Terbukti, Ini Tips Jitu Desain Marketing Collateral untuk Branding

Branding Strategi

Marketing collateral adalah istilah baru yang mulai banyak diminati di dunia pemasaran.

Sebenarnya, ini adalah istilah yang tidak begitu rumit. Istilah ini merujuk pada kumpulan media pemasaran yang dipakai agar penjualan dari sebuah produk tertunjang. Proses penunjangan sendiri terjadi ketika konsumen tertarik melakukan pemesanan setelah menjadi target marketing. Namun dalam prosesnya, marketing collateral telah mengalami banyak perubahan. Sebelum ini, teknik yang digunakan adalah konvensional. Tetapi dengan perkembangan internet yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Arahnya berubah dari konvensional ke digital. Media seperti podcast hingga social media content sering digunakan sebagai media. Sebenarnya terdapat satu poin yang tidak boleh dilupakan ketika membuatnya. Poin ini perlu terus diperhatikan baik ketika menggunakan cara konvensional maupun detail. Poin tersebut adalah desain.

Baca Juga: 4 Teknik Dalam Melakukan Website Management

Tips Jitu Desain Marketing Collateral

Sebaik apapun sebuah media dibuat, akan percuma apabila desainnya tidak menarik. Oleh sebab itu, dasar-dasar dari ilmu desain perlu dimiliki terlebih dahulu. Ketika merujuk ke jenis collateral, terdapat beberapa tips penting yang bisa diikuti. Berikut beberapa tips penting tersebut.

1. Pilih Jenisnya

Tips pertama berhubungan dengan jenis. Jenis adalah hal pertama yang tidak boleh dilupakan. Sebelum jauh memikirkan desainnya, pikirkan dulu jenis marketing collateralnya. Ada banyak pilihan yang bisa dijadikan referensi mulai dari ebook, pamflet, spanduk, konten sosial media, dan masih banyak lagi. Pemilihan jenis sendiri perlu disesuaikan dengan tipe brand yang dimiliki. Misal apabila brand tersebut menawarkan makanan, jauh lebih baik jika menyebar spanduk daripada ebook.

2. Masukkan Tujuan

Setelah itu tempatkan tujuan pemasaran di urutan selanjutnya. Pada poin ini, jangan dulu memikirkan desain. Akan percuma walaupun desainnya baik apabila tujuan pemasarannya tidak tercapai. Tentukan hal apa saja yang ingin ada di dalam pamflet lalu tuliskan seluruhnya. Jadikan tulisan tersebut sebagai acuan agar tidak sampai ada yang terlewat.

3. Resolusi

Dalam desain sendiri, seseorang bisa memilih jenis sesuai selera. Hanya saja, jangan sampai resolusinya tidak dipikirkan. Terdapat beberapa desainer pemula yang membuat desain menggunakan ponsel. Biasanya, desain semacam itu memiliki resolusi berukuran kecil. Hal tersebut membuat gambarnya tidak mungkin untuk dicetak menjadi spanduk. Nantinya gambar akan pecah dan tidak memberikan tampilan yang memuaskan.

4. Warna

Jangan lupa juga untuk memperhatikan warna. Warna yang dimaksud disini bukanlah warna dalam desain brand. Ketika membuat desain, seseorang pasti sadar bahwa perpaduan warna yang baik akan menghasilkan tampilan yang baik. Namun warna yang dimaksud disini berhubungan dengan mode dalam layar. Terdapat dua pilihan warna yang bisa dipilih yaitu RGB dan CMYK. Untuk mengetahui jenis terbaik, cek lah printer yang dimiliki. Sesuaikan mode warna nya dengan printer agar hasil print bisa sesuai dengan tampilan yang ada di layar.

5. Ukuran

Jangan lupa juga untuk memperhatikan ukuran. Biasanya, sering terdapat masalah dimana hasil cetak nampak berbeda dengan ukuran dalam komputer. Untuk mengatasi hal ini, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan beberapa kali percobaan sebelum mencetak dalam jumlah banyak. Ini diperlukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Identitas

Ketika membicarakan tentang marketing collateral, identitas adalah salah satu hal pokok yang wajib ditonjolkan. Buatlah jenis yang belum dimiliki orang lain. Hal tersebut akan membuat hasilnya unik dan mudah diingat konsumen. Sebenarnya jika ingin hasil yang memuaskan, merupakan keputusan tepat apabila menggunakan jasa digital marketing agency.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Pentingnya Brand Personality untuk Bisnis Anda

Dapat dipastikan desain pamflet buatannya tidak akan mengecewakan. Dengan itu, marketing collateral yang dibuat bisa sampai ke konsumen dengan hasil terbaik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.