...

Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Memilih Rebranding Agency

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
rebranding-agency-dreambox

Apa yang Dimaksud Rebranding Agency?

Secara sederhana, rebranding berarti melakukan perubahan untuk berbagai aspek dalam bisnis Anda, termasuk dalam citra perusahaan. Untuk dapat melakukan proses ini, maka Anda bisa meminta bantuan dari rebranding agency.

Dalam kondisi tertentu, mungkin saja sebuah perusahaan perlu melakukan rebranding, sehingga tujuan dari bisnisnya bisa tercapai dengan lebih optimal. Diperlukan berbagai proses untuk bisa melakukan perubahan tersebut dan berbagai agensi bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Sebelum membahas tentang agensinya, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu rebranding. Maksud dari rebranding yaitu proses untuk mengubah atau menyesuaikan citra identitas, strategi, dan berbagai elemen di dalam bisnis.

Mungkin saja, ada masanya sebuah perusahaan perlu menyusun kembali profil bisnis, visi dan misi secara keseluruhan, sehingga berbagai strategi pun bisa jadi perlu dikemas ulang.

Dengan penyesuaian ini, maka Anda bisa kembali fokus dengan tujuan bisnis, memperkuat bisnis, serta mengubah atau memperbarui berbagai tampilan sesuai dengan situasi dan kondisi. Bisa dibilang, rebranding adalah sebuah proses untuk melakukan transformasi bagi perusahaan.

Ada berbagai alasan mengapa hal ini diperlukan, misalnya ketika ada merger perusahaan sehingga perlu dilakukan berbagai perubahan atau penyesuaian. Rebranding juga bisa dilakukan untuk menyesuaikan bisnis dengan berbagai kondisi terbaru di masyarakat.

Selanjutnya, jika bicara soal rebranding agency, maksudnya adalah sebuah perusahaan yang mempunyai spesialisasi dalam membuat identitas baru untuk berbagai organisasi, perusahaan, bahkan individu.

Pekerjaan yang dilakukan oleh agensi ini yaitu membuat logo, slogan atau tagline, warna merek, font, tipografi, kemasan produk, visual tambahan, serta berbagai elemen lainnya untuk mendukung proses rebranding.

Agensi ini akan membantu Anda dalam melakukan berbagai pemilihan aspek visual untuk citra baru yang akan dibuat. Anda bisa diarahkan untuk memutuskan berbagai hal, misalnya memilih warna merek, menilai kebutuhan rebranding, dan sebagainya.

Hal yang Dipertimbangkan dalam Memilih Agensi Rebranding 

Ketika akan memilih rebranding agency, maka sebaiknya Anda memperhatikan berbagai hal penting di bawah ini. Dengan memperhatikan lima aspek berikut, maka Anda bisa memilih agensi yang paling cocok untuk perusahaan atau bisnis Anda.

1. Perhatikan Portofolio Mereka

Hal pertama yang tentunya bisa Anda perhatikan yaitu portofolio. Anda bisa melihat dan mempelajarinya, sehingga tahu apa saja yang sudah menjadi pencapaian agensi tersebut sejauh ini.

Pertimbangkanlah desain dan strategi yang sudah mereka lakukan sebelumnya. Tentukan apakah pola yang seperti itu cukup sesuai dengan apa yang Anda harapkan ketika merencanakan rebranding.

2. Perhatikan dengan Baik Performanya

Jika akan melakukan rebranding, mungkin saja Anda akan memiliki kecenderungan untuk memilih agensi yang besar dan terkenal. Hal tersebut memang bisa menjadi pilihan karena risikonya dianggap lebih kecil.

Namun, hal yang lebih penting untuk diperhatikan adalah performa dari agensi yang akan Anda pilih. Carilah agensi yang memang sesuai dengan tujuan Anda dan bisa lebih efektif dalam membantu proses rebranding.

3. Pertimbangkan Harga dan Layanan yang Diberikan

Ketika hendak memanfaatkan sebuah layanan, sudah pasti Anda perlu mempertimbangkan berapa harga yang perlu dibayar. Hal tersebut memang bisa menjadi salah satu pertimbangan yang penting, namun perlu diperhatikan juga apa saja layanan yang diberikan dengan harga tersebut.

Pilihlah layanan yang bisa memberikan layanan terbaik dengan harga yang Anda harapkan. Pastikan juga berbagai layanan tersebut bisa sesuai untuk proses dan tujuan dari rebranding tersebut, sehingga semua dapat dilakukan dengan optimal.

4. Agensi untuk Jangka Panjang

Identitas dan citra dari sebuah perusahaan merupakan hal yang sudah seharusnya menjadi komitmen jangka panjang. Oleh sebab itu, proses rebranding pun memerlukan upaya dan manajemen yang aktif.

Sebaiknya, Anda memilih rebranding agency yang bisa bekerja sama dengan Anda dalam jangka waktu yang panjang, tidak hanya memberikan satu kali layanan di awal proses.

Setelah melakukan rebranding, ada berbagai hal yang perlu dilakukan dalam memasarkannya. Anda juga perlu tahu seberapa efektif rebranding ini dilakukan.

Carilah agensi yang bisa menjadi mitra Anda dalam melakukan berbagai proses lanjutan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa rebranding yang dilakukan telah sesuai.

5. Nilailah Pekerjaan, Proses, hingga Reputasi Mereka

Hal penting kelima yang penting untuk diperhatikan yaitu menilai berbagai pekerjaan, proses, dan reputasi dari agensi tersebut. Untuk bisa mendapatkan informasi penilaian ini, maka bisa dilakukan dengan mempertanyakan hal-hal terkait.

Sebagai contoh, bertanya tentang seperti apa proses pekerjaan mereka, apa saja kisah sukses yang bisa mereka banggakan, dan bagaimana cara mereka menggambarkan target dari audiens perusahaan Anda.

Dengan berbagai pertanyaan seperti itu, maka Anda bisa menilai agensi tersebut. Jika dirasa cocok dan sesuai harapan, maka dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Cara Memilih Agensi Rebranding yang Tepat

Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, maka Anda bisa mulai memilih rebranding agency yang cocok untuk Anda. Perhatikan cara berikut ini supaya bisa memilih yang paling tepat untuk menemani proses rebranding Anda.

1. Tentukan Garis Besar Rebranding

Sebelum mencari agensi yang tepat, Anda perlu memahami dan menentukan garis besar dari rebranding yang akan dilakukan. Sebagai contoh, Anda perlu menentukan alasan rebranding dan mengetahui masalah apa yang akan diselesaikan.

Dengan garis besar tersebut, maka agensi yang akan Anda pilih akan lebih mudah dalam membantu prosesnya.

2. Cari Berbagai Referensi

Setelah memahami garis besar rebranding, Anda bisa mulai mencari berbagai agensi yang sekiranya tepat untuk Anda. Berbagai fasilitas di internet bisa membantu Anda dalam mencarinya, misalnya dengan mesin pencari Google atau melalui berbagai media sosial.

3. Melihat Hasil Pekerjaan dari Agensi

Selanjutnya, coba lihat kualitas dari hasil kerja mereka. Anda bisa melihatnya melalui portofolio dan rekam jejaknya. Coba pertimbangkan, apakah hasil kerja mereka akan sesuai dengan apa yang Anda harapkan ketika merencanakan rebranding.

Anda juga bisa mempelajari agensi tersebut melalui website, media sosial, dan sebagainya. Dari sana, Anda bisa menilai bagaimana mereka mengurus agensinya, sehingga bisa mendapat gambaran kira-kira akan seperti apa jika nantinya menjadi mitra Anda.

Pilihlah agensi yang sesuai dengan harapan Anda, karena belum tentu semua jenis agensi bisa cocok untuk proses rebranding bagi perusahaan Anda.

4. Cari Testimoni

Testimoni dari para mitra sebelumnya, bisa menjadi salah satu referensi Anda dalam menentukan agensi. Pelajari bagaimana tanggapan perusahaan, organisasi, atau orang-orang yang sebelumnya sudah pernah memakai layanan tersebut.

Jika banyak ulasan yang bagus, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilihnya. Namun, jika ternyata ada ulasan yang kurang baik, Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut.

Selain testimoni dari internet, jika bisa menemukan testimoni secara langsung dari orang yang Anda kenal, maka akan lebih baik lagi.

Itulah berbagai penjelasan tentang agensi untuk membantu proses rebranding, mulai dari pengertian, hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih, hingga cara untuk memilihnya.

Tentunya, proses rebranding tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena dampaknya akan dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, memilih rebranding agency pun perlu dilakukan dengan tepat. 

Misalnya, dengan memilih layanan branding dari Dreambox. Anda bisa langsung menghubungi kontak untuk berbagai informasi lebih lanjut.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms