...

5 Cara FYP di TikTok 2023: Siap-siap Viral Ya!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-fyp-di-tiktok-dreambox

Ini 5 tips jitu cara FYP di TikTok

Para pelaku bisnis kini mulai merambah TikTok sebagai media marketing karena memang efektivitasnya cukup tinggi. Hanya saja mereka harus memahami cara FYP di TikTok agar konten promosi bisa viral. Jika sudah viral, maka produk yang dipromosikan tadi bisa dikenal lebih banyak orang. 

Tidak hanya untuk promosi produk, TikTok juga bisa dipakai sebagai media personal branding. Sama halnya seperti promosi produk tadi, Anda juga harus berusaha FYP agar strategi personal branding berhasil. Yuk, cari tahu seperti apa cara agar konten di TikTok bisa FYP!

Cara FYP di TikTok: Apa Itu FYP?

Supaya bisa tahu strategi FYP di TikTok, maka Anda harus paham dulu sebenarnya apa itu FYP. FYP adalah singkatan dari For You Page. Ini merupakan halaman rekomendasi yang muncul pertama kali saat Anda membuka TikTok. 

Logikanya mudah, halaman pertama yang muncul ini akan menjadi pusat perhatian bagi pengguna TikTok. Artinya, konten-konten yang berada di halaman tersebut sudah pasti akan dilihat. Jika konten Anda masuk FYP, berarti orang-orang bisa melihat konten Anda dan jadi viral. 

Di halaman FYP terdapat banyak sekali video konten yang menarik untuk ditonton. Perlu diketahui bahwa tidak semua video di TikTok bisa masuk FYP. Hanya konten-konten tertentu saja yang akan masuk ke laman FYP ini. 

Ada dua jenis halaman yang bisa Anda jumpai di TikTok yaitu halaman Following dan FYP. Di laman Following, Anda bisa melihat video-video dari pengguna yang Anda ikuti. Sementara itu di laman FYP Anda bisa melihat video konten dari semua pengguna TikTok bahkan yang tidak diikuti sekalipun. 

FYP di TikTok menerapkan sistem popularitas. Konten-konten yang populer akan muncul di FYP sesuai dengan minat si pengguna atau si pemilik akun TikTok tersebut. Misalnya, pengguna sering mengakses konten make up maka video yang keluar di FYP sebagian besar berhubungan dengan tema tersebut. 

Namun seringkali FYP ini juga menerapkan algoritma yang sulit dipahami. Jadi memang harus paham betul cara FYP di TikTok supaya bisa menembus algoritma tersebut. 

Sudah jelas kalau konten Anda bisa masuk FYP, maka akan meningkatkan tiktok viewer Anda. Hal ini disebabkan oleh jangkauan penonton yang jauh lebih luas bahkan di antara orang-orang yang tidak Anda ikuti atau mengikuti Anda.  

Strategi Supaya Bisa FYP

Anda pasti tahu kalau pengguna TikTok saat ini begitu banyak. Artinya, persaingan konten-konten video di TikTok juga begitu ketat. Itulah mengapa tembus FYP bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. 

Meskipun tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin. Anda tetap bisa masuk ke FYP dengan strategi khusus. Berikut adalah beberapa cara FYP di TikTok yang bisa Anda coba:

1. Unggah Video saat Prime Time

Strategi yang pertama, cobalah untuk mengunggah video konten saat prime time atau saat jam ramai. Ini merupakan waktu dimana sebagian besar pemilik akun akan mengakses TikTok. 

Semakin banyak pengguna yang mengakses TikTok, maka akan semakin besar peluang masuk ke FYP. Jadi lebih baik jangan asal mengunggah konten tapi perhitungkan baik-baik kapan waktu yang tepat. 

Ada beberapa waktu yang masuk kategori prime time di TikTok. Pada siang hari, jam-jam ramai terletak di pukul 12.00-13.00 WIB. Sementara itu untuk sore hari ada di pukul 16.00-17.00 WIB. Di malam hari masih ada kategori prime time yaitu di pukul 19.00-23.00 WIB. 

2. Buatlah Konten yang Bagus

Tentu kunci penting agar bisa masuk FYP dan menjadi viral adalah kualitas konten. Percuma saja berusaha mengunggah saat prime time jika konten yang diunggah saja tidak berkualitas. 

Cobalah untuk membuat materi konten yang bagus dan bisa meningkatkan brand engagement. Dalam hal ini Anda harus berusaha untuk menyesuaikan dengan niche yang Anda angkat. Jika perlu Anda juga bisa melakukan riset untuk mengetahui konten seperti apa yang sedang diminati. 

Selain isi kontennya harus menarik, Anda juga harus memastikan bahwa kualitas video yang diunggah cukup bagus. Jika kualitas videonya buruk maka orang-orang juga pasti akan malas untuk menontonnya. 

Jangan lupa, tambahkan sound yang menarik karena ini menjadi salah satu kekuatan sebuah konten TikTok. Pilih sound yang sedang viral dan sesuai dengan konten Anda sehingga membuat orang senang melihatnya. 

3. Tuliskan Caption yang Bagus

Cara FYP di TikTok berikutnya adalah tuliskan caption yang bagus dan menarik. Caption merupakan kutipan atau tulisan yang ada di bagian bawah video. Caption ini juga menjadi keterangan yang bisa Anda berikan bagi para penikmat video tersebut. 

Caption yang menarik akan membuat para pengguna TikTok penasaran dengan konten yang ditampilkan. Selain itu caption ini juga akan memancing adanya interaksi dengan pengguna TikTok yang lain. 

Anda harus tahu kalau tingkat interaksi ikut berpengaruh pada popularitas konten. Semakin tinggi interaksinya maka akan semakin populer dan peluang masuk FYP juga akan semakin besar. 

Tidak heran kalau saat ini ada banyak pengguna TikTok yang mengunggah konten dengan caption pertanyaan. Tujuannya supaya pengguna lain yang melihat konten tersebut menjawab pertanyaan tadi dan interaksi jadi meningkat. 

Jangan lupa, tambahkan juga hashtag di kolom caption Anda. Gunakan hashtag yang sesuai dengan isi konten agar lebih mudah dicari dan relevan sehingga tidak mengecewakan penonton. 

4. Lakukan Kolaborasi

Salah satu cara FYP di TikTok yang dinilai efektif adalah dengan melakukan kolaborasi. Konten kolaborasi bisa membantu meningkatkan engagement dan popularitas di kalangan pengguna TikTok lainnya. 

Namun, pastikan dulu konten kolaborasi tersebut cukup menarik dan menghibur. Pertama-tama, Anda bisa pilih dulu siapa kreator TikTok yang ingin diajak kolaborasi. Pastikan teman kolaborasi Anda punya niche yang sesuai dan memang bisa diajak untuk membuat konten berkualitas. 

Lebih bagus lagi jika Anda bisa mengajak kreator yang sudah lebih dulu populer di TikTok. Ini akan membantu mendongkrak engagement dan membuat konten Anda dinikmati oleh lebih banyak orang. 

5. Cobalah Mengikuti Tren

Sangatlah penting untuk terus mengikuti tren jika ingin populer di media sosial. Apalagi ini adalah TikTok yang trennya terus berubah dan sekalinya tren langsung populer dimana-mana. 

Jika Anda bisa mengunggah konten dengan tema atau topik yang sedang tren, maka peluang FYP bisa jadi lebih besar. Konten tersebut secara otomatis akan mendapatkan lebih banyak peminat. Jumlah peminat yang banyak inilah yang nantinya akan membantu Anda jadi FYP. 

Itulah mengapa sangat penting untuk mengakses konten-konten di TikTok secara rutin. Anda harus update supaya tahu tren apa yang sedang berlangsung saat ini dan konten seperti apa yang bisa sesuai dengan tren tersebut. 

Cobalah untuk menerapkan beberapa cara FYP di TikTok tadi agar semakin populer. Jika Anda merasa kesulitan, percayakan saja pada Dreambox. Dreambox memiliki layanan digital social media management yang siap membantu Anda membuat konten, mempublikasikan konten, dan menganalisis konten tersebut secara efektif.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms