8 Tips Jitu agar Company Video Masuk YouTube Trending 2024

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Youtube-Trending-Dreambox

Strategi YouTube: Masuk ke Trending dengan Cerdas!

Apakah Anda adalah seorang digital marketer atau content creator yang ingin memanfaatkan YouTube sebagai strategi utama untuk mengembangkan bisnis dan pendapatan? Jika demikian, Anda perlu mempertimbangkan strategi untuk masuk ke kolom YouTube trending.

Pasalnya, daftar video trending di YouTube dapat menghasilkan eksposur luar biasa dan pertumbuhan yang signifikan bagi brand. Namun di sisi lain, upaya untuk masuk ke dalam daftar trending di YouTube bukanlah tugas yang mudah.

Bahkan bagi channel besar sekalipun, seringkali sulit untuk menempatkan video mereka di kolom trending. Karena itu, upayakan untuk menerapkan tips dan strategi jitu yang bisa membuat video Anda masuk ke daftar ini!

Catat! Kriteria Video Untuk Trending di YouTube 

Sebelum mulai membahas tips untuk masuk kolom trending Youtube, apakah Anda sudah benar memahami apa itu dan seperti apa sistem kerjanya? Secara sederhana, kolom trending di Youtube adalah tempat pengguna menemukan video yang sedang populer di platform ini.

Pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya hanya dengan cara mengklik tab Trending” di halaman beranda YouTube. Menariknya lagi, siapa saja bisa membuka tab tersebut meskipun tidak login atau belum punya akun. Jadi, ini adalah sumber eksposur yang sangat potensial.

Sementara itu, laman resmi YouTube Help dari Google menyebutkan beberapa kategori yang menentukan apakah suatu video bisa masuk ke daftar Youtube trending atau tidak. Di antaranya:

1. Menarik Perhatian Segmen Penonton Secara Luas 

Video yang berhasil masuk ke daftar YouTube trending mampu menarik perhatian berbagai kelompok penonton. Kontennya harus relevan dan dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin orang, sehingga memiliki daya tarik yang luas.

2. Tidak Menyesatkan, Clickbait, atau Sensasional 

YouTube menempatkan penekanan pada integritas konten dengan mengecualikan video yang bersifat menyesatkan, clickbait, atau sensasional. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman menonton yang jujur dan informatif bagi pengguna.

3. Memuat Peristiwa Terikini dari Seluruh Dunia

Video yang mencerminkan peristiwa terkini, baik di platform YouTube maupun di seluruh dunia, memiliki potensi untuk masuk ke dalam daftar trending. Pengguna YouTube cenderung tertarik pada konten yang relevan dengan tren terkini.

4. Menunjukkan Kreator yang Beragam (Diversity of Creators)

YouTube mendorong keberagaman kreator, dan video yang menampilkan kreator dari berbagai latar belakang memiliki peluang lebih besar untuk menjadi trending. Ini menciptakan ruang yang inklusif dan memberikan platform kepada berbagai suara dan perspektif.

5. Berisi Konten Dengan Ide yang Fresh dan Terbaru

Video yang memiliki unsur kejutan atau kebaruan cenderung menarik perhatian penonton. Konten yang inovatif, kreatif, atau memberikan pengalaman baru memiliki potensi untuk menjadi viral dan menduduki posisi trending di YouTube.

8 Tips untuk Masuk YouTube Trending

Indikator teknis seperti jumlah tayangan (views), kecepatan menaikkan views, sumber views, usia video, hingga perbandingan performanya dengan video terbaru lain dari channel yang sama juga ikut mempengaruhi. Dari indikator tersebut, ini dia beberapa tips masuk trending:

1. Ciptakan Video dengan Durasi 8-10 Menit

Sebuah riset menunjukkan bahwa video berdurasi 8 hingga 10 menit memiliki daya tarik yang kuat dalam mencapai trending. Alasannya, algoritma YouTube memberikan perhatian khusus pada video dengan durasi ini.

Sebab, video panjang memberi lebih banyak waktu untuk menjelaskan topik secara lebih dalam. Namun selain membuat video berdurasi panjang, Anda juga harus memastikan bahwa konten dalam video tersebut tetap menarik dan bermanfaat.

2. Promosikan Video dengan Cepat

Ketika mengunggah video baru, penting untuk melakukan promosi secepat mungkin. Mengapa? Karena YouTube menghitung jumlah penonton selama 48-72 jam pertama setelah video diunggah sebagai faktor penentu penting dalam YouTube trending.

Semakin banyak jumlah penonton yang didapatkan dalam waktu singkat, semakin besar peluang video Anda untuk masuk ke kolom trending. Contoh cara promosinya bisa melalui platform media sosial, blog pribadi, YouTube Ads, dan lain sebagainya.

Ini adalah kesempatan yang baik bagi Anda untuk memanfaatkan basis penggemar loyal seperti followers atau subscribers dan meminta mereka untuk membantu membagikan video tersebut sebagai langkah promosi.

3. Tentukan Niche Channel yang Spesifik

Salah satu strategi efektif yang dapat membantu mencapai trending adalah dengan menentukan niche khusus untuk channel YouTube Anda. Ini berarti, setiap kreator sebaiknya berfokus pada pembuatan satu jenis konten dengan topik yang spesifik.

Sebagai contoh jika channel tersebut berfokus pada genre horor, cobalah untuk tetap konsisten dalam menciptakan konten horor. Mengapa ini penting? Karena dengan menentukan niche, Anda dapat menarik audiens yang memiliki minat spesifik.

Artinya, mereka akan berkunjung ke channel Anda karena memang tertarik pada topik yang ditawarkan. Ini bisa meningkatkan loyalitas audiens, yang pada akhirnya dapat membantu untuk bersaing dengan channel-channel lain yang lebih besar.

4. Tentukan Brand Image Channel

Selain menentukan niche khusus, memiliki brand image yang konsisten untuk channel Anda juga sangat penting untuk mencapai YouTube trending. Ini mencakup jenis konten yang diciptakan, gaya penyuntingan video, hingga profil channel.

Dengan membangun image yang kuat, penonton akan tahu apa yang diharapkan dari video Anda. Mereka akan tahu apa saja yang ditawarkan dan apa yang disampaikan. Ini juga bisa membantu menarik penonton yang relevan dengan konten Anda.

5. Optimalkan Metadata Video

Optimasi metadata adalah langkah penting dalam memastikan video Anda ditemukan oleh penonton yang relevan. Metadata ini mencakup deskripsi konten, judul video, hingga tag yang Anda gunakan.

Contoh ketika membuat deskripsi video, pastikan isinya berupa ringkasan menarik tentang apa yang penonton akan temukan di video Anda. Deskripsi ini harus memberi tahu penonton apa yang mereka dapatkan dari video dan mengapa itu layak ditonton.

Judul video juga harus relevan dan menarik, sebab ini adalah elemen yang pertama kali dilihat oleh penonton saat mencari video di YouTube. Terakhir, tag adalah kata kunci yang membantu YouTube dan penonton memahami topik video Anda.

6. Buat Thumbnail yang Menarik

Thumbnail video adalah gambar yang pertama kali dilihat oleh penonton potensial saat mereka menjelajahi YouTube. Oleh karena itu, memiliki thumbnail yang menarik sangat penting untuk membantu mencapai Youtube trending.

Semakin menarik gambar pada thumbnail, semakin tertarik pula orang untuk klik video tersebut. Namun, pastikan juga gambarnya tetap relevan dengan konten video Anda dan hindari membuat thumbnail yang menyesatkan atau bersifat clickbait.

Biasanya, YouTuber besar menyertakan cuplikan atau tangkapan layar menarik dari video tersebut sebagai thumbnail. Sehingga, ini dapat membantu memberi penonton gambaran tentang apa yang akan mereka saksikan.

7. Unggah Video secara Konsisten

Hootsuite menyebut bahwa mengunggah video secara konsisten adalah salah satu langkah yang efektif untuk membuat video Anda cepat mencapai trending. Mengapa demikian?

Karena dengan mengunggah video secara rutin, artinya kreator tersebut bisa membangun ekspektasi dan loyalitas dari penonton. Sehingga, penonton tahu kapan mereka bisa mendapatkan video baru dari channel tersebut.

Selain itu dengan mengunggah video secara konsisten, Anda juga dapat meningkatkan jumlah penonton secara keseluruhan. Ini karena penonton tahu bahwa mereka akan mendapatkan konten berkualitas dari Anda secara berkala.

8. Berikan CTA pada Akhir Video

CTA atau Call to Action adalah kata-kata berupa ajakan yang mendorong penonton untuk berinteraksi lebih lanjut dengan video Anda. Ini bisa berupa permintaan untuk memberikan like, subscribe (berlangganan) channel, atau meninggalkan komentar.

CTA ini sangat penting dalam mengoptimalkan engagement dalam video. Apalagi, jumlah like dan komentar adalah dua faktor penting yang mempengaruhi apakah suatu video akan mencapai trending atau tidak.

Semakin banyak engagement yang Anda dapatkan, semakin besar peluang video tersebut akan populer di platform ini. Selain itu, CTA juga bisa membuat penonton merasa terlibat dengan video Anda dan tertarik untuk menonton konten lainnya.

Selain menerapkan 8 strategi jitu di atas, Anda bisa menggunakan layanan digital marketing dari Dreambox untuk membantu company video Anda masuk ke YouTube trending. Hubungi kami untuk dapatkan informasi selengkapnya!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms