Pelajari Fungsi Hashtag dan Cara Penggunaannya

Digital Marketing

Fungsi hashtag memberikan berbagai keuntungan dalam postingan Anda.

Dalam dunia pemasaran, ternyata fungsi hashtag pada akhir postingan bukan hanya untuk menandakan kategori produk. Jika orang mencari tanda tagar sesuai produk bisnis Anda, maka dengan sendirinya postingan tersebut bisa lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Hashtag atau tanda tagar seperti ini # digunakan oleh Chris Messina untuk pertama kali di platform media sosial Twitter. Untuk pertama kali dicetuskan Messina pada tahun 2007 sebagai tanda seseorang sedang membahas satu topik tertentu di Twitter.

Baca Juga: 5 Digital Marketing Skill yang Dapat Anda Terapkan Dalam Berbisnis

Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata penggunaan tagar ini tidak hanya sebatas menyebar luas di Twitter, namun juga berbagai media sosial lainnya. Dari awalnya digunakan untuk menandakan topik pembicaraan sampai akhirnya berguna sebagai penunjang bisnis. Semakin sesuai isi tagar dengan topik yang Anda tulis maka semakin besar engagement yang bisa didapatkan dari beriklan di media sosial. Anda bisa melihat topik trending apa yang sedang ramai dibicarakan melalui penggunaan tanda pagar paling banyak di media sosial tertentu.

Begini Tanda Pagar Bekerja pada Twitter

Menyelidiki Twitter sebagai platform media sosial pertama yang mempopulerkan tagar, penyematan simbol ini membuat orang menemukan topik sesuai pencarian. Setiap hari Twitter akan mengklasifikasikan trending topic obrolan sesuai dengan penyematan hashtag. Untuk lebih banyak mengetahui fungsi hashtag di Twitter, Anda bisa memantaunya dari beberapa kolom berikut:

  1. Top adalah juara dari semua obrolan di Twitter dan biasanya pemenangnya adalah brand ternama.
  2. Latest merupakan update terbaru, dimana setiap orang menyematkan tagar dalam waktu paling dekat. Contoh, tweet sedetik, dua detik, tiga detik lalu akan muncul paling atas.
  3. People merupakan koneksi ke akun beberapa pengguna Twitter yang sesuai dengan pencarian hashtag.
  4. Photos adalah kolom dimana seseorang mendapatkan pembaruan tweet berdasarkan update foto yang diunggah berikut penyematan tagar.
  5. Videos tidak jauh berbeda dengan Photos, hanya saja kontennya berbentuk video, bukan foto.

Seiring waktu berjalan, fungsi hashtag tidak hanya digunakan oleh Twitter, namun juga sebagai sarana menaikkan engagement di berbagai media sosial lainnya. Bahkan sekarang sudah banyak platform penulisan turut memanfaatkan hashtag untuk menarik pembaca.

Begini Tanda Pagar Bekerja pada Instagram

Seiring senada dengan Twitter, Instagram juga merupakan salah satu media sosial yang engagementnya bisa naik dengan penyematan tagar. Ketika seseorang menuliskan kata kunci dengan sebelumnya disematkan tanda pagar maka akan muncul postingan sesuai topik tertentu Sementara kelima poin di atas menunjukkan bagaimana hashtag bekerja pada Twitter, maka berikut ini menjabarkan seperti apa tagar bekerja pada Instagram:

  1. Related hashtag merupakan kolom pembicaraan yang akan menampilkan berbagai hashtag sesuai pencarian.
  2. Top post adalah hasil pembicaraan mengenai topik dalam tanda pagar paling banyak di Instagram. Salah satu fungsi hashtag ialah memastikan bahwa Anda meriset kata kunci secara tepat.
  3. Most recent tidak jauh berbeda dengan kolom Latest pada Twitter, dimana Anda bisa menemukan postingan terbaru sebuah akun melalui penggunaan tagar.

Sekarang ini Instagram bukan hanya berguna untuk melakukan komunikasi dan posting kegiatan maupun hal menarik lainnya. Seiring banyaknya fitur berkembang, banyak orang mulai menjadi kreator konten atau mengembangkan bisnis di media sosial Instagram. Ambil contoh, reels sebagai salah satu fitur terbaru dimana Anda bisa mengunggah konten dengan penyematan musik dan juga tagar. Semakin tepat pelengkap postingan disematkan maka semakin besar peluang postingan dilihat banyak orang.

Fungsi Penggunaan Hashtag pada Postingan

Setelah mengetahui seperti apa tagar bekerja pada kedua media sosial tersebut, selanjutnya kami akan membawa kamu memahami apa saja fungsi hashtag dalam setiap postingan:

1. Meningkatkan Engagement

Semakin sesuai topik setelah tagar diposting maka semakin tinggi pula engagement bisa diciptakan. Ketika engagement semakin luas maka peluang mendapatkan like, share, komentar, sampai followers bisa semakin bertambah tanpa membeli followers palsu.

2. Branding Bisnis

Secara sadar, Anda juga sedang melakukan branding bisnis melalui postingan di media sosial. Konsisten menggunakan tagar tertentu akan membuat orang selalu diarahkan membaca postingan Anda, selanjutnya bisa terarah secara otomatis melihat profil akun medsos Anda.

3. Mendukung Suatu Hal

Fungsi hashtag lainnya adalah memberikan dukungan untuk permasalahan sosial yang sedang trending. Contoh, dalam memperingati Hari Buruh, banyak orang menggunakan tagar #MayDay untuk mengusut tuntas kasus Marsinah beberapa tahun silam.

4. Memperluas Pembahasan

Postingan di Twitter maupun Instagram terbatas jumlah karakter. Anda bisa memperluas jangkauan pembahasan melalui penambahan tagar. Dengan begitu, orang tahu dan semakin yakin kemana arah pembicaraan Anda di Twitter maupun Instagram.

5. Meningkatkan Followers

Jika Anda seorang konten kreator baru dan ingin meningkatkan pengikut secara alami maka bisa menggunakan tagar sesuai postingan. Tips meningkatkannya bisa dengan mencari topik paling trending dan membuat postingan sesuai update pembicaraan terupdate tersebut.

6. Menandai Lokasi

Apabila tanda pagar berisi sebuah lokasi maka lebih mudah bagi siapapun untuk menemukan lokasi terkait. Misal, seseorang ingin mencari makan di daerah Bandung, maka tagar yang digunakan adalah #kulinerbandung. Fungsi hashtag sudah pasti meningkatkan audiens.

7. Mempermudah Pencarian

Terakhir, manfaat dari penggunaan tagar adalah memberikan bantuan kepada pengguna untuk mencari postingan sesuai brand tertentu. Manfaat ini bukan hanya berguna untuk pembuat konten, namun juga bagi seseorang yang membutuhkan referensi tertentu.

Selebihnya fungsi hashtag lain dapat Anda rasakan sendiri secara lebih spesifik ketika menggunakan tagar secara langsung. Biasanya bergabung dengan hashtag terpopuler memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pengguna lain, meskipun bukan pengikut.

Tips Menggunakan Tanda Pagar #

Tanda pagar bukan hanya sekedar digunakan untuk melengkapi postingan. Anda tentu memiliki tujuan agar postingan mempengaruhi lebih banyak orang. Untuk itu, simak berbagai tips penyematan tagar secara tepat berikut ini:

  1. Pantau penggunaan tanda pagar oleh pesaing dalam bidang bisnis sejenis. Ini bukan berarti Anda mencontek, namun sedang melakukan riset keterlibatan tagar dalam bisnis serupa.
  2. Dari sekian banyak hashtag yang digunakan, tentukan beberapa saja asalkan sesuai dengan merek dan jenis usaha yang dijalankan.
  3. Jika postingan sudah diupdate, selanjutnya lakukan pemantauan postingan mana paling banyak menarik audiens setelah menggunakan tagar.

Banyak orang menggunakan tagar untuk berbagai tujuan, ada juga karena iseng belaka. Namun, ternyata keisengan tersebut tidak menjadi alasan semua pengguna media sosial. Ada pula pengguna akun dengan tujuan meningkatkan jumlah pelanggan dari internet.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Digital Marketing dalam Berbisnis

Setelah mengetahui fungsi hashtag secara utuh, kini Anda bisa memasukkan tanda pagar dengan pilihan topik sesuai postingan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.