...

Unsur – unsur Branding Ini Harus Bisnis Anda Miliki, Apa Saja?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Salah satu langkah keberhasilan dari sebuah pemasaran adalah mengoptimalkan seluruh unsur – unsur branding.

Melalui pengoptimalan unsur – unsur branding tersebut, masyarakat akan lebih mudah tertarik, mengenal, serta kemungkinan besar akan membeli produknya. Branding sendiri adalah sebuah pemberian identitas terhadap suatu produk, salah satu tujuannya adalah sebagai pembeda dengan produk sejenis. Contohlah mie pedas, setiap daerah pasti punya mie pedasnya masing – masing. Tidak ada yang spesial dengan produk ini.  Namun apabila diberikan identitas, seperti Mie Setan tentunya lebih menggelitik dan menarik minat konsumen. Terlebih apabila ditunjang dengan faktor lainnya, seperti cara penyajiannya, komposisi cabainya, dan berbagai hal lainnya.

Baca Juga: Destination Branding Penting Gak Sih? Berikut Penjelasannya!

Memahami Unsur – unsur Branding Penting Bagi Bisnis

Memahami ilustrasi mengenai Mie Pedas sebelumnya menunjukkan bahwa brandingnya memberikan manfaat besar bagi sebuah bisnis. Untuk bisa membuat brand yang berhasil, harus mengoptimalkan 4 unsurnya, mulai dari visi hingga media.

1. Visi Misi

Brand tidak hanya sekedar nama, tetapi sebuah harapan, ide, atau gagasan mengenai produknya. Contohnya seperti Nike dengan Find Your Greatnessnya memberikan ide bahwa penggunanya bisa menjadi orang yang spesial sesuai dengan dirinya.  Sebuah brand yang menawarkan gagasan baru akan lebih mudah melekat pada konsumennya, karena mereka akan merasa kurang apabila belum memilikinya. Untuk mengaktualisasikan visi – misi, ditunjang dengan berbagai keunggulan dalam produknya.  Seperti memberikan privilege pada konsumennya, memberikan pengalaman unik dan bermakna, atau menjalin kedekatan dengan konsumennya. Sehingga meskipun ada produk sejenis, kecenderungan akan tetap loyal.

Logo adalah sebuah perwujudan dari brand atau mungkin bisa disebut sebagai ikon dari brandnya. Pada umumnya berupa gambar, tulisan, atau rangkaian berbagai elemen sehingga terasosiasi dengan brandnya. Logo yang baik adalah yang mudah dikenali, diingat, serta merepresentasikan brandnya. Sehingga meskipun sekilas melihat logonya, konsumen akan langsung tergambar produknya. Karenanya harus didesain dengan penuh perhitungan. Memilih jenis logonya juga menjadi salah satu tantangan tersendiri, ada banyak jenis logo, mulai dari Letter Mark, Word Mark, Maskot, dan lain sebagainya. Pemilihan tersebut harus sesuai dengan visi branding serta psikologis masyarakat.

3. Jargon

Visi akan sulit dipahami oleh orang lain apabila tidak dinyatakan secara eksplisit, contohnya Nike sebelumnya tidak akan dimengerti visinya apabila tidak memunculkan “Find Your Greatness”. Kata – kata singkat tersebut adalah sebuah jargon. Jargon harus didesain sedemikian rupa, sehingga mudah didengar, diingat, dan diucapkan lagi. Adanya kampanye secara visual melalui logo dan verbal melalui jargon akan membuat sebuah brand lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya jargon, terkadang jingle atau lagu juga bisa dijadikan sebagai sarana penguatan branding. Seperti Shopee dengan goyang Shopeenya atau Indomie dengan jinglenya. Unsur ini harus direncanakan secara matang.

4. Media Sosial

Salah satu unsur – unsur branding yang tidak boleh terlewatkan dengan perkembangan teknologi saat ini adalah sosial media. Keberhasilan dari branding adalah sejauh mana konsep serta kampanyenya mampu diterima oleh masyarakat.  Apabila pada satu dekade lalu, media cetak atau televisi merupakan sarana ampuh, kini terdapat media baru yang lebih efektif, yaitu sosial media. Anak – anak muda tidak lagi hanya menggunakannya sebagai media berekspresi tetapi juga mengumpulkan informasi.  Karenanya sangat efektif sekali dalam memperkenalkan brand serta produknya. Sosial media saja tidak cukup, perlu ditunjang dengan website, sehingga informasinya lebih mendetail. Terlebih apabila dilengkapi dengan fasilitas store.

Baca Juga: Culture Branding, Berikut Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Keberhasilan suatu bisnis ditunjang oleh beberapa faktor di antaranya adalah pemasaran dan branding. Untuk mengoptimalkannya, harus memahami serta mendalami setiap unsur – unsur branding. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms