...

Lakukan 4 Proses Branding Produk Baru Anda!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

“Menciptakan produk memang mudah, tapi bagaimana mengenalkan dan memasarkan produk baru agar bisa diterima bukanlah perkara yang mudah.”

Terlebih lagi jika produk tersebut mempunyai pesaing yang sudah menjadi brand terkenal. Namun, kesulitan apapun yang akan Anda hadapi, proses branding harus tetap dilakukan. Jika Anda kesulitan melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan pada Branding Agency.

Berikut 4 langkah branding produk yang bisa Anda coba untuk produk yang baru saja Anda keluarkan sehingga bisa dikenal di pasar, diminati bahkan dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca Juga: Ini Dia Tahapan Proses Branding Yang Dilakukan Oleh Branding Consultant

1. Kualitas Produk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk dari perusahaan brand terkenal lah yang akan banyak dipilih konsumen. Seperti contohnya air mineral merek ‘Aqua’. Dengan asumsi bahwa merek tersebut terjamin kualitas dan mutunya.

Tugas Anda adalah bagaimana membuat kualitas produk yang Anda miliki mempunyai kualitas dan mutu yang sama dengan yang dimiliki oleh brand besar. Dengan menjamin kualitas produk yang sama dan harga yang sedikit lebih terjangkau, tidak menutup kemungkinan brand Anda akan lebih diminati oleh konsumen.

Oleh sebab itu, jangan anggap remeh masalah kualitas produk. Karena produk yang terbaiklah yang akan banyak dibeli oleh konsumen.

2. Buat Kemasan Yang Menarik Dan Unik

Setelah memastikan kualitas produk baru Anda setara dengan produk brand ternama di pasaran, langka selanjutnya adalah mengemasnya dalam kemasan yang higienis, menarik dan unik. Karena kemasan menjadi tolak ukur kualitas produk yang dikemasnya. Sekalipun produknya memang berkualitas, tapi kalau dikemas dalam kemasan yang kurang menarik akan sulit bagi Anda untuk melaKukan proses branding produk baru.

Sertakan pula uraian detail dan tanggal kadaluarsa bagi produk makanan pada kemasan yang membungkusnya. Ini akan mempermudah konsumen mengetahui komposisi maupun informasi lain mengenai produk tersebut.

3. Buatlah Iklan

Brand agency mungkin akan menyarankan Anda untuk membuat iklan bagi produk yang baru saja Anda luncurkan. Bagi Anda pengusaha kecil dan baru saja merintis usaha, membuat iklan mungkin akan membebani biaya pemasaran. Namun hal ini bisa Anda siasati dengan cara menggunakan media online yang lebih murah tapi bisa menjangkau banyak kalangan.

4. Ikuti Pameran

Biasanya dalam jangka waktu tertentu, pemerintah daerah mengadakan pameran produk-produk UMKM. Anda bisa mencoba mengambil satu stand untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon konsumen. Ini bisa jadi cara pemasaran sekaligus membangun branding produk dengan biaya yang cukup terjangkau.

Memasarkan produk baru sekaligus membangun branding memang tidak mudah. Namun setidaknya ada 4 langkah di atas yang perlu Anda lakukan agar produk tersebut bisa dikenal, diminati hingga dibutuhkan oleh masyarakat. Anda juga bisa meminta bantuan branding agency untuk membantu melakukan branding atas produk baru yang Anda miliki.

Baca Juga: 3 Langkah Cara Brand Agency Bangun Brand Loyalty

Salah satu Brand Agency yang dapat membantu Anda dalam memasarkan produk baru Anda dengan baik adalah Dreambox Branding Consultant. Ingin memasarkan produk Anda bersama Dreambox? Segera hubungi kami disini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms