Cara Terbaik Menentukan Jadwal Post TikTok di 2024

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jadwal-post-tiktok-dreambox

TikTok menjadi platform media sosial yang sangat populer saat ini dan dinilai begitu efektif untuk keperluan marketing. Dalam hal ini, marketer TikTok harus paham kapan jadwal post TikTok yang tepat dan efektivitasnya paling tinggi. 

Ya, jadwal posting memang memberi pengaruh besar terhadap hasil pemasaran itu sendiri. Jadi pastikan marketer tahu betul waktu-waktu yang efektif di platform TikTok. Mari bahas lebih lengkap mengenai waktu dan jadwal terbaik untuk melakukan posting di platform ini! Jangan lupa untuk Sukseskan TikTok LIVE di 2024 dengan strategi yang optimal.

Waktu dan Jadwal Post TikTok Terbaik 2024

Dalam melakukan marketing lewat platform TikTok, Anda perlu mengenal apa itu FYP atau For You Page. FYP adalah halaman dari TikTok yang akan menampilkan konten-konten populer. Jika konten tersebut di-post di waktu yang tepat dan masuk FYP, maka jangkauannya bisa begitu luas. 

Jadi bisa dikatakan bahwa kunci untuk menguasai pelanggan lewat TikTok adalah lewat FYP ini. Oleh sebab itu pastikan untuk mengunggah konten di waktu yang tepat menjadi Cara FYP di TikTok sesuai dengan algoritma. 

1. Waktu Terbaik untuk Jadwal Mingguan Post TikTok

jadwal-post-tiktok-mingguan-dreambox

Pada dasarnya memang tidak ada waktu yang pasti kapan konten bisa masuk FYP. Namun, studi dari Dreambox Branding Agency merekomendasikan waktu-waktu terbaik ini untuk post konten lewat TikTok. 

  • Jam Post TikTok di Hari Senin: 06.00 , 10.00, dan 22.00.
  • Jam Post TikTok di Hari Selasa: 02.00, 04.00, dan 21.00.
  • Jam Post TikTok di Hari Rabu: 07.00, 08.00, dan 23.00.
  • Jam Post TikTok di Hari Kamis: 09.00, 12.00, dan 19.00.
  • Jam Post TikTok di Hari Jumat: 05.00, 13.00, dan 15.00.
  • Jam Post TikTok di Hari Sabtu: 11.00, 19.00, dan 20.00.
  • Jam Post TikTok di Hari Minggu: 07.00, 08.00, dan 16.00. 

Catatan Penting dalam Jadwal Post Tiktok

Perlu diingat kembali bahwa waktu-waktu ini sangat fleksibel untuk berubah. Banyak faktor yang bisa memengaruhi perubahan waktu-waktu efektif tersebut. Namun jam yang sudah ditunjukkan tadi bisa jadi acuan awal bagi Anda. 

Pada dasarnya data tersebut hanya ditunjukkan dari pola para pengguna TikTok. Namun pengguna TikTok tetap memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Jadi jangan hanya terpaku pada jadwal jam publish diatas, cobalah untuk lebih fleksibel dalam menyesuaikan kondisi. sehingga ampuh Meningkatkan Tiktok Viewer.

2. Waktu Terbaik untuk Jadwal Post Tiktok secara Industri

Setiap bidang industri pasti memiliki target pasar dan audiens yang berbeda. Perlu dicatat bahwa hal ini juga akan berpengaruh pada waktu terbaik yang bisa dipakai untuk post TikTok. Misalnya saja untuk industri makanan ringan yang lebih banyak menyasar kalangan anak muda. Waktu terbaik untuk melakukan post dalam hal ini adalah di jam-jam istirahat makan siang atau malam hari setelah waktu kerja. 

Lain halnya dengan industri kebutuhan rumah tangga yang menyasar audiens ibu-ibu. Dalam kasus ini, waktu terbaik untuk melakukan post di TikTok adalah tengah malam atau dini hari. Itu adalah waktu dimana banyak ibu rumah tangga mengakses TikTok karena pekerjaan rumah mereka sudah selesai. 

Cara Menentukan Waktu Jadwal Post TikTok untuk Bisnis Anda

Memang benar bahwa waktu atau jadwal post TikTok benar-benar memberi pengaruh besar. Mengunggah konten TikTok di waktu yang tepat bisa memberi banyak keuntungan apalagi jika konten tersebut untuk kepentingan bisnis atau marketing. Maka dari itu penting untuk memahami dan melakukan tips membuat konten TikTok

Itulah mengapa Anda juga sebaiknya memahami cara penentuan waktu post terbaik di TikTok. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa menentukan waktu tersebut.  

1. Ubah atau Buat Akun TikTok Menjadi Akun Pro

switch-pro-tiktok-dreambox

Pertama-tama, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk membuat atau mengubah akun TikTok menjadi akun Pro atau Business Account. Ini dilakukan agar Anda bisa mengakses fitur analytics yang disediakan oleh TikTok. 

Caranya sangat mudah, tinggal klik saja Settings and Privacy kemudian pilih Manage Account. Jika sudah masuk ke menu tersebut, langsung saja pilih opsi Switch to Business Account. 

2. Jelajahi Dashboard TikTok Analytic Anda

Langkah berikutnya, cobalah untuk menjelajahi dashboard di TikTok analytics. Jika sudah berhasil mengaktifkan akun pro atau business account, maka Anda akan mendapat akses ke laman analytics tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan situs Tiktok Creative Center untuk hasil yang lebih baik dalam analisis.

Langsung klik saja opsi Creator Tools kemudian pilih menu Analytics. Di sinilah Anda akan menemukan banyak sekali insight mengenai akun juga followers yang ada. Dari sini pula Anda bisa mendapatkan data mengenai average watch time, total likes, total views, dan lain sebagainya. 

3. Temukan Data Terkait Lokasi Teratas Audience dan Follower Anda

Analitik-dreambox

Demi mengetahui kapan waktu yang paling tepat untuk post di TikTok, maka Anda harus mengenal followers atau audiens Anda. Jadi pastikan untuk mencari data-data terkait lokasi teratas dari para audiens atau followers

Data ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk menyimpulkan kapan waktu terbanyak audiens mengakses TikTok. Hal ini nantinya bisa membantu Anda untuk menemukan waktu terbaik mengunggah konten marketing di TikTok. 

4. Periksa Data Kapan Follower Anda Aktif

Selain itu cobalah untuk memeriksa data mengenai kapan saja waktu dimana followers Anda aktif di TikTok. Data ini tentu akan sangat membantu untuk menentukan kapan waktu terbaik mengunggah konten. 

Unggahlah konten TikTok di saat waktu puncak followers Anda paling aktif. Itu merupakan waktu dimana konten Anda akan mendapatkan visibilitas yang tinggi dan lebih efektif apalagi jika dipakai untuk marketing

5. Pelajari Semua Pola Audience yang Anda Temukan

Setelah melakukan riset dan melihat data-data dari fitur analytics tadi, Anda bisa mempelajari semuanya terlebih dahulu. Semua data tersebut akan membentuk pola audience yang bisa Anda simpulkan agar dapat menentukan jadwal posting terbaik.

Gunakan data-data tersebut untuk dijadikan sebagai kata kunci yang tepat untuk memaksimalkan SEO di Tiktok Anda. Pelajari Panduan Terperinci mengenai SEO TikTok bersama Dreambox!

6. Buatlah Sebuah Tracking File

Tidak ada salahnya untuk membuat sebuah tracking file. Tracking file ini dipakai untuk mencatat seperti apa aktivitas para audiens dan followers serta merekam efektivitas konten di jam-jam yang berbeda. Jadi melalui tracking file ini Anda bisa mengetahui pola dan menyimpulkan waktu posting yang paling efektif. 

Apakah Waktu Jadwal Post TikTok Terbaik Itu Penting?

TikTok memang menjadi platform media sosial yang sangat ramai. Hal ini membuat para marketer tertarik untuk menjadikan TikTok sebagai media marketing yang efektif. Namun sama halnya seperti platform yang lain, ada banyak hal yang harus diperhatikan. 

Tidak hanya jenis konten yang diunggah, namun waktu untuk mengunggah konten tersebut juga sangat penting. Bayangkan saja jika Anda mengunggah konten di waktu yang tidak tepat dan ternyata konten tersebut tidak dilihat oleh banyak orang. 

Tentu kondisi ini akan sangat merugikan Anda sebagai marketer. Lebih baik pilih waktu posting yang tepat agar konten tersebut dilihat oleh banyak orang dan memberikan hasil yang jauh lebih optimal. 

Setelah menemukan pola jadwal post TikTok yang tepat, Anda akan lebih mudah menguasai platform ini. Tak ada salahnya untuk menggunakan layanan digital marketing dari Dreambox agar hal ini bisa berjalan lebih efektif. Hubungi tim Dreambox di sini untuk melakukan konsultasi lebih jauh. 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms