...

Tujuan & Manfaat Strategi Branding Event bagi Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
strategi-branding-event

Tingkatkan Penjualan dengan Strategi Branding Event 

Strategi branding event adalah salah satu metode branding yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk melaksanakan campaign. Selain untuk branding, metode ini juga bisa dimanfaatkan sebagai langkah marketing atau pemasaran yang efektif.

Dengan melakukan event branding, Anda bisa meningkatkan kesadaran merek Anda kepada lebih banyak audiens secara luas. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen.

Apa Itu Strategi Branding Event dan Contohnya?

Pada dasarnya, branding event atau biasa juga disebut sebagai event branding adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan suatu merek atau produk baru kepada khalayak umum.

Bentuknya bisa beragam, tergantung pada kreativitas penyelenggara event. Salah satu contohnya yaitu dalam bentuk pameran atau festival yang memungkinkan konsumen potensial untuk berinteraksi dengan produk dan merek yang dipromosikan.

Apapun bentuk acaranya, perusahaan harus mampu menciptakan pengalaman positif bagi konsumen potensial. Dengan demikian, mereka bisa memperoleh kesan yang baik terhadap produk atau merek yang dipromosikan.

Sebagai contoh, perusahaan makanan dan minuman dapat mengadakan acara pameran untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen potensial. Di mana selama acara ini, pengunjung dapat mencicipi produk yang dipamerkan, belajar tentang bahan-bahan dalam produk, hingga berpartisipasi di lomba khusus untuk mendapatkan hadiah menarik.

Tujuan Strategi Event Branding

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, brand recognition yang kuat adalah salah satu kunci sukses memenangkan persaingan pasar. Untuk itu, event branding adalah salah satu strategi pemasaran langsung yang sangat efektif. Berikut beberapa tujuan dari strategi ini:

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Tujuan utama dari strategi branding melalui event adalah meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Dengan sebuah acara yang sukses, Anda dapat menghasilkan buzz atau respon positif tentang merek Anda secara luas

Dalam jangka panjang, strategi ini sangat efektif membantu mengubah orang yang sebelumnya tidak tahu tentang produk atau jasa Anda menjadi pelanggan baru yang potensial.

2. Membangun Kredibilitas

Salah satu cara paling efektif untuk membangun kredibilitas merek adalah dengan mengadakan acara. Ketika Anda memperkenalkan merek Anda dalam sebuah acara, artinya Anda memberikan kesempatan bagi orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau jasa Anda.

Dengan cara ini, Anda juga bisa membuktikan bahwa brand tersebut adalah pilihan yang tepat untuk audiensnya. Sehingga, Anda dapat membangun kepercayaan di antara konsumen dan membuat merek menjadi lebih kredibel.

3. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Strategi branding event dapat membantu meningkatkan keterlibatan konsumen dengan merek Anda. Saat mengadakan acara yang menarik dan menyenangkan, brand dapat memberikan kesempatan bagi konsumen untuk berinteraksi langsung

Hal ini dapat menciptakan pengalaman yang berkesan bagi konsumen dan audiens yang hadir. Sehingga, hal ini akan membantu membangun hubungan yang lebih dekat antara merek Anda dan konsumen.

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Strategi branding melalui event juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan mengadakan acara yang menarik dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan, perusahaan dapat membentuk hubungan yang lebih erat.

Sehingga ketika pelanggan merasa puas dengan acara yang diselenggarakan, mereka akan cenderung kembali menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand perusahaan Anda.

5. Meningkatkan Penjualan

Tujuan lain dari strategi event branding adalah meningkatkan penjualan. Acara yang diselenggarakan dapat memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk baru atau jasa yang sedang dipromosikan.

Melalui event tersebut, Anda juga bisa memberikan diskon atau penawaran khusus dan memotivasi konsumen untuk membeli produk Anda. Dalam jangka panjang, ini dapat membantu meningkatkan pendapatan perusahaan dan mengembangkan pangsa pasar.

