...

TikTok Marketing: Asah Strategimu, Raup Cuan dari TikTok

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
tiktok-marketing-dreambox

Siapa tidak kenal aplikasi TikTok? Platform media sosial ini sekarang semakin populer dan penggunanya begitu ramai. Bahkan kini banyak orang memanfaatkan strategi TikTok marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka lewat platform tersebut. 

Teknik pemasaran produk melalui media digital memang memiliki efektivitas yang cukup tinggi. Apalagi di platform yang sangat populer seperti TikTok. Itulah mengapa penting sekali bagi para marketer untuk mulai menguasai media ini agar keuntungan mereka bertambah semakin besar.

Para marketer juga perlu mengatur jam tayang dari konten-konten TikTok mereka agar mendapatkan views yang optimalkan. Hal ini menuntut para konter kreator tersebut mempelajari Cara Terbaik Menentukan Jadwal Post TikTok di 2024

TikTok Marketing, Awal Masa Depan Konten Video Pendek

TikTok itu sendiri merupakan platform yang digunakan untuk mengunggah atau membagikan konten-konten menarik berupa video pendek. Konten yang dihadirkan lewat video pendek tersebut bisa beragam dan salah satunya adalah konten marketing atau promosi. 

Saat ini Anda bisa melihat sendiri bahwa TikTok dipenuhi oleh akun-akun bisnis yang memanfaatkan konten promosi untuk mendongkrak angka penjualan. Melalui video-video pendek tersebut mereka berusaha untuk memperkenalkan produk dan mempromosikannya kepada audiens. 

Hal inilah yang membuat tren TikTok marketing kini semakin populer. Pemasaran melalui TikTok benar-benar bertambah ramai meskipun hanya lewat video pendek, karena adanya fitur FYP di TikTok. Tampaknya tren ini juga tetap akan bertahan untuk beberapa waktu ke depan mengingat jenis konten seperti ini sangat diminati oleh masyarakat. 

Alasan Memilih TikTok sebagai Media Marketing

Selain TikTok, sebenarnya ada beberapa jenis media digital lain yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing. Namun saat ini TikTok dianggap sebagai media yang paling potensial. Berikut ini beberapa alasan kenapa TikTok dipilih sebagai media marketing yang baik. Jadi tunggu kapan lagi yuk Mulai Tik Tok Marketing.

1. TikTok Menyediakan Beragam Jenis Iklan

Alasan pertama, TikTok menyediakan banyak sekali jenis iklan. Artinya marketer bisa bebas memasukkan iklan apapun asalkan tidak menyalahi aturan posting yang sudah ditetapkan oleh TikTok itu sendiri. 

Berbagai jenis bidang bisnis bisa melakukan marketing dan mengunggah iklan mereka melalui TikTok. Soal efektivitasnya tinggal bergantung pada jenis konten serta waktu posting yang dipilih. Jadi tidak ada batasan dan hal inilah yang mendorong para marketer untuk memilih TikTok. Terlebih lagi terdapat TikTok Ads Manager & Manfaatnya yang bisa kamu manfaatkan secara efesien. 

2. Jangkauan Audiens yang Luas

TikTok memiliki jangkauan Audiens yang sangat luas. Bisa dilihat sendiri bahwa saat ini pengguna TikTok begitu banyak. Hampir semua orang mengenal dan menggunakan aplikasi TikTok karena konten-konten di dalamnya memang sangat menarik. 

Menurut Katadata Media Network, di tahun 2023 lalu TikTok telah berhasil meraup 1,67 miliar pengguna aktif. Angka ini pun terus bertambah seiring dengan meningkatnya popularitas TikTok dan konten-konten yang ada di dalamnya. 

Bayangkan saja jika Anda mengunggah konten marketing di TikTok. Jangkauannya bisa begitu luas apalagi jika konten tersebut bisa masuk FYP dan dilihat oleh lebih banyak orang. Terlebih lagi ada banyak tips agar konten Anda Auto Masuk FYP Tiktok dengan mudah.

3. TikTok Memanfaatkan Preferensi Audiens Modern

Alasan lain yang membuat banyak pelaku bisnis memilih untuk melakukan marketing lewat TikTok adalah adanya preferensi audiens modern. TikTok memang memanfaatkan hal tersebut sehingga konten-konten di dalamnya mudah sekali menjadi tren di kalangan masyarakat. 

Fenomena ini bisa Anda lihat secara langsung di lingkungan masyarakat sekitar. Konten-konten pada TikTok sangat up to date dan sesuai dengan selera audiens yang modern. Itulah mengapa efektivitas pemasaran melalui platform ini juga begitu tinggi. 

4. TikTok Memiliki Pengaruh Konsumtif Belanja

Alasan lain yaitu karena TikTok punya pengaruh konsumtif belanja yang cukup besar. Begitu melihat iklan atau konten marketing di TikTok, pengguna bisa langsung terpikir untuk membeli produk tersebut. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ada banyak sekali konten marketing yang ada di TikTok. Bahkan Anda juga bisa menemukan banyak konten-konten affiliate atau endorsement di sana. Saat melihat sebuah konten di TikTok, seseorang akan cenderung terpengaruh. 

Begitu ada konten promosi sebuah produk, pengguna TikTok secara otomatis akan berpikir ‘wah, produk ini muncul di TikTok berarti sedang tren’. Inilah yang mendorong perilaku konsumtif para audiens di TikTok. 

Bagaimana Cara Marketer Menggunakan TikTok? 

Faktanya, TikTok marketing memang memiliki pengaruh yang begitu besar. Jadi para pebisnis dan marketer bisa memanfaatkan platform ini secara optimal. Berikut adalah beberapa cara yang diterapkan oleh para marketer dalam memakai atau memanfaatkan TikTok. 

1. Mulai Membuat Akun Bisnis TikTok

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun bisnis di TikTok. Jangan membuat akun biasa namun buatlah akun bisnis karena ada banyak fitur marketing yang terdapat dalam akun tersebut. Selain itu Anda juga bisa memakai fitur analytics untuk mengoptimalkan promosi di TikTok. 

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memakai akun bisnis di TikTok. Namun pastikan dulu Anda memahami semua fitur yang tersedia. Percuma saja mendapatkan akses ke fitur-fitur marketing namun tidak tahu bagaimana cara untuk mengoptimalkannya.

2. Kolaborasi dengan KOL dan Influencer

kol-influencer-dreambox

Cara berikutnya yang perlu diterapkan dalam TikTok marketing adalah berkolaborasi dengan KOL dan influencer. KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader atau seseorang yang dinilai ahli di sebuah bidang tertentu. KOL memiliki peran tersendiri dan dihormati oleh publik. 

Begitu juga dengan influencer, orang yang memiliki jumlah followers banyak dan bisa memberi pengaruh besar bagi masyarakat. Kolaborasi dengan KOL maupun influencer bisa memberi hasil yang efektif terhadap upaya marketing yang Anda lakukan.

Namun KOL, influencer dan ambassador itu berbeda loh. Anda harus mengenali perbedaan KOL, influencer dengan Brand Ambassador untuk menjangkau audiens yang tepat. 

KOL dan influencer memiliki impact yang sangat besar. Jika Anda bisa berkolaborasi dengan mereka maka tidak menutup kemungkinan penjualan akan meningkat. Paling tidak visibilitas bisnis Anda jadi lebih tinggi dan produk terlihat menarik di mata audiens. 

3. Lakukan Uji Coba Hashtag Challenge

Berikutnya adalah uji coba hashtag challenge. Hashtag challenge merupakan sebuah tantangan yang diberikan pada pengguna TikTok dengan menggunakan hashtag tertentu. Ini bisa jadi salah satu strategi kampanye brand yang akan membuat bisnis Anda jadi lebih populer di komunitas TikTok. 

4. Manfaatkan Kampanye Iklan TikTok

Marketer juga dapat memanfaatkan fitur kampanye iklan yang disediakan di TikTok. Ini merupakan salah satu cara marketing yang bisa memberi efektivitas tinggi di platform digital. Singkatnya, Anda akan memasang iklan yang bisa dilihat oleh para pengguna TikTok. 

Namun perlu diketahui bahwa strategi ini membutuhkan biaya. Setiap kali memasang iklan, Anda harus membayar biaya jasa kepada TikTok. Biaya ini merupakan modal yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari hasil penjualan Anda. 

Ubah Follower TikTok Anda Menjadi Pelanggan Bisnis

TikTok merupakan platform yang sangat potensial untuk dijadikan media marketing di zaman sekarang. Peluang ini tidak boleh disia-siakan begitu saja. Jadi cobalah untuk menerapkan cara-cara TikTok marketing yang sudah disebutkan tadi sehingga meningkatkan Tiktok viewer.

Cobalah untuk mengubah semua follower Anda di TikTok menjadi pelanggan bisnis yang potensial. Caranya sangat beragam, mulai dari pembuatan konten yang relevan dan menarik hingga pemasangan iklan berbayar lewat TikTok. Jangan lupa, jalin juga hubungan dan interaksi yang seru dengan semua follower Anda. 

TikTok marketing memiliki efektivitas sangat tinggi jika Anda mampu mengoptimalkan semua fitur yang tersedia. Dalam hal ini Anda juga bisa bekerja sama dengan layanan digital marketing yang tepercaya. Dreambox akan menjadi pilihan yang tepat untuk membantu Anda mengoptimalkan hasil marketing melalui platform TikTok. Diskusikan bersama tim ahli Kami untuk informasi lebih lanjut. 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms