Bagaimana Branding Agency Menerapkan Analisis Pestel

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
analisis-pestel-dreambox

Jika bicara tentang dunia bisnis, maka akan muncul hal-hal yang sangat dinamis dan kompetitif. Salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis yaitu dapat memahami berbagai faktor eksternal yang dapat berpengaruh. Maka dari itu, ada metode yang disebut dengan Analisis Pestel.

Apakah Anda sudah familiar dengan analisis yang satu ini? Jika belum, maka sebaiknya ikuti informasi menarik dalam pembahasan berikut supaya dapat lebih memahaminya! Pahami juga mengenai strategi marketing dengan teknik Push dan Pull Marketing untuk kombinasi terbaik dalam promosi bisnis.

Mengenal tentang Analisis Pestel

Dalam menjalankan bisnis, tentu saja dibutuhkan strategi yang tepat supaya bisa mendapat hasil sesuai atau bahkan melebihi target. Strategi tersebut dapat tersusun dengan lebih optimal dengan memanfaatkan analisis ini.

Secara umum, Analisis Pestel merupakan pendekatan yang dilakukan secara sistematis dalam perencanaan strategis dan manajemen bisnis. Dalam pelaksanaannya, analisis ini perlu memahami berbagai faktor eksternal yang dapat berpengaruh terhadap bisnis.

Selain analisis ini, sebenarnya juga masih ada jenis teknik marketing lain yang dapat melengkapi bisnis Anda, misalnya guerilla marketing.

Komponen dalam Analisis Pestel

Ada berbagai komponen yang bisa menjadi faktor pengaruh untuk bisnis Anda, berikut adalah penjelasan selengkapnya:

1. Analisis Politik

Pertama, ada analisis politik yang membuat Anda dapat memahami berbagai faktor politik. Hal ini menjadi penting karena risiko politik dan kebijakan yang berlaku dapat menjadi pengaruh bagi bisnis Anda, terlebih jika hal tersebut memiliki keterkaitan secara cukup dekat.

2. Analisis Ekonomi

Kedua, ada analisis ekonomi yang sangat memungkinkan untuk dapat berpengaruh terhadap pergerakan dan strategi bisnis. Dari faktor ekonomi, termasuk berbagai pergerakan di dalamnya, dapat memberikan risiko dan peluang tertentu. Maka dari itu, dibutuhkan analisis yang tepat jika akan merencanakan suatu strategi.

3. Analisis Teknologi

Perkembangan teknologi juga dapat menjadi faktor penting dalam dunia bisnis. Perlu dipahami bahwa saat ini inovasi dan perkembangan teknologi berjalan dengan sangat cepat, sehingga dunia bisnis pun perlu beradaptasi. Salah satunya dalam mengikuti tren yang muncul, seperti marketing melalui media sosial.

Jadi, sangat disarankan bagi Anda melakukan analisis secara tepat untuk dapat mengetahui apa saja hal yang sebenarnya dibutuhkan dalam bisnis. Salah satu contoh strategi marketing melalui media sosial yang harus kamu peajari adalah TikTok Marketing sesuai dengan tren sekarang. 

4. Analisis Sosial

Dalam masyarakat, sangat memungkinkan ada perubahan nilai-nilai dari berbagai sisi. Hal ini selanjutnya juga dapat berpengaruh terhadap daya beli, sikap konsumtif, dan sejenisnya. Maka dari itu, pelaku bisnis perlu memahami dan melakukan analisis dalam menyusun simpulan dan strategi yang tepat.

Ada baiknya, bisnis dapat disesuaikan dengan ekspektasi konsumen dan kebutuhan di masyarakat, khususnya target pasar yang diharapkan.

5. Analisis Hukum

Selanjutnya, ada analisis hukum yang dapat membantu pergerakan bisnis supaya tetap berada pada jalur yang sesuai dengan aturan. Anda perlu memperhatikan risiko hukum, merencanakan operasional yang sesuai dengan aturan, dan tetap berpedoman serta patuh terhadap setiap hukum terkait.

Jika terjadi kesalahan atau pelanggaran hukum, maka ini tentunya bisa berdampak buruk bagi bisnis Anda. Jadi, pastikan bahwa analisis hukum sudah dilakukan dengan tepat.

6. Analisis Lingkungan

Pada dasarnya, manusia tidak bisa hidup tanpa terikat dengan faktor lingkungan. Hal ini juga berlaku dalam hal bisnis, karena berbagai isu yang muncul perlu diamati dan dianalisis. Operasional bisnis pun perlu memperhatikan berbagai dampak yang dapat muncul dari setiap prosesnya.

Tren tentang lingkungan yang berlangsung di masyarakat juga dapat dipertimbangkan dalam menyusun strategi.

Cara Penerapan Analisis Pestel

Analisis ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk memprediksi apa saja yang mungkin terjadi di masa depan. Namun, tentunya ada cara yang perlu dilakukan dalam analisis ini, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Kumpulkan Ide dari Elemen Analisis

Sebelumnya, telah dijelaskan tentang enam elemen yang penting untuk melakukan analisis ini. Berdasarkan elemen tersebut, maka Anda bisa mengumpulkan berbagai ide yang sesuai dengan bisnis Anda.

Untuk mengumpulkan ide, Anda bisa membentuk kelompok khusus supaya berbagai ide dari setiap anggotanya bisa terkumpul dengan lebih maksimal.

2. Kelompokkan Ide

Setelah ide terkumpul, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengelompokkan ide. Mungkin saja akan muncul berbagai ide serupa dari sekian anggota tim, sehingga ide yang memiliki duplikasi dapat dihilangkan. Ide serupa pun dapat didiskusikan untuk dikolaborasikan.

3. Lakukan Evaluasi

Selanjutnya, setiap ide dan konsep yang muncul perlu dievaluasi supaya Anda dapat mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari ide tersebut.

Anda bisa mengundang orang-orang yang mencetuskan ide untuk menjelaskannya secara lebih rinci. Lalu, bisa juga hal tersebut didiskusikan bersama supaya lebih jelas arah dan tujuannya. Ketika ide-ide yang terkumpul sudah menjadi selaras dari setiap komponennya, maka kini Anda telah memiliki informasi yang lebih baik.

Dengan adanya ide dan evaluasi, maka berbagai masalah dalam bisnis Anda mungkin saja bisa lebih tampak, sehingga akan lebih mudah untuk mencari solusi ke depannya.

4. Lakukan Analisis dan Bagikan Hasilnya

Jika sudah melakukan evaluasi, maka selanjutnya Anda perlu melakukan analisis dari setiap ide dan komponen yang muncul. Setelah itu, buatlah gambaran jelas tentang kondisi dari bisnis atau perusahaan Anda saat ini berdasarkan hasil analisis tersebut.

Hasil analisis dapat dilaporkan dengan template tertentu dan ditujukan pada pihak-pihak yang berkepentingan dalam bisnis Anda. Ini dapat menjadi bahan untuk menyusun strategi bisnis ke depannya.

Setelah memahami berbagai cara analisis di atas, maka sebaiknya Anda ketahui juga tentang cara menerapkan branding strategy dalam bisnis.

Tips untuk Menerapkan Analisis Pestel

Setelah memahami cara di atas, maka selanjutnya ada pula tips dalam penerapan analisis ini, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kolaborasi dan Perluasan Wawasan
    Lakukan berbagai kolaborasi dengan pihak lain, terlebih yang sesuai dengan ranah bisnis Anda. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah mengenali berbagai isu terbaru;
  • Evaluasi Kemampuan Internal
    Periksa dan lakukan evaluasi terkait keahlian serta sumber daya dari perusahaan atau bisnis Anda;
  • Integrasi dengan Analisis Lain
    Lengkapi analisis ini dengan jenis analisis yang lain, misalnya analisis SWOT;
  • Proses Berkelanjutan dan Adaptif
    Jadikan evaluasi dari analisis ini ke dalam proses yang berkelanjutan untuk bisnis Anda, sehingga akan lebih mudah untuk memantau perubahan yang terjadi;
  • Hindari Asumsi yang Berlebihan
    Hindari untuk membuat asumsi yang kurang berdasar tentang apa yang akan terjadi pada masa depan, terlebih jika hanya membandingkan dengan masa lalu dan apa yang terjadi saat ini;
  • Kejelasan Tujuan dan Manfaat
    Pastikan Anda paham apa yang dicari dalam analisis ini, karena akan percuma melakukannya tanpa tahu apa tujuannya.

 Terapkan Analisis Pestel Untuk Bisnis Anda Bersama Dreambox

Itulah berbagai penjelasan tentang metode analisis yang sebaiknya Anda pahami jika ingin menerapkan strategi bisnis yang optimal. Sudah dijelaskan tentang pengertian, komponen, manfaat, cara penerapan, serta tips yang sebaiknya Anda perhatikan.

Dengan penjelasan tersebut, maka harapannya Anda bisa lebih mudah dan tepat dalam melakukan berbagai pendekatan sistematis sehingga peluang bisnis dapat dimanfaatkan secara optimal.

Namun, mungkin saja masih banyak orang yang belum familiar dengan hal ini, sehingga penjelasan di atas masih belum bisa diaplikasikan dengan maksimal. Atau mungkin, ada pula banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk melakukannya sendiri, sehingga membutuhkan jasa profesional yang bisa membantu.

Tenang saja, jasa layanan branding dari Dreambox siap membantu Anda dalam melakukan Analisis Pestel. Jadi, jangan ragu untuk segera hubungi kami dan temukan berbagai strategi tepat untuk menjalankan bisnis Anda secara maksimal!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms