...

Sambut 2024, Ini Tips Raih 1000 Follower Instagram

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
follower instagram dbx

Strategi Meraih 1000 Follower Instagram Pertama Untuk Bisnis Anda

Performa akun Instagram Anda sangat dipengaruhi oleh follower Instagram asli. Lebih jelasnya, konten Anda tidak akan menjangkau audiens apabila menggunakan fake followers yang merupakan bots. 

Bagi Anda yang sedang mengembangkan akun Instagram bisnis, terdapat banyak sekali tips ampuh untuk membantu Anda meraih 1000 followers pertama. Ini menjadi resolusi 2024 yang bisa Anda coba sebagai upaya mendapatkan klien baru.

Oleh sebab itu, mari simak berbagai tips dan taktik berikut ini agar Anda bisa meraih follower sebanyak-banyaknya sambil menyambut perkembangan bisnis yang lebih baik di 2024. Perlu Anda Pahami juga bagaimana tips meningkatkan engagement instagram untuk tambahan startegi lainnya. 

10 Tips Jitu Meraih 1000 Follower Instagram

Anda bisa menginvestasikan waktu dalam mengembangkan akun Instagram dengan lebih efektif dan efisien melalui penerapan tips-tips di bawah ini. Mulai dari menciptakan profil Instagram yang layak di-follow hingga memaksimalkan fitur Instagram, berikut tipsnya untuk Anda.

1. Susun Kalender Khusus Konten

content-calendar-follower-instagram-dreambox

Anda bisa konsisten upload konten baru dengan bantuan kalender media sosial. Di dalam kalender tersebut Anda bisa merencanakan waktu spesifik untuk upload konten, sehingga bisa menjadi ciri khas yang menarik komunitas Instagram untuk menunggu konten Anda.

Menggunakan bantuan kalender khusus konten akan membantu fokus Anda sehingga perencanaan ide konten lebih terorganisir.

2. Custom Profil Instagram

Selanjutnya, Anda perlu custom akun Instagram Anda agar menarik dan membuat orang mengikutinya. Pertama, gunakan username yang gampang diingat. Lalu, gunakan foto profil yang menggambarkan brand Anda.

Jangan lupa isi bio Instagram dengan informasi yang unik dan jelas, intinya menggambarkan tentang brand Anda secara keseluruhan dalam paragraf singkat.

Cantumkan sejenis link tree pada bio Instagram juga menambah kredibilitas akun Anda. Satu lagi, aktifkan notifikasi agar Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan audiens yang melakukan aksi seperti memberikan ‘comment’ pada postingan Anda.

3. Optimalkan Fitur Reels

Menambah follower Instagram juga bisa Anda lakukan dengan rajin upload konten berbentuk video di Reels. Melalui fitur terbaru Instagram tersebut, Anda akan menjangkau audiens lebih luas ketika konten video Anda sampai di halaman Explore mereka. 

Tingkat engagement pada Reels pun lebih tinggi daripada Instagram Post, dengan jumlah rata-rata likes sebanyak 42% lebih tinggi juga dibandingkan sekedar posting foto saja.

Untuk memaksimalkan fitur Reels, Anda pun perlu memproduksi konten yang unik, relevan, dan bermanfaat untuk audiens, sehingga sifatnya menghibur dan menarik orang untuk mencari tahu tentang brand Anda. 

4. Terapkan Editan Foto dan Video Terbaik

Tips yang satu ini berhubungan dengan tips sebelumnya, yakni mengoptimalkan fitur Reels dengan memproduksi konten unik dan relevan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda perlu mempelajari aplikasi edit foto dan video dasar yang mudah penggunaannya.

Kini sudah banyak aplikasi seperti Canva hingga VSCO, yang akan meningkatkan kualitas foto dan video Anda sebelum diunggah ke Instagram. 

Lalu, Anda bisa menggunakan konsep yang khas untuk konten Anda. misalnya, dengan menggunakan tema berupa warna identitas brand serta typography yang konsisten di setiap  konten. Ini jadi cara audience mengenali bahwa yang lewat adalah konten milik Anda.

5. Bangun Brand Voice yang Konsisten

Anda bisa menunjukkan citra brand yang relevan, relatable, serta kredibel, melalui penggunaan brand voice demi memanusiakan konten-konten Anda. Contoh yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah Barbie.

Setiap melihat konten Instagram Barbie, suara yang terbayang di kepala Anda pasti suara Barbie yang khas bukan? Intonasi dan gaya bicara Barbie dituangkan dalam bentuk caption Instagram, serta bio, comment, hingga pesan Instagram.

Ketika Anda memiliki brand voice yang konsisten, bukan hanya hubungan dengan followers lama saja yang semakin erat. Anda juga berpotensi menarik follower Instagram baru, jadi coba terapkan tips ini!

6. Buat Konten Interaktif 

Selain Reels, Anda bisa memanfaatkan Instagram Stories hingga Instagram Live untuk menjadi lebih interaktif dengan followers. 

Instagram Stories bisa Anda manfaatkan untuk melakukan polling atau survey terkait tipe konten apa yang mereka sukai. Apakah format konten BTS (Behind The Scene), konten carousel, atau konten video seperti Reels. 

Jadi, Anda bisa lebih fokus dan menguasai konten interaktif tersebut sehingga mengundang follower baru yang menikmati konten Anda. Namun perlu di perhatikan juga untuk tidak asal membuat konten yang interaktif, konten harus dibuat dengan menarik. Misalnya, konten carousel dibuat menarik dengan warna dan desain yang indah. 

7. Promosi Silang Konten

Tips meraih follower Instagram hingga berjumlah 1000 bisa Anda lakukan lebih cepat apabila melakukan promosi silang terhadap konten di Instagram. Maksudnya, Anda mengunggah konten di Instagram pada platform media sosial lain seperti Tiktok.

Ini menjadi upaya meningkatkan brand awareness sekaligus membuka peluang mendapatkan followers unik pada masing-masing platform. Apabila Anda berhasil menumbuhkan akun di Tiktok, maka peluang akun Instagram Anda ikut tumbuh pun semakin besar.

Selain Tiktok, terdapat pula Youtube Shorts hingga Pinterest Stories yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi silang.

8. Bekerja Sama dengan Influencer

Kerap disebut sebagai paid promotion hingga endorsement, metode satu ini dirasa lebih ampuh daripada iklan. Sebab, influencer bisa menambah kredibilitas dan kepercayaan terhadap brand melalui rekomendasi yang dilakukannya untuk brand Anda.

“Hasil survei menunjukkan, sebanyak 87% responden memutuskan untuk melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi yang datang dari influencer dan selebriti terkemuka”

Ditambah lagi, berdasarkan kutipan data survey diatas konsumen lebih percaya akan rekomendasi dari influencer yang mereka follow di Instagram. Jadi, optimalkan cara ini dengan menemukan dan menggunakan influencer yang selaras niche-nya dengan brand Anda.

9. Berinteraksi dengan Followers Kompetitor

Taktik menambah follower Instagram satu ini bisa Anda coba, karena follower kompetitor menandakan bahwa mereka memiliki ketertarikan dengan produk yang brand Anda tawarkan.

Lakukan interaksi seperti follow, like, comment, lalu mengirim direct message (DM), hingga menandai follower tersebut di sebuah konten.

Cara ini akan menunjukkan bahwa brand Anda terbuka terhadap komunikasi dua arah dengan konsumen. Bentuk interaksi tersebut akan memberi tahu bahwa brand Anda dipegang oleh manusia asli, dan bukan bot yang posting konten otomatis.

Brand Anda pun akan dianggap lebih autentik dan dekat dengan pengguna Instagram lainnya. Hal ini juga dapat meningkatkan branding produk di benak konsumen lebih mendalam.

10. Buat Highlights yang Menarik

Highlight adalah fitur Instagram yang memungkinkan Story Instagram Anda dapat dilihat lebih dari 24 jam, selama Anda masih mengaktifkan highlight tersebut. 

Manfaatkan fitur ini dengan mengaturnya semenarik mungkin agar konten Anda memiliki value dan umur yang lebih panjang. 

Ketika profil Instagram bisnis Anda memiliki highlight, daya tariknya akan bertambah sebab pengguna yang mengunjungi profil bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Jadi, ini membuat pengguna yang minat dengan produk Anda akan follow tanpa ragu.

Sepuluh tips menambah follower Instagram tersebut bisa Anda lakukan agar mencapai jumlah yang diinginkan, sehingga bisa menjadi peluang berkembangnya bisnis pada 2024. 

Mulai dari optimalkan fitur Instagram hingga menciptakan profil yang menarik, terapkan seluruh tipsnya agar Anda tahu mana yang works dengan ampuh.

Bila ingin lebih praktis, gunakan layanan Digital Marketing dari Dreambox untuk manajemen akun Instagram yang lebih terkonsep dan terarah. Hubungi kami untuk konsultasi lebih detail terkait target 1000 followers Instagram Anda!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms