...

5 Tips Penting Untuk Menciptakan Brand Experience yang Memorable

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Konsumen adalah elemen penting dalam berbisnis. Agar menarik loyalitas pelanggan, penting untuk menciptakan brand experience yang menyenangkan untuk konsumen.

Kini bisnis di berbagai pasar online maupun offline bersaing ketat. Ada banyak produk sejenis yang ditawarkan sekaligus dalam satu pasar marketplace. Situasi ini mendorong para pelaku bisnis untuk menciptakan diferensiasi produk agar mampu mempertahankan bisnisnya. Namun faktanya, ada banyak pebisnis yang mampu menciptakan diferensiasi produk akan tetapi malah menurunkan kualitas dari produk atau brand tersebut, sehingga menciptakan brand experience yang buruk.

Baca Juga: Peran Brand Experience untuk Menciptakan Pelanggan yang Loyal

Hal seperti itu tentunya akan memberi kesan negatif, bahkan trauma oleh pihak konsumen. Padahal untuk meningkatkan peluang bisnis seharusnya konsumen dapat merasakan brand experience yang menyenangkan. Pengalaman menyenangkan ini dapat dimanfaatkan menjadi testimoni untuk mempengaruhi calon konsumen lain membeli produk atau brand yang sama.

 

Apa itu Brand Experience?

Keunggulan suatu brand tidak selalu berasal dari harga yang menggiurkan, melainkan berasal dari kesan yang selalu diingat yang menjadi ciri khas brand tersebut. Demikianlah gambaran singkat tentang brand experience.

Secara umum, brand experience dapat diartikan sebagai pengalaman yang dirasakan oleh konsumen setelah membeli atau menggunakan sebuah brand atau produk. Dengan pengalaman ini suatu produk atau brand berubah statusnya dari produk biasa menjadi memorable.

 

Tips Menciptakan Brand Experience yang Menyenangkan

Pengalaman terhadap sebuah brand yang dirasakan konsumen tentu berbeda-beda, tergantung ekspektasi dan kepuasan konsumen. Ada pengalaman yang mengecewakan dan ada pula pengalaman yang menyenangkan. Berikut kami jelaskan tentang 5 tips penting menciptakan brand experience yang menyenangkan, yakni:

1. Tetapkan Pengalaman (experience)

Pengalaman (experience) yang dialami oleh konsumen akan menentukan apakah mereka akan mencari brand yang lain atau setia membeli brand yang Anda tawarkan di kemudian hari. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar konsumen mendapatkan experience yang menyenangkan, diantaranya mencari informasi dan observasi tentang apa produk seperti apa yang dibutuhkan konsumen.

2. Pelayanan Responsif dan Ramah

Dengan berbagai platform online, Anda harus bisa memastikan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan senantiasa responsif sekaligus ramah. Apabila pelayanan tersebut tidak dirasakan manfaatnya, maka konsumen tidak akan melanjutkan transasksi atau bahkan mencari platform lainnya.

3. Interaksi Intens dengan Konsumen

Menciptakan interaksi tidak hanya sekedar menawarkan brand pada konsumen, namun Anda sebaliknya mengetahui bagaimana reaksi atas penggunaan brand tersebut. Berusahalah menciptakan interaksi yang intens dengan konsumen lama maupun konsumen baru. Jangan mengabaikan keluhan yang disampaikan oleh konsumen karena bila hal tersebut terjadi maka interaksi akan berhenti.

4. Memberikan Reward/Hadiah

Salah satu elemen terpenting dalam dunia bisnis adalah keberadaan konsumen. Anda dapat memberikan apresiasi melalui reward pada konsumen yang loyal, maupun hadiah secara langsung bagi konsumen yang baru. Anda dapat menentukan momen-momen tertentu untuk pemberian reward atau hadiah tersebut, agar konsumen dapat merasakan brand experience yang tidak terlupakan.

5. Lakukan Inovasi Namun Tetap Mempertahankan Consistency

Brand dikenal melalui berbagai unsur pendukung seperti desain/logo, ciri khas seperti rasa atau aksesoris tertentu, maupun nama brand suatu produk. Keseluruhan unsur brand dikenal banyak orang melalui originalitasnya. Apabila suatu saat brand Anda membutuhkan inovasi, sebaiknya Anda konsisten mempertahankan konsep dasar supaya brand experience yang dirasakan konsumen tidak memudar begitu saja.

Jadi, dengan memberikan brand experience yang menyenangkan kepada konsumen, selain menambah jumlah konsumen baru, Anda juga akan meningkatkan trust (kepercayaan) terhadap bisnis Anda. Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat bagi kemajuan bisnis Anda.

Baca Juga: Pentingnya CSR Terhadap Pembangunan Citra Merek dan Loyalitas Merek

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms