...

Tingkatkan Nilai Jual Produk Anda dengan Brand Awareness

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
brand-awareness-dreambox

Setiap perusahaan berusaha menanamkan brand mereka di benak pelanggan.

Brand awareness (kesadaran merek) adalah langkah pertama untuk memposisikan merek Anda. Proses yang berkelanjutan ini tidak hanya membantu bisnis mendapatkan lebih banyak pelanggan, tapi juga mendorong pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih banyak. Berikut ulasan seputar apa itu brand awareness, fungsinya, serta cara meningkatkannya!

Memahami pengertian brand awareness

Brand awareness adalah istilah umum yang menggambarkan seberapa akrab (sadar) konsumen dengan merek atau produk suatu perusahaan yang dapat menjadi ukuran seberapa berkesan dan dapat dikenali suatu merek bagi target audiens. Membangun brand awareness adalah strategi pemasaran yang sangat penting karena mengarahkan konsumen untuk mengembangkan ketertarikan dan minat beli terhadap merek dan produk yang Anda jual.

Fungsi brand awareness

Brand awareness membiasakan masyarakat dengan suatu produk dan membedakannya dari merek pesaing. Berikut beberapa fungsinya bagi bisnis:

1. Sebagai ekspansi atau pengembangan pasar

Brand awareness menyebar melalui berbagai channel seperti rujukan, PR, berita, media sosial, dan lain-lain. Jika berjalan sesuai rencana perusahaan, kesadaran merek menciptakan persepsi positif di benak pelanggan dan dapat digunakan sebagai ekspansi atau pengembangan pasar. Sebab, brand awareness mendorong brand recognition pada masyarakat yang sebelumnya tidak mengenal brand. Semakin banyak yang kenal, semakin besar pula peluang bagi brand Anda untuk meningkatkan penjualan.

2. Sebagai pengingat akan brand

Dengan banyaknya bisnis dan produk serupa di pasar, mudah bagi konsumen untuk melupakan merek Anda. Itulah mengapa Anda perlu membangun brand awareness sebagai pengingat akan brand. Tidak peduli seberapa kreatif konten Anda atau seberapa banyak upaya yang Anda lakukan dalam desain visual, tapi jika pelanggan tidak mengingatnya, maka bisnis Anda tidak akan berkembang. Karenanya, usahakan agar produk atau pesan merek Anda unik agar melekat di benak pelanggan.

3. Sebagai top of mind

Top of mind awareness adalah ukuran seberapa tinggi peringkat merek dalam kesadaran konsumen. Saat memikirkan suatu produk atau industri bisnis tertentu, kira-kira merek apa yang muncul pertama kali dalam benak konsumen? Nah, merek tersebut berarti telah mencapai brand awareness teratas. Tidak semua konsumen akan memikirkan merek yang sama, namun jelas mengindikasikan perusahaan mana yang paling populer. Jika merek Anda adalah yang pertama dipikirkan konsumen, maka produk Anda yang akan dicari saat dibutuhkan.

Cara meningkatkan brand awareness

Meski cara meningkatkan brand awareness bisa disesuaikan pada kreativitas masing-masing perusahaan, ada beberapa cara yang umumnya sering digunakan. Berikut di antaranya:

1. Iklan

Iklan membantu membuat konsumen sadar akan suatu produk dan bertujuan untuk membangun preferensi terhadap produk tersebut dibandingkan pesaingnya. Iklan dapat mendorong konsumen untuk memilih produk yang diiklankan saat melakukan pembelian.

2. Menerapkan search engine optimization (SEO)

SEO berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna bagi konsumen. Semua aspek dalam SEO, yaitu kecepatan, desain, konten, daya tanggap, dan niat situs web berperan dalam visibilitas dan tujuan merek secara online. Semakin mudah keberadaan online Anda ditemukan dan diakses, semakin cepat Anda dapat membangun kesadaran untuk menarik konsumen yang tepat kepada merek Anda.

3. User-generated content (UGC)

UGC adalah informasi yang dipublikasikan oleh kontributor tidak dibayar ke situs web. UGC dapat berupa foto, video, posting blog, forum diskusi, atau komentar. Dengan maraknya media sosial saat ini, merek dapat dengan mudah terhubung dengan user melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan platform populer lainnya. Interaksi langsung tersebut memicu keterlibatan media sosial dan mengarah pada semacam iklan gratis dan kesadaran merek.

4. Event

Dalam dunia periklanan yang konstan, produk atau layanan harus menonjol dari keramaian dan mudah diingat. Menggelar event adalah cara ideal untuk menarik perhatian pelanggan potensial. Selaraskan tema event dengan pesan utama merek Anda. Dengan menampilkan nilai-nilai merek yang jelas, Anda dapat menarik peserta event yang sesuai untuk dijadikan basis pelanggan. 

5. Kolaborasi dengan pihak eksternal

Anda juga bisa meningkatkan brand awareness lewat kolaborasi dengan pihak eksternal, misalnya influencer. Kolaborasi membawa relevansi baru bagi setiap pihak yang terlibat serta menghadirkan peluang basis pelanggan baru yang mengarah pada peningkatan engagement.

6. Buat website yang ramah pengguna

Website akan membantu Anda memperkenalkan brand kepada calon pelanggan sekaligus menumbuhkan brand awareness. Untuk jangka panjang, keberadaan website akan membantu Anda membangun citra yang diharapkan brand dengan memberi tahu audiens mengenai siapa Anda dan pesan apa yang Anda wakili. Selain itu, website juga bisa menjadi platform yang tepat untuk membagikan informasi kepada konsumen, yang membantu membedakan bisnis Anda dari pesaing.

Namun, membuat website pun tidak bisa asal-asalan. Website tanpa konten yang menarik dan tampilan yang membingungkan sudah pasti akan cepat ditinggalkan audiens. Untuk itu, buatlah website yang ramah pengguna dengan isi konten menarik. Pastikan website Anda mudah diakses, serta memiliki waktu loading yang singkat untuk memudahkan pengunjung.

7. Co-branding

Co-branding merupakan sebuah strategi kerja sama dalam hal pemasaran. Dalam co-branding, dua brand berkolaborasi sehingga keduanya bisa saling mendapatkan keuntungan, utamanya dalam hal peningkatan brand awareness.

Sudah ada banyak sekali brand yang menerapkan strategi co-branding. Salah satu contohnya adalah ketika Adidas berkolaborasi dengan penyanyi Kanye West untuk meluncurkan koleksi Yeezy. Kerja sama ini menggabungkan lini sepatu streetwear Adidas dengan personal branding Kanye West. Terbukti, co-branding ini menghasilkan keuntungan besar. Setelah koleksi Yeezy diluncurkan, laba bersih Adidas meningkat hingga 19,5%, menjadi US$1,9 miliar.

8. Tawarkan program referral

Terakhir, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness melalui program referral. Program referral akan membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness, sekaligus memperoleh pelanggan baru pada saat yang bersamaan.

Ketika pelanggan termotivasi untuk merekomendasikan tentang brand dan produk-produknya, itu berarti mereka menganggap bahwa brand tersebut layak untuk dipertimbangkan dan memiliki kualitas yang mumpuni. Dengan kata lain, program referral memberikan brand sebuah ciri khas yang membuatnya lebih unggul dibanding pesaingnya.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms