Social Media Branding Ternyata Sangat Berguna, Berikut Penjelasannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Sebagai pemilik bisnis, kini sudah saatnya melirik strategi social media branding.

Hal ini dikarenakan adanya tren peningkatan penggunaan medsos di kalangan pasar lokal maupun internasional. Indonesia bahkan menunjukkan pertumbuhan cukup tinggi, sehingga social media branding sangat dibutuhkan. Dari total jumlah penduduk di Indonesia, sekitar 70% adalah pengguna aktif sosmed. Dalam penjualan produk 8/10 orang yang membeli biasanya terpengaruh karena sosmednya. Bisa berasal dari ads, review penggula lain, atau testimoninya. Media besar seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dengan fitur bisnisnya memungkinkan penjual lebih mudah dalam menjangkau audiensnya. Kondisi tersebut merupakan sebuah kesempatan emas untuk memperkenalkan brand bisnis Anda.

Baca Juga:

Baca Juga:  7 Warna Branding Logo yang Membuat Bisnis Anda Mudah Diingat

Manfaat Social Media Branding Bagi Perkembangan Bisnis

Salah satu syarat agar branding berhasil adalah mampu menjangkau berbagai jenis orang sesuai dengan karakteristik marketnya. Di sinilah peran sosial media menjadi sangat penting, dengan analityc toolsnya serta fitur ads, memungkinkan pebisnis menjangkau banyak orang.

1. Fakta Konsumen Sangat Tinggi Aktivitasnya di Sosial Media

Melihat perkembangan penduduk Indonesia, sebagian besar sudah mengenal bahkan aktif tiap harinya bersosmed. Rata – rata waktu yang dihabiskannya sekitar 3 jam lebih, mulai dari membuat postingan atau mencari informasi dan review produk. Aktivitas tersebut tentunya berpotensi naik lagi, mengingat terdapat berbagai fitur yang menunjangnya. Seperti aktivitas live stream, durasi konten lebih panjang, dan berbagai fitur lainnya. Potensi ini tidak boleh dilewatkan untuk membangun branding.

2. Visibilitas Brand Menjadi Semakin Naik

Beberapa waktu lalu medsos cukup diramaikan dengan dalgona atau odading, kedua produk makanan tersebut naik karena pengaruh medsos yang senantiasa membahasnya. Melihat kedua hal tersebut, brand juga memiliki peluang untuk naik. Memanfaatkan influencer, membuat berbagai challange, atau memasang berbagai iklan memungkinkannya untuk dilirik banyak pengguna. Otomatis selain dikenal, penasaran, juga akan memperoleh pelanggan baru.

3. Sarana Word of Mouth Paling Efektif

Apabila pada marketing offline mengenal istilah mouth to mouth, atau pemasaran dari cerita pelanggan yang mampir, melalui medsos kini sudah berganti dengan teknik baru. Yaitu word of mouth. Hal ini karena ulasan pada medsos sangat mempengaruhi audiens.

Tips Social Media Branding untuk Bisnis Anda

Membangun branding tentunya tidak sembarangan, karena apabila tidak didesain secara matang, pelanggan malah hilang ketertarikannya. Terlebih ketika membangun brand di media sosial, kecepatan informasinya bisa menjadi mata pisau. Terdapat beberapa tips untuk meningkatkan branding, pertama adalah dengan memanfaatkan influencer. Audiens lebih mudah percaya atau terpengaruh apabila mendengar langsung dari orang lain. Apalagi dari tokoh atau influencer favoritnya. Tips kedua yaitu konsisten dalam membangun pesan. Mulai dari bio atau profil, postingan rutin, serta berbagai aktivitas lainnya. Konsistensi tersebut menunjukkan adanya identitas unik pada brand Anda. Sehingga pelanggan lebih mudah mengenalinya.

Konsistensi tersebut juga harus dijaga dengan membuah postingan secara rutin. Bisa terkait penjelasan produk, behind the scene, testimoni, atau berbagai informasi terkait bidang produknya. Misalnya fakta – fakta unik, rekomendasi lagu, dan sebagainya. Tips ketiga adalah membangun interaksi bersama followers secara konsisten. Interaksi bisa ditunjukkan dengan membalas pesan masuk, menanggapi usulan, atau menjawab kebingungan dari calon pelanggan. Bisa juga dengan membuat polling atau challange. Dan yang Terakhir, tidak boleh dilewatkan yaitu melakukan analisis terhadap berbagai proses brandingnya. Mulai dari membaca insight, melihat perkembangan engagement, evaluasi terget pasar, dan menyusun ulang strategi.

Baca Juga: Slogan Branding Anti Mainstream, Begini Tekniknya!

Beralihnya kebiasaan seseorang dalam menggunakan sosmednya ternyata memberikan peluang baik bagi pemilik bisnis. Salah satunya adalah mengoptimalkan social media branding untuk meningkatkan penjualannya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms