Branding Personality Penting, Berikut Faktanya

Branding Strategi

Mendengar istilah brand personality, bagaimana pengaruhnya dengan konsumen?

Pengertian Brand Personality sangat wajar serta cukup mendasar bagi siapa saja ketika memulai bisnis. Banyak pelaku bisnis berusaha bagaimana caranya agar brand mereka dapat melekat dengan mudah di ingatan konsumen. Ternyata cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah merancang brand dengan personality kuat. Secara singkat brand personality adalah kepribadian dari sebuah brand yang membuat konsumen menjadi lebih dekat. Hal ini membuat brand tersebut menjadi mudah diingat dan sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda. Membahas tentang hal ini memang sangat menarik karena bukan sekedar menjual produk atau jasa saja. Namun bagaimana caranya Anda bisa memperkenalkan dan membuat konsumen menjadi mengenal brand-nya.

Baca Juga : Branding Personality Penting Anda Miliki, Berikut Faktanya 

Berbagai Fakta Tentang Branding Personality yang Perlu Diketahui

Untuk mengenal lebih mendalam tentang brand personality mari simak berbagai fakta menarik tentang hal ini. Fakta-fakta seperti ini sangat membantu Anda sebagai modal dalam menjalankan serta mengembangkan bisnis.

1. Pengertian Branding Personality

Sebelum membahas lebih mendalam sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu tentang pengertian dari brand personality. Sebenarnya dapat diartikan secara sederhana yaitu karakteristik atau kepribadian yang melekat pada sebuah brand. Banyak yang mengatakan dengan adanya kepribadian seperti ini maka dapat meningkatkan brand equity. Dapat membuat lebih dekat dengan konsumen karena segmen pasarnya sesuai target sehingga lebih tepat.

Tanpa adanya kepribadian seperti ini membuat produk Anda akan sulit mencapai target pasar. Mengingat saat ini persaingannya sangat ketat, jadi kalau produk tidak unik dan berbeda maka sulit diterima konsumen. Dengan adanya kepribadian seperti ini membuat lebih mudah meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk. Hal ini karena pengaruh brand personality sangat kuat meskipun Anda menawarkan produk yang sama. Selain itu brand personality juga dapat menjadi value added atau nilai tambah dengan sifat cenderung kualitatif. Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah menawarkan keunggulan dibandingkan para pesaing. Anda dapat menyampaikan kepribadian brand-nya dengan menggunakan visual, tone of voice dan kebijakan layanan pelanggan. Memanfaatkan berbagai hal ini untuk membuat produk lebih dikenal serta menjadi dekat dengan konsumen.

2. Tipe-Tipe Branding Personality

Brand personality memiliki beberapa tipe yang sering digunakan oleh brand-brand pada umumnya. Setidaknya Anda harus mengetahui apa saja tipe-tipe yang dimaksud agar dapat membuat kepribadian branding secara tepat.

  1. Excitement

Pertama tipenya adalah excitement artinya bersifat bebas, memiliki semangat serta berjiwa muda. Tipe seperti ini sangat cocok digunakan untuk generasi muda karena mudah dimengerti serta diterima.

  1. Sincerity

Jika Anda menggunakan tipe sincerity artinya memiliki sifat positif, membawa kebaikan dan arahnya pada nilai kekeluargaan. Anda bisa menggunakan tipe ini untuk brand-brand dengan karakter serta mengutamakan nilai kekeluargaan.

  1. Ruggedness

Bagi brand-brand yang menggunakan tipe ruggedness cenderung memiliki karakter tangguh, atletik dan aktif. Karakter ini sangat menarik serta memiliki kekuatan tersendiri pada brand-brand tertentu yang berjiwa muda.

  1. Competence

Bagi Anda yang ingin membuat kepribadian branding dengan kesan profesional maka bisa memilih tipe competence. Tipe seperti ini memiliki karakter sukses, sangat berpengaruh dan memiliki kesan kepemimpinan.

  1. Sophistication

Tipe terakhir yaitu sophistication dengan memberikan kesan elegan, mahal serta bergengsi. Tipe seperti ini cocok untuk brand-brand tertentu yang dapat disesuaikan dengan target pasar kelas menengah ke atas.

3. Menjadi Strategi Pembeda

Fakta lainnya tentang brand personality sebagai strategi pembeda dengan para kompetitor atau pesaing. Dalam dunia bisnis sebuah persaingan memang wajar namun tidak mudah tanpa adanya strategi khusus. Namun dengan adanya kepribadian branding ini menjadi salah satu strategi efektif untuk membuat produk menjadi berbeda. Meskipun sebenarnya Anda menawarkan produk yang sama dan sudah banyak ada di pasaran. Jika brandnya memiliki kepribadian yang konsisten, jelas, unik, berbeda dan menarik maka akan memiliki nilai tersendiri. Seperti orang-orang lebih mudah mengetahui, mengingat serta merasa tertarik dengan brand-nya.

Konsumen akan lebih mudah menemukan keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan para kompetitor. Bahkan dari awal mereka melihat atau mendengar brandnya sudah merasa sangat familiar dan tertarik untuk membeli. Strategi ini sangat efektif untuk Anda gunakan karena bukan sekedar menjual produk ke pasaran. Namun menjual brand itu sendiri sehingga ketertarikan pada produk menjadi lebih meningkat.

4. Sangat Berpengaruh dengan Brand Story

Brand story adalah sebuah fakta yang kerap kali dilewatkan padahal memiliki dampak cukup besar bagi bisnis. Brand story dibuat untuk meningkatkan identitas terkait sejarah atau perjalanan sebuah brand. Sebenarnya tidak sekedar tentang sejarah, perjalanan produk namun juga tentang apa yang ditawarkan serta diciptakan. Hal ini dapat mempengaruhi emosional konsumen sehingga merasa empati terhadap produk Anda. Brand personality memiliki pengaruh sangat erat dengan brand story dan menjadi fakta penting untuk diketahui. Brand story kerap kali menjadi alasan kenapa konsumen bisa tertarik sehingga akhirnya memiliki produk Anda. 

Brand story sebuah produk memiliki nilai-nilai yang dipercaya para konsumen sehingga tergerak untuk membeli. Nilai-nilai seperti ini tidak bisa didapatkan dengan mudah karena harus dikenalkan sampai melekat pada produknya. Dengan adanya hal ini dapat membuat tujuan Anda menjadi cepat tersampaikan, konsumen juga tersentuh secara emosional. Serta lebih mudah untuk terdorong adanya transaksi pembelian atau penggunaan dari produk yang ditawarkan. Pentingnya brand story membuat Anda harus mengetahui banyak hal tentang hal ini serta bagaimana cara membuatnya. Memang tidak mudah untuk bisa mencapainya namun dapat dimulai saat ini juga.

5. Fakta Tentang Cara Membuat Branding Personality

Fakta tentang pentingnya kepribadian dalam sebuah brand memang tidak perlu diragukan lagi sehingga Anda juga harus memilikinya. Salah satunya dengan mengetahui cara-cara membuat brand personality itu sendiri untuk bisnis Anda. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memahami brand sendiri dengan lebih baik. Anda harus lebih mengenal secara mendasar sebelum akhirnya dipasarkan secara meluas untuk menarik konsumen. Contoh sederhana ketahui hal unik yang ditawarkan, nilai dari brand-nya, misi ingin dicapai dan siapa target pelanggannya. 

Baca Juga : Selangkah Lebih Dekat dengan Digital Branding; Berikut 10 Manfaatnya

Pertanyaan sederhana ini dapat membantu Anda menggali lebih mendalam tentang brand-nya. Banyak pelaku bisnis lupa kalau membuat branding personality harus memperhatikan tone dan voice dari brand. Padahal fakta-fakta seperti ini sangat penting untuk membuat kepribadian branding secara tepat. Cara ini sangat penting untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan dapat membantu Anda dapat menemukan kepribadian branding. Atribut-atribut ini memiliki pengaruh yang sangat kuat sehingga menjadi fakta penting untuk tidak dilewatkan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.