Selain Membujuk Pelanggan, Apa Fungsi lain Slogan?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
dungsi-slogan-dreambox

Brand Anda Menggunakan Slogan? Sudahkah Anda Ketahui Fungsinya?

Mari ketahui apa fungsi slogan yang peranannya bukan hanya untuk membujuk, tetapi juga banyak meninggalkan hal positif terhadap perusahaan. Sebuah merek akan kian kuat pengaruhnya ketika dilengkapi dengan slogan atau kata-kata khusus yang diulang-ulang.

Slogan merupakan kalimat pendek yang memiliki daya tarik tertentu kepada khalayak untuk melakukan sesuatu. Pengaruh akhir dari komposisi katanya dapat sebagai sarana ajakan atau sarana dorongan agar pembaca atau publik membeli suatu barang tertentu.

Pengertian Slogan

Sebelum lebih jauh membahas apa fungsi slogan, lebih dulu pahami apa pengertiannya. Pertama dari segi Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kurang lebih pengertiannya adalah sebuah susunan kalimat pendek menarik mudah diingat berisi ideologi sebuah golongan tertentu.

Baca Juga: 8 Alasan Branding Strategy Memberikan Keuntungan Jangka Panjang

Ciri-ciri Sebuah Slogan

Serangkaian frasa atau kalimat pendek dengan susunan tertentu yang sifatnya mengajak memang ditulis dalam sebuah teks. Namun, ketika diucapkan maka akan memunculkan nada tertentu. Lebih jelasnya, terdapat beberapa ciri-ciri penting, seperti:

  1. Susunan kalimatnya singkat dan mudah sekali diingat
  2. Dapat berbentuk klausa, frasa, kalimat, maupun sebuah motto
  3. Dapat dikatakan sebagai semboyan sebuah organisasi atau pihak tertentu

Selain memahami apa saja ciri-cirinya, sebelum masuk ke apa fungsi slogan, lebih dulu mari cari tahu seperti apa syarat penulisannya. Adapun berbagai syarat penulisan yang harus dipatuhi meliputi beberapa hal berikut:

  1. Bahasa atau kalimat yang singkat, tetapi padat sehingga dapat dibaca dengan cepat
  2. Autentikasi atau keaslian ide komposisi kalimatnya
  3. Penyesuaian antara slogannya dengan visi misi serta tujuan bisnis maupun pihak yang mengeluarkannya
  4. SIsi estetika kata yang mampu menarik perhatian pembaca

Berdasarkan keempat syarat tersebut, tidak mengherankan apabila akhirnya tidak semua orang dapat menciptakan kombinasi kata khusus. Tidak salah apabila perusahaan memiliki tim tersendiri untuk menetapkan mantra tertentu yang menggambarkan citra perusahaan.

Apa Saja Fungsi Slogan?

Yang ditunggu-tunggu, sekarang kita bahasa apa fungsi slogan yang ternyata terbagi ke dalam tiga bagian besar. Tiga fungsi tersebut meliputi peranan-peranan berikut ini:

1. Informasional

Sifatnya informasional karena mengandung berbagai informasi untuk khalayak terkait produk maupun jasa. Contoh, sisi informasional pada produk komersial shampo anti ketombe, maka slogan memberitahukan fungsi serta keunggulan dari produk shampo itu.

2. Transformasional

Transformasional sifatnya lebih ke berbagai penayangan iklan dalam bidang jasa. Transformasional artinya mempengaruhi sikap khalayak atau mengajak banyak orang melakukan suatu hal. Contoh, ketika pandemi belum berakhir, pemerintah membuat iklan gerakan menjaga protokol kesehatan.

Salah satu tagline kemerdekaan RI tahun 2022 yang berbunyi Bangkit Lebih Cepat, Pulih Lebih Kuat juga merupakan salah satu bentuk peranan slogan jasa. Pengertian apa fungsi slogan tidak hanya berperan terhadap produk barang, tetapi juga untuk layanan masyarakat.

3. Reminder

Reminder atau pengingat kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menerapkan hal yang sama. Misal, tidak lupa memakai helm saat berkendara, tidak lupa memasang sabuk pengaman ketika naik mobil, dan masih banyak lagi lainnya.

Intinya, ketiga fungsi tersebut saling berkesinambungan karena ketika sudah mencapai transformasi, demi bisa konsisten dibutuhkan reminder. Mantra yang baik adalah mantra yang pemilihan katanya sederhana, namun khas sekali dan mudah diingat oleh orang.

Baca Juga: Pelajari 5 Cara Membuat Logo Profesional dan Bermakna

Jenis-Jenis Slogan yang Wajib Kamu Ketahui!

Setelah memahami apa fungsi slogan, sekarang mari cari tahu ada jenis apa saja. Karena ternyata kalimat pendek ajaib ini terbagi ke dalam lima jenis berbeda, yakni:

1. Bidang Pendidikan

Dari bidangnya sudah terpampang jelas bahwa pemilihan kombinasi kata tentunya sesuai dengan dunia pendidikan. Biasanya berisi motivasi kepada anak-anak usia sekolah untuk lebih rajin belajar atau seruan untuk menuntaskan wajib belajar 12 tahun di Indonesia.

2. Bidang Kesehatan

Anda dapat menemukan mantra dalam bidang kesehatan di mana saja, terutama ketika dunia menghadapi isu hangat covid-19 beberapa waktu lalu. Ketika kasusnya sedang naik, gencar sekali tenaga medis menghimbau untuk menjaga ketat protokol kesehatan di mana saja.

3. Bidang Lingkungan

Anjuran atau ajakan untuk tidak buang sampah sembarangan demi menjaga lingkungan adalah pengaplikasian apa fungsi slogan selama ini di masyarakat. Kalimatnya sederhana dan tidak pernah berubah sejak dulu, namun tidak pernah lekang juga oleh waktu.

4. Bidang Kebersihan

Bidang yang satu ini sepertinya tidak kalah familiar jika menyoal mantra tertentu. Kebanyakan slogannya ada di tempat umum dan berisi himbauan untuk tidak membuang sampah di gunung, tidak mencemari sungai, dan lain sebagainya.

5. Bidang Produk

Untuk bidang ini sifatnya komersial, dibuat dengan tujuan agar khalayak mau membeli maupun menggunakan produk tersebut. Output dari mantra satu ini menarik sebanyak mungkin pembeli agar perusahaan mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

Baca Juga: ​​Branding Development Dapat Memperkuat Identitas Produk Anda

Tips Membuat Slogan

Selesai mengetahui apa fungsi slogan, sekarang mari bahas seperti apa tips membuat kalimat singkat dan khas tersebut. Sebelum menyusun sebuah tagline, Anda dapat menerapkan tips bermanfaat berikut:

  1. Temukan objeknya kemudian tentukan temanya agar penulisan lebih terarah
  2. Tentukan keunggulan utama dari produk maupun jasa yang Anda tawarkan untuk semakin meyakinkan klien
  3. Sajikan dalam sebuah ungkapan yang menarik dan juga unik agar mudah diingat oleh klien
  4. Deskripsikan ciri khas produk maupun jasa secara detail dan singkat
  5. Ciptakan desain kreatif untuk menarik minat orang melihat secara visual

Publikasi slogan dapat dilakukan melalui internet maupun berbagai media konvensional. Anda bisa memanfaatkan semaksimal mungkin peranan media sosial untuk membagikan postingan konten terkait produk maupun jasa yang sedang dikelola saat ini.

Contoh Slogan Eye-Chatching

Memahami apa fungsi slogan rasanya belum cukup tanpa menyentuh langsung berbagai contoh riilnya. Sebagai penggambaran utuh, kami tuliskan beberapa contoh slogan untuk Anda, diantaranya:

  1. Katakan tidak pada narkoba
  2. Kejarlah cita-citamu setinggi langit
  3. Jaga hutan, jaga kehidupan
  4. No pain no gain
  5. Harta yang paling berharga adalah keluarga
  6. Kesempatan tidak ditunggu, tetapi diciptakan
  7. Berani kotor itu baik
  8. From zero to hero
  9. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

Anda tentu akan lebih sering menemukannya dalam kehidupan sehari-hari. Mantra ajaib satu ini bisa mempengaruhi orang untuk melakukan atau membeli sesuatu tanpa terpaksa. Mulai dari apa fungsi slogan yang kaitannya untuk pemasaran maupun dalam bidang jasa.

Baca Juga: Pentingnya Menerapkan Social Media Branding Strategy

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms