...

Pancing Penonton! Ini 10 Taktik Sukseskan TikTok LIVE 2024

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
tiktok-live-dreambox

Strategi TikTok Live untuk Pertumbuhan Optimal

Saat ini, TikTok menjadi media sosial yang semakin populer dan digandrungi masyarakat dari berbagai kalangan. Popularitas tersebut membuat media sosial yang satu ini dapat menjadi media pemasaran digital yang sangat bagus. Khususnya dengan melakukan TikTok LIVE atau mengadakan siaran langsung melalui akun TikTok.

Jika Anda tertarik untuk melakukan siaran langsung ini, maka sebaiknya buatlah perencanaan yang matang agar hasilnya bisa optimal. Jika ingin siaran tersebut mendapatkan banyak penonton, maka ada berbagai taktik atau strategi yang bisa Anda terapkan, intip selengkapnya melalui artikel ini!

10 Taktik untuk TikTok LIVE Banjir Penonton

strategi-live-tiktok-dreambox

Ketika akan melakukan siaran langsung di TikTok, tentunya ada tujuan atau target yang ingin dicapai. Misalnya, ingin meningkatkan penjualan produk, melakukan branding bisnis, meningkatkan followers.

Target tersebut dapat lebih mudah untuk dicapai jika siaran langsung Anda ditonton oleh banyak orang. Maka dari itu, dibutuhkan berbagai taktik yang tepat supaya bisa memancing penonton siaran langsung. Berikut adalah taktik atau strategi yang bisa Anda lakukan:

1. Lakukan Perencanaan Matang

Hal pertama yang penting untuk Anda lakukan yaitu melakukan perencanaan LIVE secara matang. Usahakan untuk tidak melakukan siaran secara asal-asalan atau ala kadarnya, karena bisa jadi membuat siaran menjadi kurang menarik.

Sebaiknya, buatlah perencanaan konten dan alur terlebih dahulu. Persiapkan dengan baik, segmen apa yang akan dilakukan dan topik apa yang akan dibahas. Anda juga bisa membuat naskah teks atau skrip terlebih dahulu, sehingga dapat meminimalisir adanya kesalahan dalam penyampaian informasi.

Perencanaan ini menjadi penting, terlebih untuk Anda yang masih belum terlalu berpengalaman dalam melakukan siaran langsung. Dibandingkan dengan melakukan improvisasi secara keseluruhan, persiapan sejenis ini akan membuat konten dan alur akan lebih terkontrol.

2. Perhatikan Durasi TikTok LIVE

Masih tentang perencanaan, hal penting selanjutnya yang sebaiknya Anda perhatikan yaitu durasi dari siaran langsung yang akan dilakukan. Jika Anda melakukan siaran terlalu lama, mungkin saja akan membuat Anda atau pembicaranya menjadi kelelahan. Namun, jika durasi terlalu singkat, maka bisa saja target atau tujuan siaran masih belum tercapai.

Maka dari itu, penting untuk menentukan durasi siaran yang tepat, misalnya sepanjang satu jam. Durasi ini juga dapat disesuaikan dengan isi segmen dan tujuan yang diharapkan dari siaran.

3. Buatlah Judul dan Cover TikTok LIVE yang Menarik!

Judul adalah hal yang langsung terlihat oleh audiens, sehingga hal ini penting untuk menjadi perhatian. Jika Anda bisa membuat judul yang menarik dan unik, maka itu dapat memancing lebih banyak penonton. Namun, pastikan judul tersebut tetap sesuai dengan isi konten siaran, supaya penonton tidak merasa tertipu!

Selain judul, ciptakan cover yang menarik, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk menonton. Memasukkan berbagai hashtag atau tagar yang populer dan relevan juga bisa menjadi taktik yang bagus untuk memperluas jangkauan siaran TikTok.

4. Lakukan TikTok LIVE ketika Primetime

Selanjutnya, pastikan Anda memilih waktu yang tepat untuk melakukan siaran. Sebab, ini sangat berpengaruh terhadap jumlah penonton. Biasanya, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk membuka TikTok kapanpun mereka inginkan, karena bisa saja ada rutinitas atau kesibukan lain yang tidak bisa ditinggal.

Jika Anda melakukan siaran pada jam sibuk, maka hal ini bisa saja membuat penonton siaran cenderung menjadi lebih sedikit. Anda dapat menggunakan berbagai tools analisis jika ingin mencari tahu kapan waktu yang paling tepat untuk memulai siaran, atau waktu ketika paling banyak pengguna membuka akun TikTok.

5. Pastikan Tempat dan Alat Sudah Disiapkan dengan Baik

Ketika melakukan siaran langsung, pastikan Anda telah mempersiapkan tempat dan alat yang memadai. Pilih tempat yang nyaman untuk melakukan siaran, pastikan terlihat rapi dan tidak berisik.

Pencahayaan juga perlu diperhatikan dalam hal ini. Jika pencahayaan alami dirasa kurang, maka Anda bisa memakai alat pencahayaan tambahan.

Selanjutnya, pastikan berbagai alat LIVE telah disiapkan dengan baik. Cek apakah baterai telah terisi penuh, sehingga tidak panik karena kehabisan baterai di tengah siaran.

Perhatikan juga kapasitas memorinya memadai untuk melakukan siaran, serta siapkan juga berbagai alat pendukung lainnya jika diperlukan.

6. Pilih Moderator yang Andal dan Terkenal

Jika Anda bisa memilih moderator yang terkenal, maka siaran Anda akan lebih menarik untuk ditonton. Pastikan juga moderator tersebut ramah kepada penonton, sehingga penonton pun merasa semakin nyaman untuk tetap menonton.

Namun, jika tidak bisa memilih moderator terkenal, pilihlah moderator yang memiliki kemampuan baik untuk memandu jalannya siaran. Usahakan untuk tidak memilih moderator secara asal-asalan atau ala kadarnya.

7. Ajak Follower untuk LIVE Bersama

Anda juga bisa mengajak follower untuk melakukan siaran langsung bersama. Ajaklah mereka untuk mendiskusikan atau berbincang santai tentang topik tertentu.

Adanya interaksi seperti ini dapat membuat Anda lebih mudah meningkatkan engagement. Jika bisa membawa alur pembicaraan dengan menarik, maka Anda pun bisa memancing lebih banyak penonton.

8. Lakukan Promosi sebelum LIVE

Supaya siaran langsung Anda bisa banjir pengunjung, maka usahakan untuk mempromosikannya terlebih dahulu. Anda bisa membuat kontena atau video promosi untuk mengundang penonton. Pastikan mereka tahu kapan Anda akan melakukan siaran langsung, sehingga dapat meluangkan waktu untuk menontonnya.

Akan lebih baik lagi jika video promosi tersebut bisa muncul di FYP atau For You Page. Dengan begitu, maka akan lebih banyak pengguna yang mengetahui informasi siaran tersebut.

9. Kolaborasi dengan Influencer

Taktik yang cukup populer dalam digital marketing yaitu dengan melakukan kolaborasi. Hal ini juga bisa Anda terapkan ketika melakukan siaran langsung di TikTok.

Jika Anda melakukan kolaborasi dengan influencer, maka siaran langsung akan tampak semakin menarik dan lebih mudah untuk dibanjiri penonton. Para penggemar dari influencer tersebut bisa saja sangat antusias untuk menonton siaran Anda.

Taktik ini akan lebih efektif jika influencer yang dipilih masih berhubungan dengan brand atau tujuan dari siaran Anda. Misalnya, ketika akan mempromosikan produk kecantikan, maka akan sangat cocok jika mengundang influencer yang selaras.

10. Lakukan Sesi QnA Saat Live Tiktok

Taktik selanjutnya saat melakukan TikTok LIVE yaitu dengan melakukan QnA atau sesi tanya jawab.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan sesi ini. Misalnya, Anda bisa memancing penonton untuk bertanya melalui kolom komentar, lalu menjawabnya dengan menyebutkan username-nya sehingga penonton pun akan semakin merasa diperhatikan.

Anda juga bisa membuat segmen khusus untuk melakukan QnA. Dengan begitu, penonton bisa menyiapkan pertanyaan terlebih dahulu dan menyampaikannya dengan lebih leluasa ketika sesi tersebut dimulai.

Itulah berbagai taktik yang bisa Anda gunakan untuk memancing penonton ketika siaran langsung di platform TikTok. Untuk mendapatkan hasil pemasaran digital yang maksimal, tentu saja dibutuhkan berbagai usaha dan taktik yang tepat.

Namun, mungkin saja sebagian dari Anda masih merasa kesulitan untuk mengoptimalkan berbagai taktik di atas. Tenang saja, jika memang demikian, Anda bisa juga memanfaatkan layanan digital marketing supaya tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Andalkan layanan digital marketing dari Dreambox demi sukseskan TikTok LIVE Anda! Dengan memanfaatkan layanan ini, maka Anda dapat lebih mudah untuk mendapat lebih banyak penonton di berbagai siaran langsung. Silakan hubungi tim kami di sini untuk berbagai informasi lebih lengkap tentang layanan pemasaran ini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms