Bagaimana Cara Membangun Branding Awareness Sebuah Bisnis?

Branding Strategi

Bagaimana branding awareness dari produk Anda?

Dalam sebuah bisnis, peluncuran produk dikatakan berhasil jika telah mencapai branding awareness kepada para pelanggannya. Biasa disebut juga sebagai kesadaran merek, di mana secara sadar orang menyebutkan merek produk tertentu ketika memaksudkan sesuatu.

Sederhananya ketika melihat logo apel dengan sedikit gigitan pada salah satu bagian atas, Anda tahu produk tersebut keluaran Apple. Atau ketika melihat lambang mobil pada bagian depan, Anda langsung tahu apa merek dari kendaraan beroda empat tersebut.

Baca Juga: Jasa Branding untuk Membuat Branding Perusahaan Tepat Sasaran

Mengenal Pengertian Branding Awareness

Brand awareness merupakan sebuah kondisi di mana konsumen secara langsung mengingat merek produk hanya dengan melihat gambar atau sebagian identitas brandnya saja. Contohnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Sebuah branding awareness yang berhasil akan menjadi faktor penentu para konsumen mengambil keputusan pada saat mempertimbangkan membeli satu diantara dua barang. Ada banyak faktor kenapa pembeli membandingkan dua produk sebelum membayarnya.

Pertama, faktor harga. Mencari nilai jual paling murah tentunya membantu pembeli menyimpan beberapa rupiah di dompetnya. Kedua, faktor kualitas produk tersebut. Untuk yang sudah pernah mencoba salah satunya dan merasa cocok, sulit berpindah haluan.

Ketika perusahaan mengetahui secara sadar perilaku konsumen sebelum membayar, hal tersebut dapat menjadi sarana pengembangan produk. Riset pasar adalah hal wajib bukan hanya untuk mengetahui kondisi konsumen dari segi ekonomi saja.

Namun, juga branding awareness berperan untuk mencari tahu seperti apa perilaku pasar demi membuat perencanaan pemasaran yang tepat. Salah satu elemen utama yang wajib dikedepankan dari tindakan ekonomi ini adalah branding atau pengenalan merek.

Untuk bisnis baru, perkenalan merek akan melalui tahapan tidak mudah. Pebisnis ditantang untuk memberikan kualitas terbaik di tengah para pesaingnya. Setelah perkenalan merek berhasil, baru konsumen secara otomatis akan memiliki kesadaran tinggi mengingatnya.

Bukan tidak mungkin posisi produk baru semudah itu menggeser produk lama karena berbagai faktor, salah satunya termasuk harga. Misal, jika dulu orang saat membeli mie langsung mengarahkan maksudnya pada Indomie, berbeda sekarang.

Orang kampung membeli mie kemudian yang diberikan tidak lagi Indomie, melainkan Mie Sedaap. Hal ini membuktikan bahwa Mie Sedaap memiliki branding awareness yang cukup berhasil untuk kalangan masyarakat perkampungan.

Baca Juga: Manfaat Logo dalam Branding Perusahaan dan Produk Anda

Manfaat yang Bisa Anda Rasakan

Masing – masing pihak terlibat, baik perusahaan maupun pelanggan akan merasakan banyak sekali manfaat kesadaran merek. Secara garis besar peran penting bagi perusahaan adalah menjadi feedback yang cukup menjanjikan.

Perusahaan akan mendapat imbal balik positif dengan bertambahnya pelanggan baru melalui jaringan pasar yang semakin luas. Fakta detail terkait manfaat pengenalan merek bagi pemilik bisnis meliputi beberapa hal berikut ini:

  1. Pelanggan sadar akan keberadaan merek produk tertentu tanpa mengenalinya sebagai merek lain. Misal, Mie Sedaap dikenal sebagai Mie Sedaap, bukan Sarimi. Contoh branding awareness ini memudahkan penyebutan konsumen saat membeli.
  2. Dapat menjadi sarana mendatangkan pelanggan baru yang penasaran dan ingin mencoba produk bersangkutan. Rasa penasaran tersebut bisa didasari oleh iklan di media sosial, televisi, maupun jejaring internet lainnya.
  3. Meningkatkan nilai jual melalui berbagai hal positif yang melekat pada produk. Hal positif ini tidak selalu terkait kualitas isi, namun bisa juga dari sisi menarik tampilan luar, seperti sisi menarik kemasan atau adanya diskon jika membeli beberapa banyak.
  4. Paling utama adalah sebagai bentuk kepercayaan pelanggan kepada produk Anda. Sebuah branding awareness dikatakan berhasil apabila sudah ada pada tahapan tidak perlu lagi membandingkan, cukup satu kali lihat saja pelanggan akan beli.

Sebelum memasarkan sebuah produk atau merancang teknik pemasaran sebagus mungkin, lebih dulu memperkenalkan merek adalah hal penting. Membuat pelanggan sadar akan adanya produk dengan merek Anda merupakan langkah awal dari semua trik penjualan.

Karena sebelum menggunakan sebuah produk, pola pikir masyarakat akan terbentuk dari sejauh mana kepercayaan mereka terhadap produk yang dibelinya. Akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan lama daripada mendapatkan pelanggan baru.

Pelanggan lama akan berulang membeli produk Anda selama kualitasnya tetap terjaga dan mampu bersaing dengan pasar. Sementara branding kepada pelanggan baru akan melalui lebih banyak proses, salah satunya meyakinkan kualitas brand pada mereka.

Baca Juga: Ketahui Fungsi, Manfaat Serta Contoh Branding yang Sukses

Tips Membangun Branding Awareness

Saat ini tips tentang berbisnis sudah dapat banyak ditemukan di internet maupun buku sumber. Selain itu, Anda bisa belajar dari mentornya langsung untuk mendapatkan jawaban terkait langkah jitu melakukan bisnis di tengah gempuran persaingan ketat.

Salah satu yang wajib dipertimbangkan ketika melakukan usaha adalah membuat masyarakat sadar ada produk dengan merek tertentu. Tidak semua perusahaan berhasil membuat kesadaran merek di tengah kerasnya persaingan dalam pasar.

Tentu Anda tidak ingin menjadi salah satu orang yang tergilas begitu saja karena kalah bersaing. Untuk itu, ketika melakukan branding awareness, pastikan selalu mengikuti berbagai tips berikut:

1. Manfaatkkan Social Media

Manfaatkan media sosial sebagai sarana berbisnis dengan menciptakan akun bisnis profesional. Contohnya, Anda membuka usaha kerudung dan menggunakan WhatsApp Business sebagai sarana komunikasi dengan para pelanggan.

2. Content Marketing

Buat content marketing, artinya manfaatkan jejaring sosial serta alamat situs untuk menyebarkan konten promosi. Saat ini sebenarnya bisnis sudah lebih diberi banyak kemudahan, salah satunya bisa melakukan promosi dengan biaya lebih ringan.

3. Buat Video Menarik

Jika tulisan saja masih belum ampuh menggaet banyak pembeli baru, Anda bisa memanfaatkan video untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan membeli produk Anda. Budaya orang Indonesia lebih suka menonton daripada membaca.

4. Endorse

Endorse atau memutuskan untuk melakukan kerjasama dengan banyak influencer di Instagram juga merupakan keputusan baik. Sebagai bentuk branding awareness, menggunakan jasa orang terkenal akan membantu produk laris manis di pasaran.

5.Ikuti sebuah Event

Membuat atau ikut serta dalam sebuah event merupakan salah satu strategi cukup menjanjikan karena ibaratnya Anda sedang menjemput bola. Ketika mendapatkan pelanggan baru dari event tersebut, bisa dipertahankan asal produknya bagus.

6. Menjadi Sponsorship Event

Anda dapat menjadi sponsorship untuk suatu event atau acara yang sekiranya menjanjikan. Butuh modal besar ketika mendanai sebuah acara. Selain itu, agar tidak merugi, riset mendalam terkait apakah acara akan berhasil juga tentu diperlukan.

7. Bagikan Merchendise

Yang membuat branding awareness berhasil adalah membagikan merchandise secara gratis kepada konsumen. Orang Indonesia pasti suka berbagai bentuk barang gratisan, Anda bisa memanfaatkan mental seperti ini untuk memasarkan merek.

Tiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri terkait strategi memperkenalkan dan membuat kesadaran merek kepada para konsumen. Strategi tersebut tentunya didasarkan pada riset target pasar sesuai dengan kepada siapa produk akan dijual.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Segmentasi Pasar Sebelum Melakukan Branding

Setiap produk memiliki nilai berbeda di hadapan masing – masing orang. Misal, popok dewasa akan menjadi kebutuhan utama lansia, namun sama sekali tidak akan dilirik oleh remaja.

Secara spesifik, mengetahui target pasar dapat menentukan langkah promosi secara tepat. Dengan begitu, maka pebisnis popok dewasa tidak akan menggunakan model remaja, namun lebih memanfaatkan model lansia.

Penyajian promosi juga tidak menggunakan kalimat gaul, melainkan lebih menyasar ke kalimat yang mudah ditangkap lansia. Intinya, branding awareness akan berhasil ketika pebisnis betul – betul tahu siapa target market mereka. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.