Slogan Branding Anti Mainstream, Begini Tekniknya!

Branding Strategi

Mengamati brand besar seperti Nike, akan teringat frasa “Just do it”, frasa tersebut adalah sebuah slogan branding.

Singkat, padat, serta mampu merepresentasikan keseluruhan dari produk atau program yang diusung oleh Nike kepada konsumennya. Slogan  branding tersebut memperkuat sebuah brand, apabila brand hanya terbatas pada nama atau identitas suatu produk, melaluinya visi dapat disampaikan. Sehingga konsumen mampu mengenal lebih dalam brand tersebut beserta komitmennya. Namun sejatinya tidak hanya sebatas memperkenalkan atau memperkuat sebuah produk. Sebuah tagline atau slogan mampu mendorong audiensnya agar menjadi seorang konsumen. Hal ini dikarenakan memiliki sifat provokatif dan persuasif.

Baca Juga: Jenis – jenis Merek yang Mungkin Jarang Anda Ketahui Berikut Diantaranya

Tips Membuat Slogan Branding yang Anti Mainstream

Tentunya tidak ingin apabila memiliki tagline yang cenderung mainstream, selain kurang menunjukkan identitas juga kurang menarik bagi konsumen. Konsumen cenderung lebih tertarik pada sesuatu yang unik, baru, bahkan dianggap kontroversi. Untuk mampu membuat tagline yang menggelitik, diperlukan berbagai teknik khusus. Tidak cukup hanya dengan melihat produk atau mencontoh kompetitor dan brand besar, diperlukan pemahaman serta daya kreativitas yang tinggi.

1. Memahami Kembali Visi Perusahaan

Sebuah tagline merupakan ungkapan dari visi atau identitas perusahaan, karenanya sebelum membuatnya perlu mendalami kembali bagaimana visinya. Mendalami secara menyeluruh, mulai dari karakter, budaya, hingga mimpi yang ingin dicapai. Untuk memudahkan mengekspresikan dalam kata kata, terdapat beberapa pertanyaan sebagai alatnya. Salah satunya adalah pertanyaan mengenai apa yang ingin Anda berikan pada pelanggan. Jawabannya menjadi kunci slogannya.

2. Mengidentifikasi Kondisi Masyarakat Terkini

Setiap zaman memiliki perbedaan, mulai dari perbedaan kebutuhan, ideologi, gaya hidup, serta prioritas dalam memenuhi kebutuhannya. Seorang pemilik bisnis harus jeli memahami kondisi terkini serta potensi masyarakat di masa mendatang. Dengan pemahaman tersebut, tentunya akan mampu memberikan value baru pada masyarakat. Selain itu juga mampu menarik perhatiannya, karena mampu memberikan jawaban atas kebutuhannya saat ini.

3. Fokus Pada Keunggulan Produknya

Satu produk tentunya memiliki banyak fitur yang melekat padanya. Tentunya mempertimbangkan keseluruhannya serta merangkumnya menjadi satu sangat sulit sekali bahkan hampir mustahil. Karenanya fokuslah pada satu keunggulan utamanya. Melalui keunggulan tersebut pelanggan tidak hanya mengenal lebih dalam mengenai brandnya, tetapi juga mampu memperkirakan manfaat apa yang akan didapatkannya. Mengeksplorasinya mampu membantu menemukan slogan branding unik usaha Anda.

4. Gambaran dari Produk Secara Menyeluruh

Tentu slogannya harus mencerminkan secara menyeluruh produknya, karena apabila tidak akan muncul kekecewaan dari masyarakat. Contohlah seperti Indomie dengan slogannya “seleraku”, produknya benar – benar didesain agar sesuai selera masyarakat Indonesia. Mulai dari membuat berbagai macam rasa dari beragam daerah, hingga membedakan jenis bumbu karena selera masyarakatnya sedikit berbeda. Korelasi antara produk dengan slogannya sangat penting agar lebih melekat pada benak pelanggan.

5. Singkat – Sederhana

Bagian terpenting dalam pembuatan slogannya adalah panjang kalimatnya. Akan sangat ideal apabila singkat serta sederhana. Tujuannya adalah agar mudah dibaca, diingat, dan bahkan diucapkan kembali oleh berbagai kalangan. Sehingga lebih melekat kesannya. Coba perhatikan kembali brand populer seperti Indomie atau Nike, panjangnya tidak lebih dari 5 kata. Kesederhanaan tersebut membuatnya mudah melekat, bahkan meskipun belum pernah mencoba produknya.

6. Jeli Memilih Diksi

Kreativitas juga harus dimaksimalkan dalam memainkan frasa, meskipun slogannya singkat namun sulit diucapkan atau mengandung kata berkonotasi negatif tentunya sangat tidak bagus. Karenanya harus jeli dan hati – hati dalam menyusunnya.

Baca Juga: 3 Kegunaan Backlink Profile Bisnis Anda dalam Bidang Branding

Salah satu syarat agar sebuah branding berhasil melekat pada benak konsumennya adalah dengan membuat slogan atau tagline. Slogan branding harus mencerminkan perusahaan, produk, serta menggetarkan emosi konsumennya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.