3 Kegunaan Backlink Profile Bisnis Anda dalam Bidang Branding

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Bagi seseorang yang bergelut dengan dunia digital marketing, maka backlink profile, SEO, dan konten adalah makanan sehari – hari.

Hal ini dikarenakan berbagai komponen tersebut sangat diperlukan dalam upaya kampanye sebuah brand atau produk.  Backlink profile sendiri adalah sebuah tautan yang mengarah pada website tertentu, misalnya website bisnis Anda, pada informasi profil. Biasanya terletak pada sebuah halaman akun yang menampilkan informasi penggunanya serta tautan websitenya.  Dibandingkan backlink biasa yang terletak pada pertengahan konten atau bagian dari sebuah konten tertentu, ini terletak di halaman profil, sehingga terpisah dari konten. Pembaca harus mengakses informasi akun agar bisa menemukan tautannya.

Baca Juga: Unsur – unsur Branding Ini Harus Bisnis Anda Miliki, Apa Saja?

Mengapa Perlu Backlink Profile Bagi Sebuah Bisnis?

Dalam dunia digital, seluruh informasi dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja menggunakan berbagai mesin pencari. Tentunya untuk meningkatkan akurasi pencarian dengan keinginan penggunanya, dibuatlah formulasi berupa algoritma. Algoritma mesin pencari berusaha menghubungkan antara bahasa manusia dengan bahasa mesin pada ribuan informasi yang tersedia di jaringan. Untuk memastikan hasil pencariannya relevan, mesin harus memastikan kesesuaian topiknya. Salah satunya adalah dengan memastikan hubungan informasi antar jaringan. Disini pentingnya sebuah backlink, semakin banyak website disinggung ketika membahas topik tertentu, maka mesin pencari akan menyimpulkan bahwa website tersebut relevan.

Perencanaan, penggunaan, serta pemilihan sarana backlink secara tepat mampu meningkatkan visibilitas pada mesin pencari. Dengan demikian kampanye, produk, atau branding akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat secara luas.  Hal ini berlaku apabila backlinknya terletak pada sebuah konten, baik di media sosial maupun pada website. Karena melalui konten tersebut algoritma dapat mengelompokkan serta mengurutkan informasi prioritas sesuai keinginan pengguna.  Sedikit berbeda apabila backlinknya terletak di halaman profile, pengguna yang melihat profil tentunya sudah memiliki interest terhadap profilnya, sehingga apabila terdapat tautan, tentunya akan langsung diklik dan dibuka taurannya. Apabila pemilik profil tersebut merupakan sosok berpengaruh, tentunya backlinknya akan semakin sering ditemukan serta website bisnis Anda semakin banjir pengunjung. Karenanya perlu mendesainnya secara matang dan mengoptimalkannya.

3 Kegunaan Utama Backlink Profile Bagi Branding

Selain menambah interaksi atau memungkinkan kampanye lebih luas pada masyarakat, teknik ini tentunya memiliki beberapa kegunaan atau manfaat lainnya. Di antaranya adalah membangun kredibilitas hingga meningkatkan penjualan.

1. Membangun Kredibilitas Bisnis

Setiap orang bisa membuat halaman atau lama nya sendiri, tinggal menyewa hosting serta web developer, semuanya sudah siap. Karenanya untuk memastikan bahwa websitenya kredibel, perlu ditunjang dengan tautan pada profil orang – orang pentingnya. Penguatan tersebut akan menumbuhkan kepercayaan publik serta memastikan bahwa websitenya benar – benar resmi. Reputasinya juga semakin baik, terlebih apabila banyak orang terkenal memasukkannya pada profil mereka.

2. Menjadi Sumber Traffic Website

Salah satu tantangan dalam berkampanye digital adalah mencari traffic, mulai dari pengunjung, interaksi, bahkan membeli produk yang telah ditawarkan. Berada pada halaman pertama mesin pencari menjadi sangat penting untuk dikejar. Salah satu langkah agar bisa meningkatkan posisinya pada mesin pencari adalah menguatkan backlinknya, baik dalam profil maupun konten. Semakin efektif backlinknya, semakin banyak juga pengunjung pada laman bisnis Anda.

3. Meningkatkan Penjualan

Katakanlah hanya 5% dari pengunjung laman yang membeli produk Anda, apabila pengunjungnya terus meningkat angka penjualannya juga semakin meningkat. Terlebih apabila mampu menjaga pelanggan loyalnya, semakin tinggi keuntungan yang diterima.

Baca Juga: Destination Branding Penting Gak Sih? Berikut Penjelasannya!

Keberadaan teknologi digital mengubah total cara pandang tentang kampanye dan sosialisasi branding. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan backlink profile, kampanye atau sosialisasi branding bisa lebih efisien dengan bertambahnya traffic. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms