Ketahui Berbagai Jenis, Manfaat dan Tips Membuat Copywriting

Branding Strategi

Mengetahui tips copywriting dapat membuat konten lebih menarik

Orang-orang yang bekerja di bidang industri kreatif tentu sudah tidak asing dengan tips copywriting yang sudah merupakan tugas dari copywriter. Seorang copywriter merupakan profesi baru yang ditemukan setelah internet mendigitalisasi bisnis di banyak negara. Adanya copywriter menjadi bukti bahwa perusahaan telah adaptasi dengan kondisi lingkungan masyarakat saat ini yang membutuhkan koneksi internet.

Baca Juga: Ketahui Fungsi, Manfaat Serta Contoh Branding yang Sukses

Mengetahui Pengertian dari Copywriting

Sebelum lebih jauh membahas seperti apa tips copywriting dalam bisnis zaman sekarang, terlebih dahulu mari cari tahu definisi dari bidang pekerjaan tersebut. Sederhananya tindakan ini merupakan proses kreatif menulis yang tujuannya untuk menjual produk.

Penulisan konten penjualan ini bisa diposting melalui media sosial, situs, dan juga landing page. Profesi sebagai copywriter memiliki peran penting dalam menggambarkan citra perusahaan maupun nilai dari sebuah produk kepada khalayak.

Sebelum menjadi seorang copywriter, penting untuk pemilik profesi tersebut mendalami latar belakang perusahaan dan keseluruhan informasi tentang perusahaan tempat bekerja. Untuk produk, sebelum menulis wajib melakukan riset serta mempelajari produk tersebut.

Dalam penulisan konten dikenal juga istilah SEO atau search engine optimization. Tim SEO dan copywriter berbeda, namun keduanya saling berkaitan erat untuk mendorong penjualan produk secara digital.

Aplikasi tips copywriting dalam penulisan konten membantu perusahaan mencapai target penjualan dari waktu ke waktu. Mampu menulis dengan strategi tepat sasaran juga membuat profesionalitas sebagai copywriter semakin diperhitungkan dalam pekerjaan.

Jenis-jenis Copywriting yang Perlu Anda Ketahui

Copywriter merupakan profesi yang banyak dibutuhkan pada persaingan digitalisasi bisnis saat ini. Ternyata penulisan konten untuk penjualan produk tidak hanya terdiri atas satu jenis saja.

Ada beberapa jenis copywriter yang dalam pelaksanaannya dapat dikerjakan oleh satu tim atau lebih. jenis-jenis penulisan konten marketing tersebut adalah:

  1. Penulis SEO merupakan bagian dari copywriting dengan menekankan penulisan konten pada kata kunci tertentu. Misal, temanya kesehatan dan kata kuncinya adalah “sakit asma” kata kunci tersebut akan diulang beberapa kali pada artikel digital.
  2. Marketing copywriting merupakan tips copywriting yang membuat promosi dan pemasaran produk melalui internet. Kebanyakan penulisan konten marketing ini bisa Anda temukan pada email dan juga landing page.
  3. Penulisan konten terkait sebuah brand adalah jenis penulisan yang hanya fokus membahas satu brand saja. Deskripsi detail terkait brand tersebut akan diinformasikan selengkap-lengkapnya kepada para pembaca.
  4. Direct response copywriting adalah penulisan konten yang mengajak pembaca untuk langsung melakukan aksi selesai membaca artikel. Ajakan ini disebut sebagai CTA atau call to action yang biasanya ditandai dengan kalimat, “Ayo hubungi kami segera!”
  5. Technical writing menerapkan tips copywriting yang berfokus pada tutorial atau panduan penggunaan produk. Biasanya trik penulisan ini banyak ditemukan pada kemasan produk di bagian belakang.

Menulis konten terkesan sebagai profesi yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Namun, berdasarkan kelima jenis penulisan tersebut dapat dilihat bahwa setiap profesi memiliki job deskripsi berbeda. Menulis bisa dilakukan siapa saja, namun mencapai target keberhasilan mempromosikan dan menjual produk tidak bisa dilakukan banyak orang. Tugas dan kesulitan seorang penulis konten marketing adalah memastikan artikelnya dibaca.

Bukan hanya sampai di sana, namun juga setelah dibaca, pengaruh konten harus bisa memberikan ajakan secara persuasif kepada pembaca untuk membeli. Keliru menerapkan tips copywriting akan membuat orang malas dan melewatkan bacaan tersebut.

Baca Juga: Tips Copywriting yang Menarik dan Persuasif

Manfaat Menggunakan Copywriting Dalam Bisnis

Dunia bisnis terus berkembang dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan kemajuan zaman. Jika dulu orang melakukan transaksi secara konvensional, sekarang cukup mengandalkan internet saja sudah bisa melakukan jual beli dari jarak jauh.

Manfaat paling jelas dari sistem transaksi ini adalah mendapatkan kepraktisan dalam tindakan jual beli. Selain itu, manfaat penulisan konten marketing adalah sebagai berikut:

  1. Setiap tulisan tentunya bermanfaat untuk menyampaikan pesan dari penulis kepada pembaca. Hal yang berbeda dari tips copywriting adalah penyampaian pesan tersebut berkaitan dengan tindakan komersial dari sebuah bisnis.
  2. Sebagai media branding atau pembangunan citra perusahaan maupun produk tertentu. Branding biasanya dilakukan di awal dan menjadi fondasi tindakan promosi yang dilakukan kedepannya.
  3. Memberikan solusi dengan terlebih dahulu mencermati dan menjabarkan permasalahannya. Sebelum memberikan solusi, jelaskan detail permasalahan dan penulisan solusi ini sebagai jalan keluar dari permasalahan tersebut.
  4. Selain bisa berguna untuk branding company, penulisan konten juga bermanfaat untuk melakukan personal branding. Personal branding biasanya dibutuhkan bagi profesi yang bekerja secara mandiri, seperti contohnya seorang dokter gigi.
  5. Penyampaian konten atau informasi pada waktu yang tepat. Misal, saat ini sedang Ramadan maka merupakan waktu tepat apabila Anda menerapkan tips copywriting terkait deskripsi penjualan parcel, hampers, atau juga bingkisan lebaran.
  6. Memperkenalkan sebuah produk dari brand bisnis yang sudah diketahui khalayak banyak. Pengenalan produk dilakukan hampir rutin apabila perusahaan rutin menghadirkan produk baru atau melakukan inovasi terbaru.
  7. Manfaat terakhir dari penulisan konten adalah mendorong jumlah penjualan agar semakin meningkat dari waktu ke waktu. Begitu besar manfaat penulisan konten marketing sehingga mempengaruhi arus pemasukan perusahaan.

Berdasarkan berbagai manfaat tersebut, profesi sebagai seorang copywriter wajib menguasai teknik dasar penulisan. Contohnya, seorang penulis email marketing tidak akan membutuhkan tips copywriting terkait penerapan SEO. Sebaliknya, penulis SEO tidak perlu mengirimkan tulisan ke email target, namun cukup mempostingnya pada situs perusahaan.

Baca Juga: Tips Copywriting yang Menarik dan Menghasilkan Closing Deal

Cara Membuat Copywriting yang Tepat

Ada banyak jenis-jenis copywriting dalam dunia profesional kerja. Namun, untuk cara penyusunan rata-rata mengacu pada langkah-langkah yang sama. Detail mengenai cara pembuatan konten marketing meliputi beberapa hal berikut:

  1. Pahami product knowledge dari produk yang akan didorong penjualannya. Product knowledge ini berisi tentang fitur dasar, fitur unggulan, serta benefit yang bisa didapatkan.
  2. Tentukan target market yang disasar, seperti berkaitan dengan lokasi tinggalnya audiens, usia, jenis kelamin, dan juga minat atau kebiasaan target. Tips copywriting ini akan sangat membantu dalam penyajian konten secara lebih spesifik.
  3. Sematkan headline semenarik mungkin yang bisa membuat pembaca langsung mau klik tautannya saat pertama kali tulisan itu muncul pada layar mereka. Menggunakan headline menarik bukan berarti kontroversi karena kontroversi tidak berkualitas bagus.
  4. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan karakteristik produk maupun perusahaan. Beberapa gaya bahasa yang dapat digunakan adalah imajinatif, naratif, eksploratif, denotatif, argumentatif, persuasif, dan informatif.
  5. Gunakan teknik story telling dengan memasukkan prinsip AIDA atau attention, interest, desire, dan terakhir adalah action.
  6. Sematkan kalimat ajakan untuk menggunakan atau membeli produk bersangkutan. Tahapan ini disebut sebagai call to action atau CTA.
  7. Riset lebih mendalam terkait kematangan konten dengan melakukan survey kompetitor. Lihat apa yang perlu diperbaiki dari kekurangan kompetitor dan hadirkan solusinya pada produk Anda.
  8. Terakhir, evaluasi sebagai bentuk pematangan untuk konten-konten berikutnya.

Baca Juga: Jasa Branding untuk Membuat Branding Perusahaan Tepat Sasaran

Isi dari tiap jenis copywriting berbeda-beda, namun pada dasarnya mengacu pada cara penulisan yang sama. Berbagai tips copywriting tersebut dapat membantu para copywriter untuk menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dengan baik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.