Mengenal Brand Positioning dan Penerapannya dalam Strategi Branding

Branding Strategi

Untuk mendapatkan tempat khusus di hati konsumen, pelaku usaha sebaiknya menguasai strategi brand positioning.

Di dalam hal pemasaran produk, ada yang namanya strategi marketing, salah satunya brand positioning. Yakni, cara membuat perusahaan diingat baik oleh konsumen atau mendapatkan tempat khusus dari konsumen. Dengan kata lain menciptakan kesan unik bagi pelanggan.

Baca Juga: Kapan Saatnya Brand Anda Butuh Brand Rejuvenation? Simak 5 Tandanya di Bawah Ini

Pihak management perusahaan harus bisa dalam melakukan pendekatan brand dengan pelanggan secara baik dan cerdas. Kunci penerapan strategi ini adalah, perusahaan harus mengetahui keunikan brandnya sendiri. Dan memiliki pembeda dari pesaing lainnya.

Strategi Penentuan Positioning Produk

Dalam melakukan brand positioning, Anda perlu berpikir lagi bahwa ini merupakan strategi untuk memengaruhi benak pelanggan terhadap brand Anda, bukan tentang apa yang harus Anda lakukan pada produk yang dijual. Strategi penentuan positioning bisa dilihat berdasarkan 6 penjelasan di bawah ini:

1. Manfaat Produk

Produk dibuat pasti adalah manfaatnya. Di sini Anda harus membuat produk yang dijual agar manfaatnya lebih dari produk pesaing. Sebagai contoh, obat sakit kepala, brand yang sejenis tentunya memiliki manfaat yang sama. Tetapi coba Anda buat produk tersebut memiliki penambahan manfaat. Tentu pelanggan akan berpikir, produk Anda dan pesaing sama, tetapi produk Anda jauh lebih unggul manfaatnya.

2. Kemasan atau Atribut Produk

Anda pasti pernah melihat saat ini banyak produk sejenis bertebaran di pasaran. Salah satunya produk minuman kopi. Minuman kopi tersebut dibuat dengan menggunakan kemasan botol, kaleng, atau karton. Ini membuat pemikiran konsumen bahwa minuman kopi dapat dibawa ke mana saja.

3. Harga dan Kualitas Produk

Penerapan strategi brand positioning harga ini tidak berpatok pada harga yang murah saja. Melainkan perusahaan membuat harga produk dengan menyesuaikan kualitasnya. Jika Anda bisa membuat produk tersebut memiliki kualitas yang baik dan harga terjangkau dari para pesaing, tentu konsumen akan melirik kepada produk Anda.

4. Menurut Pemakai

Dalam pemasangan iklan, peran model atau brand ambassador penting dalam membuat pencitraan. Contoh produk kosmetik, liptint dan lipgloss, diposisikan untuk dipakai oleh perempuan yang tidak percaya diri dengan bibirnya. Konsumen bisa memakai produk lip tersebut sesuai dengan yang dicitrakan atau diiklankan oleh model produk.

5. Menurut Pesaing

Jelas strategi brand positioning yang satu ini harus bisa memposisikan diri menjadi yang lebih baik dibandingkan pesaingnya. Sebagai contoh produk obat herbal, yang memberi klaim bahwa orang pintar harus minum obat tersebut. Tetapi ada pesaing lain yang justru membuat klaim, bahwa orang bejo harus mengonsumsi obat herbal yang mereka jual. Konsumen tinggal memilih ingin menjadi orang bejo atau pintar?

6. Kategori Produk

Strategi ini menempatkan suatu produk menjadi leader di dalam kategori produk. Contohnya tempat kebun binatang. Selain anak-anak bisa berwisata melihat binatang, kebun binatang tersebut bisa menjadi tempat edukasi. Konsumen tentu akan ingat bahwa jika anak-anak tersebut mau berwisata sambil belajar bisa datang ke kebun binatang itu.

Strategi ini adalah langkah awal untuk suatu perusahaan mengembangkan produk dan merek mereka. Selanjutnya, Anda juga perlu meningkatkan kredibilitas untuk memperkuat merek yang dimiliki. Anda harus bisa mempertahankan konsumen untuk terus mempercayai produk atau brand yang dibuat.

Jika konsumen sudah melekat dengan produk Anda, tentunya mereka juga bisa menjadi salah satu cara untuk produk Anda dikenal lebih luas lagi. Konsumen tentu saja akan merekomendasikan produk Anda kepada rekan atau teman-teman mereka untuk memakainya.

Pelaksanaan untuk brand positioning tersebut pastinya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Anda juga harus memikirkan semua strategi secara matang dan terstruktur agar positioning produk tersebut berhasil. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips School Branding yang Berguna untuk Bisnis Pendidikan

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.