6. Memperkuat Identitas Brand

Salah satu tujuan penting dari strategi branding event adalah memperkuat identitas merek. Ketika suatu brand mengadakan acara yang menarik, mereka memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan nilai-nilai dan kepribadian mereknya secara langsung kepada konsumen.

Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu memperkuat citra merek di mata konsumen, sekaligus membuatnya lebih mudah dikenali dan diingat oleh audiens baru.

Manfaat Menerapkan Strategi Event Branding

Strategi branding melalui pelaksanaan event juga memiliki manfaat yang sejalan dengan tujuan-tujuan di atas. Berikut ini 3 manfaat paling utama yang bisa Anda peroleh:

1. Meningkatkan Brand Equity

Strategi event branding dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan nilai merek (brand equity). Terutama ketika acara yang diselenggarakan memberikan pengalaman yang positif bagi pelanggan, maka merek tersebut akan semakin dihargai oleh pelanggan.

Semakin baik brand equity dari bisnis Anda, maka semakin baik pula citranya di mata pelanggan. Meningkatnya citra merek di mata pelanggan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

2. Memperluas Jaringan Bisnis

Menerapkan strategi branding event yang tepat juga dapat membantu perusahaan untuk memperluas jaringan bisnis. Acara yang dihadiri oleh banyak orang, termasuk pebisnis dan pelanggan potensial, dapat membuka peluang baru bagi brand Anda untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain atau memperluas pasar.

3. Meningkatkan Penjualan

Apapun acara yang dilaksanakan, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan. Sebab acara yang menarik dapat menarik perhatian pelanggan potensial dan memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand.

Contoh Strategi Event Branding yang Berhasil

Brand terkenal dunia juga kerap menggunakan strategi event branding sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran merek serta memperluas jangkauan pasarnya. Berikut ini adalah beberapa contoh yang diterapkan oleh berbagai brand terkenal:

1. Coca-Cola

Coca-Cola sering mengadakan event yang melibatkan masyarakat, seperti konser, festival musik, atau berpartner bersama kegiatan olahraga seperti Piala Dunia. Melalui kegiatan tersebut, Coca-Cola berusaha memperkenalkan brand mereka kepada target pasar dengan menciptakan pengalaman yang positif bagi konsumen.

2. Nike

Salah satu contoh event yang dilakukan oleh Nike sebagai strategi branding adalah acara bernama “Air Max Day”. Pada event ini, Nike meluncurkan produk baru dan memberikan pengalaman unik bagi para pengunjung dengan mengadakan aktivitas seperti pameran, diskusi, hingga pertunjukan.

3. Apple

Dari sektor teknologi, contoh brand yang berhasil mengadakan berbagai event menarik adalah Apple. Contohnya yaitu event “Apple Keynote”, yang bertujuan untuk memperkenalkan produk baru, dimana Apple mengundang para jurnalis dan blogger teknologi terkemuka dari seluruh dunia.

Berdasarkan contoh dari 3 brand besar di atas, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini saat membuat event:

  1. Buat acara yang berbeda dan menarik perhatian.
  2. Buat konten yang bisa dibagikan secara luas untuk meningkatkan visibilitas merek secara online.
  3. Ajak influencer, KOL (Key Opinion Leader), selebritis, atau tokoh publik lainnya yang memiliki pengaruh dan massa.
  4. Bermitra bersama organisasi atau brand besar lainnya yang memiliki value atau niche serupa.
  5. Berikan diskon dan promo.
  6. Lakukan aktivitas sosial atau kegiatan amal.
  7. Manfaatkan teknologi terkini.

Untuk memperoleh lebih banyak tips seputar strategi branding event, Anda bisa berkonsultasi bersama layanan branding DreamBox. Bersama DreamBox, Anda akan menemukan berbagai strategi branding menarik untuk mengembangkan bisnis Anda. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!  

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms