Mudah! Terapkan 7 Cara FYP di TikTok

Digital Marketing

Masuk FYP Tiktok dengan Konten Berkualitas untuk Meningkatkan Engagement 

Belakangan ini, Tiktok telah memiliki banyak pengguna dan Anda bisa menemui berbagai trend terbaru melalui media sosial yang satu ini. Dengan penyebarannya yang luas, cara FYP di Tiktok pun semakin bervariasi karena banyaknya peminat.

Berbagai jenis video bisa Anda temui melalui FYP Tiktok, mulai dari video hiburan, video karya kreatif, hingga video marketing dan berbagai jenis branding lainnya. Karena bisa menjangkau banyak orang, berbagai marketer pun kini sedang berlomba untuk mencari cara terbaik supaya bisa FYP di Tiktok.

Apa itu FYP Tiktok?

Istilah FYP sepertinya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna media sosial Tiktok. Hashtag tentang FYP pun bisa dengan mudah ditemui di berbagai jenis konten.

FYP sebenarnya merupakan singkatan dari For You Page, inilah halaman rekomendasi yang nantinya akan terlihat setiap Anda pertama kali membuka aplikasi Tiktok.

Berbagai jenis video bisa Anda lihat dengan melakukan scrolling pada halaman tersebut. Kemunculan video bisa didasarkan oleh perhitungan dari algoritma serta tingkat kepopuleran tertentu yang disesuaikan dengan minat pengguna.

Karena merupakan hal yang pertama muncul, maka konten yang masuk di sana memiliki jangkauan yang lebih luas. Berbagai konten viral juga berasal dari halaman ini, karena sering dibuka dan dilihat banyak orang.

Oleh sebab itu, banyak pengguna Tiktok yang berlomba masuk ke dalam FYP ini. Dengan masuk ke sana, konten Anda bisa mendapatkan lebih banyak penonton, tanda suka, komentar, bahkan bisa menjadi viral.

Cara FYP di Tiktok

Jika ingin konten yang Anda buat bisa masuk di halaman FYP, maka ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Anda perlu mengetahui berbagai trik sehingga bisa memahami dan menguasai algoritma dari media sosial Tiktok, supaya video terbaik Anda bisa muncul di FYP.

Algoritma tersebut memiliki sedikit perbedaan jika Anda bandingkan dengan berbagai jenis media sosial lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk memahami bagaimana cara kerja algoritma Tiktok, supaya Anda bisa meningkatkan jangkauan dari konten Anda.

Berikut adalah berbagai cara FYP di Tiktok yang bisa Anda lakukan untuk mendukung penyebaran konten terbaik Anda.

1. Buat Konten Berkualitas untuk Meningkatkan Engagement

Hal pertama yang sebaiknya Anda perhatikan adalah kualitas dari konten video yang akan diunggah. Buatlah berbagai konten menarik dan kreatif yang bisa meningkatkan engagement antara Anda sebagai pembuat video dengan follower akun Anda.

Buatlah konten yang unik dan original, sehingga pengunjung dan penonton merasa puas dan ingin melihat lebih banyak konten lagi. Akan lebih baik lagi jika konten tersebut bisa menarik minat orang untuk memberikan tanda suka dan berbagai komentar. 

Dengan begitu, maka Anda bisa menjangkau lebih banyak orang lagi. Follower juga bisa meningkat jika banyak orang yang tertarik dengan video menarik buatan Anda.

2. Pilih Waktu Upload yang Tepat

Jika bicara soal cara FYP di Tiktok, tentunya tidak akan terlepas dari pemilihan waktu untuk mengunggah atau upload video. Sebaiknya, Anda memilih jam ramai atau yang sering disebut dengan prime time, karena pada waktu itulah banyak aktivitas dari pengguna Tiktok.

Prime time tersebut terbagi menjadi beberapa waktu, yaitu siang, sore, dan malam. Pada siang hari, kisaran waktunya yaitu pukul 12.00 – 13.00 WIB, atau yang merupakan waktu istirahat makan siang untuk sebagian orang. 

Pada waktu waktu istirahat, tentunya banyak orang yang memiliki waktu luang untuk scrolling Tiktok. Selanjutnya, pada sore hari sekitar pukul 16.00 – 17.00 WIB serta pada malam hari pukul 19.00 – 23.00 WIB. 

Pada kedua waktu tersebut, banyak orang yang sedang luang dan bisa beristirahat. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang yaitu memainkan media sosial, termasuk Tik Tok.

Jadi, sebaiknya Anda perhatikan betul waktu untuk mengunggah video. Dengan begitu, konten Anda akan lebih mudah untuk muncul di bagian FYP dan bisa menyebar dengan lebih luas.

3. Buat Caption yang Menarik dan Berkesan

Cara selanjutnya untuk bisa muncul di FYP yaitu dengan memperhatikan caption yang ditulis ketika mengunggah video. Caption ini terletak di bagian bawah video, jadi sebagiannya akan terlihat ketika video diputar.

Buatlah caption semenarik mungkin yang bisa mewakili isi dari video tersebut. Caption yang bagus bisa membuat banyak orang menjadi penasaran dan tertarik dengan konten Anda. Dengan begitu, maka Anda bisa memancing orang untuk menyukai video dan berinteraksi melalui kolom komentar.

Untuk membuat orang tertarik berinteraksi, Anda bisa membuat caption dengan mencantumkan pertanyaan. Jika banyak orang yang berinteraksi, maka akan mempermudah Anda untuk menjangkau lebih banyak orang.

Inilah salah satu cara FYP di Tiktok yang sebaiknya Anda ketahui dan terapkan dengan baik. Lebih bagus lagi, jika bisa menarik minat untuk mengikuti akun Anda.

4. Gunakan Hashtag

Masih bicara soal caption, jangan lupa mencantumkan hashtag yang saat ini sedang trending dan banyak dicari orang. Berbagai hashtag trending bisa membuat konten Anda semakin mudah untuk memasuki halaman FYP.

Anda bisa memakai berbagai hashtag seperti #FYP #foryoupage #foryou. Hashtag tersebut bisa membuat video Anda menjangkau lebih banyak orang di Tiktok.

Selain untuk mempermudah masuk ke FYP, hashtag juga bisa mempermudah pencarian konten. Maka dari itu, selain hashtag trending, gunakan berbagai hashtag yang mewakili isi dari video Anda.

5. Ikuti Challenge dan Tren

Di Tiktok, Anda bisa menemui berbagai trend dan challenge yang saat ini sedang populer dan banyak dicari. Cara FYP di Tiktok yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan dan mengikuti kedua hal tersebut.

Berbagai isu terkini yang sedang tren bisa menjadi bahan untuk konten Anda, sehingga bisa meningkatkan jangkauan dan pengunjung. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti berbagai challenge atau tantangan yang sedang populer.

6. Gunakan Lagu yang Sedang Viral

Jika ingin membuat video viral dan banyak dilihat banyak orang, maka ada baiknya Anda menggunakan lagu yang sedang trend atau populer.

Masukkan lagu populer ke dalam editing video Anda dan buatlah video terbaik yang bisa menjangkau banyak orang. Namun, tetap perhatikan jenis lagunya, sesuaikan dengan konten yang Anda buat.

7. Lakukan Kolaborasi

Cara selanjutnya yang bisa Anda ikuti untuk menembus FYP yaitu dengan melakukan kolaborasi. Anda bisa membuat video kolaborasi dengan kreator lain, misalnya melakukan challenge atau duet.

Hal ini bisa meningkatkan jangkauan dari konten Anda, serta bisa memancing banyak respon dan interaksi jika video tersebut dinilai menarik.

Itulah berbagai cara untuk bisa masuk dan tampil di halaman FYP Tiktok. Meskipun ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, namun hal-hal tersebut bisa dibiasakan untuk konten-konten Anda selanjutnya.

Tentunya, setiap konten memiliki tujuannya masing-masing, misalnya konten untuk marketing atau branding bisnis. Pembuatan dan upload konten pun sebaiknya disesuaikan dengan tujuan tersebut, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk meningkatkan konten bisnis dan sejenisnya, termasuk untuk menembus cara FYP di Tiktok, maka Anda bisa menggunakan layanan digital marketing dari Dreambox

Dengan layanan tersebut dan menghubungi kontak kami, maka Anda bisa lebih mudah untuk mencapai lebih banyak jangkauan dan pasar bisnis Anda menjadi lebih luas.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.