...

Memilih Jasa Promosi Produk Jakarta yang Tepat?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jasa-promosi-produk-dreambox

Pentingnya Jasa Promosi Produk untuk Brand Awareness

Sudahkah Anda sadari pentingnya jasa promosi produk? Kalau Anda belum menyadarinya, coba bayangkan, apa yang terlintas di pikiran Anda ketika melihat pengendara motor mengenakan jaket dan helm serba hijau? Mungkin Anda baru sadar bahwa warna, simbol, hingga logo dapat mengasosiasikan ingatan seseorang terhadap brand suatu produk atau jasa tertentu. 

Saat melihat gadget berlogo apel tergigit, tentu Anda sudah tahu apa merek gadget tersebut bukan? Inilah yang dinamakan brand awareness. Persaingan bisnis menuntut pelaku usaha membangun brand untuk menciptakan citra yang mengesankan bagi konsumen. Pertama-tama, konsumen harus memiliki kesadaran terhadap keberadaan merek tersebut sebelum akhirnya mereka menyimpannya dalam ingatan.

Untuk melakukan hal tersebut, diperlukan strategi branding dengan dukungan promosi yang berdampak. Jika Anda tidak mendalami bidang tersebut, mungkin hal ini akan terasa sulit. Inilah yang mendorong hadirnya jasa atau agensi untuk membantu promosi Anda.

Baca Juga: ​​Branding Development Dapat Memperkuat Identitas Produk Anda

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek adalah sejauh mana pelanggan mampu mengenali dan mengingat sebuah brand dalam berbagai kondisi. Baik itu dengan melihat warna, gambar, logo, teks, suara misalnya lagu tema, dan identitas brand lainnya.

Kemampuan pelanggan untuk akrab dengan merek dapat Anda ciptakan melalui langkah-langkah strategis. Jasa promosi produk memiliki keahlian untuk membantu branding Anda.

Dengan promosi yang tepat, Anda dapat menciptakan brand yang powerful. Ini sangat penting karena keakraban pelanggan dengan suatu merek berpengaruh besar terhadap perilaku mereka pada saat memutuskan akan melakukan pembelian.

Sebagai pemilik bisnis, penting sekali bagi Anda untuk menciptakan image yang baik dan kuat sehingga dapat tertanam di ingatan pelanggan. Kemudian, apa saja manfaat yang diperoleh dengan memiliki brand awareness yang kuat?

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan merek
  2. Efektif untuk menarik pelanggan baru
  3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  4. Meningkatkan nilai jual produk maupun jasa
  1. Peran Jasa Promosi Produk untuk Tingkatkan Brand Awareness

Jasa promosi yang dikenal pula sebagai digital marketing agency biasanya juga memberikan layanan sebagai branding agency kepada para pemilik bisnis. Di antara peran-peran branding agency yang signifikan untuk tingkatkan brand awareness antara lain:

  1. Membantu riset baik secara kualitatif maupun kuantitatif untuk menentukan brand vision dan brand value.
  2. Membantu merencanakan dan menganalisis strategi branding yang efektif dan efisien.
  3. Membantu implementasi strategi branding secara tepat.
  4. Membantu mensukseskan proses re-branding.

Baca Juga: 8 Alasan Branding Strategy Memberikan Keuntungan Jangka Panjang

Ciri Jasa Promosi Produk yang Efektif

Setelah menyadari peran digital marketing dan branding agency yang signifikan untuk brand, kini saatnya menentukan agensi mana yang cocok Anda berikan kepercayaan. Berikut ini adalah ciri dan kriteria jasa promosi yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Memiliki Portofolio yang Jelas

Dalam konteks ini, portofolio dapat dipahami sebagai kumpulan contoh pekerjaan yang pernah ditangani  untuk menunjukkan kapabilitas kerja suatu pihak. Melalui portofolio, individu maupun perusahaan tertentu memperlihatkan pengalamannya.

Sebelum menunjukan jasa promosi produk untuk melancarkan branding maupun marketing, Anda perlu melihat portofolio yang dimiliki. Portofolio menunjukkan sejauh mana kualitas promosi yang telah dibuat.

Dengan memperhatikan portofolio, Anda akan mengetahui berapa banyak klien yang bekerja sama, siapa saja klien yang telah menggunakan jasa agensi, sektor bisnis apa saja yang pernah ditangani, dan lain sebagainya.

Untuk itu, mulailah memperhatikan portofolio mereka kemudian pertimbangkan apakah cara kerjanya sesuai dengan apa yang Anda kehendaki. Langkah ini sangat penting untuk menentukan apakah perusahaan dapat mempercayai hasil pekerjaan agensi atau tidak.

2. Menyediakan Layanan yang Tech Savvy

Ciri jasa promosi produk yang efektif berikutnya adalah menyediakan layanan tech savvy. Hari ini masyarakat sering mengandalkan teknologi untuk mempermudah kegiatannya sehari-hari, termasuk dalam kegiatan konsumsi.

Ini mengisyaratkan bahwa perusahaan perlu memaksimalkan teknologi sebagai media promosi. Dengan demikian, solusinya yaitu mempercayakan agensi yang menyediakan layanan yang tepat sesuai kebutuhan generasi tech savvy sebagai target market perusahaan.

Menyediakan layanan berbasis teknologi adalah salah satu ciri-ciri agensi branding dan marketing yang sesuai untuk bisnis Anda. Adapun layanan-layanan yang dimaksud di antaranya:

a. Social Media Management

Dengan pengelolaan yang tepat, sosial media bisa menjadi platform promosi yang powerful. Untuk itu, carilah jasa promosi produk yang menyediakan layanan social media management yang menawarkan kualitas.

b. Website Design & Development

Desain website yang berkualitas memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk  menelusuri produk dan bertransaksi. Selain itu, pengembangan website tidak kalah pentingnya karena akan menentukan sejauh mana kenyamanan pengunjung berada di website Anda

c. Digital Media Placement

Agensi yang menawarkan layanan digital media placement akan membantu perusahaan menempatkan iklan pada platform yang tepat. Ketepatan penempatan adalah faktor penting yang menentukan apakah iklan Anda menjangkau target konsumen secara akurat.

d. Search Engine Optimization (SEO)

Jasa promosi produk berkualitas juga menawarkan jasa SEO. SEO merupakan strategi penting untuk menopang promosi dalam jangka panjang. Dengan biaya yang efisien, layanan SEO dapat mengoptimalkan visibilitas halaman website di mesin pencari.

e. Search Engine Marketing (SMM)

SMM bekerja dengan baik dalam waktu singkat. Anda hanya perlu membayar untuk setiap iklan yang yang diklik. Promosi brand bahkan bisa tetap berjalan meskipun tidak diklik karena merek Anda muncul di hasil pencarian.

Baca Juga: Percayakan Branding Agency Jakarta Membangun Branding Bisnis Anda

3. Profesional dan Berpengalaman

Kualitas jasa promosi juga sangat ditentukan oleh profesionalisme serta pengalaman yang dimiliki oleh tenaga yang tergabung di dalam timnya. Anda tentu tidak mau promosi produk dilakukan oleh sembarang orang, bukan?

Untuk itu, penting sekali memperhatikan apakah jasa promosi produk bekerja bersama tenaga profesional dan mempertimbangkan seberapa besar pengalaman mereka. Ini akan sangat menentukan apakah investasi Anda berhasil atau malah sia-sia.

Agensi berkualitas terdiri dari orang-orang terampil yang berpengalaman menangani pekerjaan ini. Mulai dari brand specialist, web designer, web developer, SEO specialist, digital marketing strategist, social media specialist, hingga copywriter.

Di samping keterampilan teknis di bidangnya masing-masing, mereka adalah orang-orang yang memiliki berbagai skill non teknis. Seperti kemampuan kreatif, analisis, komunikasi, leadership, membuat keputusan, membangun networking, dan lain-lain.

4. Memiliki Sense of Belonging

Ciri lain jasa promosi produk yang bekerja baik untuk perusahaan Anda yaitu memiliki sense of belonging. Sense of belonging dapat dipahami sebagai perasaan yang terkait dengan rasa turut memiliki dalam diri seseorang.

Dalam konteks ini, agensi yang bekerja dengan prinsip sense of belonging adalah mereka yang merasa menjadi bagian dari perusahaan Anda. Ketika suatu pihak memiliki rasa memiliki sebuah organisasi, mereka akan bekerja maksimal dan sepenuh hati

Memberikan yang terbaik untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan tugas-tugas pengembangan merek. Adapun tugas-tugas penting dalam brand development antara lain:

  1. Analisis strategi bisnis
  2. Identifikasi dan analisis target audiens
  3. Membangun brand positioning
  4. Mengembangkan strategi dalam menyampaikan pesan
  5. Mengembangkan nama, logo, dan tagline
  6. Membangun strategi marketing
  7. Membangun website

Baca Juga: Bagaimana Cara Menciptakan Ekuitas Merek?

Nah, setelah mengetahui apa saja ciri dan kriteria yang ideal, Anda dapat menunjuk jasa promosi produk terbaik untuk menangani promosi serta branding bisnis.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms