Contoh Kegiatan Branding Yang Dapat Digunakan Saat Merintis Usaha

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Brand merupakan salah satu faktor penting yang berfungsi untuk memberikan  identitas pada sebuah bisnis.

Bukan hanya sebuah logo atau nama perusahaan melainkan juga sebagai wujud persepsi orang mengenai perusahaan atau produk dari usaha Anda.

Baca Juga: Ingin Membangun Brand? Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Oleh karenanya hal ini tidak dapat dianggap enteng. Suatu brand juga menjadi faktor yang membedakan produk Anda dengan produk lain. Lalu apa saja contoh kegiatan branding yang dapat dilakukan untuk memulai usaha?

Contoh Kegiatan Branding Saat Merintis Usaha

Agar sebuah brand itu dikenal banyak orang memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu,  juga perlu langkah khusus agar dapat menarik calon pelanggan dengan cara yang inovatif dan efektif. Berikut ini beberapa kegiatan branding yang dapat Anda lakukan untuk merintis sebuah usaha.

  1. Menciptakan Logo Yang Menarik

Sebuah bisnis akan terlihat profesional apabila dibuat dengan desain yang menarik dan berkualitas serta mudah diingat. Logo yang baik juga akan membuat produk Anda lebih menonjol dibanding produk yang sama dari perusahaan lain. Sehingga tidak akan kalah ditengah – tengah kompetisi pasar yang saling bersaing.

  1. Memasang Iklan

Iklan memang dipercaya sebagai salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness. Untuk perusahaan besar membuat iklan merupakan hal yang mudah, namun pemasangan iklan tidak dapat dimaksimalkan untuk perusahaan–perusahaan kecil. Karena memasang sebuah iklan diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Namun saat ini, seiring dengan perkembangan zaman, pemasangan iklan dapat juga dilakukan lewat media online digital. Pemasangan iklan digital tidak memerluakan biaya yang besar bahkan beberapa diantaranya gratis. Cara ini dapat dimanfaatkan untuk siapapun termasuk kalangan perusahaan kecil.

  1. Sering Mengikuti Event Atau Pameran Bazar

Kegiatan lain yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan branding ialah dengan sering mengikuti kegiatan seperti pameran–pameran atau bazar. Iklan cara ini juga cukup efektif untuk mengenalkan produk kita kepada kalangan umum.

Pada umumnya kegiatan seperti ini menyediakan sebuah stand, memilih tempat stand yang strategis dapat membantu Anda untuk menarik konsumen baru. Sehingga diharapkan brand produk Anda akan lebih cepat dikenal.

  1. Aktif Berinteraksi Di Media Sosial

Memang tidak dapat dipungkiri media social yang tersedia saat ini dapat membantu para pebisnis untuk melebarkan usahanya. Jutaan orang telah menjadi pengguna aplikasi seperti facebook, instagram, twitter dan masih banyak aplikasi lainnya. Aktif berinteraksi di media social menjadi salah contoh kegiatan branding yang dapat meningkatkan pemasaran produk Anda.

Penggunaan media social menjadi senjata para pebisnis untuk kegiatan pemasaran yang kini menjadi sebuah keharusan. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dari kegiatan ini, sehingga dapat meningkatkan nilai branding produk Anda.

  1. Mengelola Blog Khusus Untuk Produk Usaha

Dengan membuat sebuah blog Anda dapat memberikan informasi khusus kepada khalayak umum untuk mengetahui dan mengenal brand produk Anda. Dengan menghadirkan konten–konten menarik akan mendatangkan orang baru untuk sekedar melihat atau membaca. Sehingga melalui media blog Anda juga dapat kesempatan untuk mendapatkan banyak pelanggan baru.

Merintis sebuah bisnis memang diperlukan usaha yang ekstra. Memberikan kualitas yang baik pada setiap produk juga menjadi kunci utama agar konsumen dapat terus setia pada produk yang Anda tawarkan. Dengan melakukan contoh–contoh kegitan branding seperti yang telah diuraikan di atas diharapkan dapat membantu dalam mengenalkan dan meningkatkan brand sebuah produk. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca Juga: Kumpulan Tagline Unik dan Sering Digunakan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms