...

Manfaat Logo dalam Branding Perusahaan dan Produk Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
manfaat-logo-dalam-branding-perusahaan-dan-produk-anda-dreambox

6 Tips membuat logo brand yang menarik?

Logo brand adalah salah satu bentuk identitas visual yang memiliki karakteristik tertentu berbentuk warna, filosofi, dan masih banyak lainnya. Biasanya hal tersebut digunakan untuk membedakannya dengan yang lain supaya unik.

Istilah tersebut berasal dari bahasa Yunani kuno. Artinya adalah budi, pikiran, akal, kata, dan pembicaraan. Tidak hanya itu saja, di tahun 1810 hingga 1840 silam, kata tersebut disebut dengan logotype.

Yaitu sebuah tulisan nama dengan menggunakan teknik penulisan jenis huruf tertentu agar terlihat lebih menarik. Jadi mulanya bentuk logo brand ini hanya berupa elemen tulisan saja. Selanjutnya dibuat lebih kreatif.

Banyak pebisnis mulai melakukan inovasinya dengan menggabungkan elemen untuk membuatnya. Mulai dari sketsa, gambar, dan tulisan. Karena logo adalah gambar, sketsa, dan tulisan dengan makna tertentu untuk perwakilan identitas entitas.

Baca Juga: Tips yang Dapat Anda Lakukan dalam Membangun Branding Produk

Sebelum mengupas lebih jauh tentang manfaat logo brand, sebaiknya kenali dulu macam-macamnya. Karena ternyata ada 7 jenis yang perlu diperhatikan supaya bisa memilih sesuai kebutuhan. Berikut 7 jenisnya, antara lain:

  1. Letter Mark (monogram). Jenis ini menggunakan inisial nama brand perusahaan pada desainnya. Biasanya di dalamnya meliputi 2 sampai 4 huruf sesuai brandnya agar mudah diingat oleh calon konsumen. Misalnya NASA.
  2. Wordmark, jenis ini hampir sama seperti letter mark. Berbentuk huruf sebagai lambang sebuah perusahaan. Hanya saja wordmark ini mengaplikasikan semua nama brand tanpa disingkat. Cocok untuk nama produk yang pendek.
  3. Pictorial Mark, jenis logo brand ini disebut juga dengan simbol. Karena menggunakan ikon dengan desain grafis tertentu untuk menunjukkan identitas produk. Bentuknya sendiri selalu melekat mewakili identitas produk/ jasa tertentu.
  4. Abstrak, jenis ini hampir mirip pictorial mark. Karena memakai grafis tertentu. Hanya saja bentuknya hanya geometris acak saja. Banyak orang memilihnya karena dalam 1 gambar efektif mewakili bisnis secara menyeluruh.
  5. Maskot, biasanya di dalamnya dibuat karakter tertentu untuk menggambarkan sebuah perusahaan. Itulah kenapa biasanya di dalamnya mengandung unsur warna ceria dan cerah untuk maskot perusahaan. Sehingga bisa menarik perhatian konsumen.
  6. Kombinasi, biasanya desainnya menggabungkan antara jenis logo brand letter mark dengan maskot, simbol, dan abstrak. Gabungan teksnya menarik sehingga hasil desain logonya terlihat berbeda. Misalnya seperti Lacoste, Burger King, dll.
  7. Lambang, untuk varian ini biasanya ada huruf di dalam simbol, ikon, segel, dan lencananya. Dimana hurufnya tersebut dijadikan sebagai inti gambaran produk perusahaan atau instansi tertentu yang lebih luas cakupannya.

Baca Juga: Ketahui Fungsi, Manfaat Serta Contoh Branding yang Sukses

Pada dasarnya logo brand itu berguna untuk menggambarkan identitas produk perusahaan. Sehingga hal tersebut meminimalisir terjadinya pembajakan produk. Selain itu masih ada banyak fungsi lainnya dari sebuah logo. Berikut fungsinya:

  1. Sesuai dengan karakternya, tentunya fungsinya bisa dijadikan sebagai branding. Karena didalamnya menggambarkan identitas dan karakteristik sebuah produk yang telah diwakilinya. Sehingga hal tersebut membuat masyarakat bisa lebih mudah mengingatnya. 
  2. Logo brand ini efektif digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dari informasi inilah maka secara efektif dapat digunakan untuk mengontrol pandangan masyarakat terhadap sebuah brand. Jadi pesan yang disampaikan penting.

Itulah kenapa biasanya pembuatannya juga digunakan untuk pengawas nilai perusahaan terhadap pandangan masyarakat selama ini. Sehingga hal tersebut membuat pemilik usaha merasa perlu membuatnya demi kebutuhan produknya agar lebih populer

Ini efektif dijadikan sebagai motivasi semua pihak. Karena ini bisa digunakan sebagai penyampai pesan motivasi sesuai tujuan brandnya. Misalnya untuk produk sampo, tujuannya memberi motivasi konsumen untuk melakukan hidup bersih.

Pada dasarnya logo brand ini juga bisa digunakan untuk mengutarakan emosi. Misalnya untuk produk bumil dan menyusui. Maka bisa membuat gambaran kasih sayang ibu kepada buah hatinya lewat logonya tersebut.

Cara ini efektif digunakan sebagai media promosi dan presentasi terbaik. Karena pesan dan informasi yang diberikan untuk masyarakat semakin menarik berkat logonya tersebut. Jadi pesan dan identitas perusahaan mudah diingat.

Namun tentu saja supaya hasilnya lebih memuaskan, jangan lupa gunakan kata-kata menarik dan gambar yang sifatnya persuasif. Sehingga hal tersebut membuat siapa saja yang melihatnya langsung tertarik dan mudah mengenalnya.

Baca Juga: Susun Strategi Branding Jitu Bersama Brand Agency Jakarta

Tips Membuat Logo Efektif 

Dalam membuat logo brand itu sebaiknya harus dapat merepresentasikan dari nilai perusahaan itu sendiri. Itulah kenapa buat yang unik dan berbeda dari kompetitor agar hasilnya memuaskan. Berikut tips membuatnya, yaitu:

  1. Sebaiknya pakai metode visual double entendre. Yaitu menggunakan gambar 2 makna. Desain seperti ini mampu memberikan kesan artistik dan cerdas pada sebuah perusahaan tanpa mencantumkan teks di dalam desain logonya.
  2. Perhatikan kombinasi warna yang digunakan. Setiap warna punya makna sendiri untuk menyampaikan ide dan nilai sebuah brand. Jadi gunakan palet warna terbaik yang dapat melengkapi identitas produk perusahaan dengan baik.
  3. Manfaatkan font custom. Itu karena hal tersebut mampu menciptakan kesan yang lebih unik dan personal. Anda dapat menyesuaikannya dengan visi misi perusahaan agar terlihat lebih otentik dan berbeda dari lainnya.
  4. Cobalah gunakan logotype untuk desainnya. Yaitu menaruh nama brand untuk fokus utamanya. Rancangan ini cocok sekali untuk logo perusahaan. Karena efektif meminimalisir terjadinya kebingungan pelanggan saat melihat desain logo nya dulu.
  5. Buat desain yang sederhana tapi mudah diingat. Caranya berikan karakter unik agar terlihat lebih bermakna dan terkesan mendalam. Ini cocok sekali untuk Anda yang tidak bisa mendesain sendiri karena pemula.
  6. Buat desain yang mudah diingat dan dikenal. Caranya berikan sentuhan menarik meski hanya sedikit saja agar terlihat lebih unik dan berbeda. Yaitu gabungkan warna khusus agar sesuai dengan nama brandnya.

Logo dalam Branding

Logo brand itu harus ikonik. Sehingga lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Itulah kenapa kehadirannya sangat penting bagi perusahaan dan produknya. Di bawah ini adalah peran penting kehadirannya untuk branding perusahaan:

  1. Efektif dapat menarik perhatian para konsumen. Karena secara efektif dapat mengkomunikasikan inti dari perusahaan agar terlihat lebih menarik, sehingga hal tersebut membuat konsumen bisa menilai bisnis dari penampilannya secara langsung.
  2. Hal ini bisa memberikan kesan awal yang sangat kuat karena bisa digunakan sebagai pengenalan pertama perusahaan. Bila dibuat dengan baik, otomatis itu membuat masyarakat semakin tertarik untuk mengenal perusahaan tersebut.
  3. Ini efektif dijadikan sebagai dasar identitas produk perusahaan. Karena secara otomatis ampuh mempengaruhi emosi konsumen dengan baik berkat dasar merek yang dibangun. Itulah kenapa perhatikan font, corak, dan warnanya dulu.
  4. Kehadiran identitas ini membuat usaha semakin berkesan. Karena ini merupakan titik identifikasi dan simbol yang dimanfaatkan konsumen dalam mengenal merek perusahaan. Itulah kenapa pembuatannya jangan asal.
  5. Dengan membuatnya lebih baik akan menjadikan perusahaan terlihat berbeda dari kompetitornya. Jadi para konsumen tahu langsung apa yang membuat produk perusahaan tersebut terlihat unik dan lebih baik daripada produk lainnya.

Baca Juga: Anda Ingin Melakukan Rebranding? Pelajari Tahapan dan Strategi Berikut

Setelah memahami manfaatnya, rasanya hal tersebut membuat pelaku bisnis lebih menyadari peran branding untuk usaha. Karena bila tidak memiliki logo brand, perusahaan bisa kehilangan peluang untuk membangun bisnis lebih luas. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms