanya memiliki arti dari filosofi sekolah tersebut. Hal ini bahkan akan sangat berguna bagi bisnis pendidikan, pasalnya orang akan semakin mudah mengenalinya.

2. Gunakan jargon maupun slogan yang singkat, jelas dan padat

Tips berikutnya adalah menggunakan jargon maupun slogan yang singkat, jelas dan padat. Hindari pengulangan kata dan merangkai kata terlalu bertele-tele.

Perlu diketahui bahwa jargon maupun slogan sekolah yang ideal biasanya terdiri dari empat sampai 5 kata saja. Serta sebisa mungkin hindari penggunaan majas yang terlalu hiperbolis.

3. Jangan menjiplak ide dari sekolah lain

Salah satu faktor yang sering kali menjadi penyebab runtuhnya sistem bisnis pendidikan di suatu sekolah adalah ditemukan penjiplakan. Seperti misalnya salah satu bentuk dasar logo yang mengcopy paste dari sekolah lain, seragam khusus yang memiliki motif sama dan lain sebagainya.

4. Desain website sekolah semenarik mungkin

Tips branding sekolah yang berguna untuk bisnis pendidikan dan patut diterapkan adalah mendesain website sekolah semenarik mungkin. Desain yang menarik bukan berarti terlalu ramai atau banyak mengandung perpaduan warna. Usahakan hanya menggunakan dua sampai tiga warna saja dan buat laman mudah dikunjungi oleh semua orang dari berbagai rentang usia.

5. Berikan pelayanan terbaik

Seringkali pihak humas dalam suatu sekolah kurang tanggap dalam melayani pertanyaan atau permohonan informasi lebih lanjut dari masyarakat.

Padahal, setiap sekolah memiliki nomer telepon khusus yang gunanya untuk menjawab pertanyaan dari khalayak. Oleh karena itu, apabila ingin bisnis pendidikan dalam suatu sekolah semakin maju, maka berikan pelayanan yang terbaik.

Kini bagi sekolah yang hendak mengembangkan bisnis pendidikannya, tidak perlu khawatir lagi, pasalnya sudah ada 5 tips school branding sebagaimana dijabarkan di atas. Segera aplikasikan tips tersebut agar sekolah bisa berkembang dan maju dengan baik.

Baca Juga: 9 Negara dengan Nation Branding Berhasil, Wajib Ditiru

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.