...

20 Jenis AI Marketing di 2024 dan Tujuan Penggunaannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
AI marketing

Terdapat ratusan Artificial Intelligence atau AI marketing yang mengubah bagaimana bisnis melakukan interaksi dengan audiens. Melalui AI, bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran sehingga berkembang dengan efektif.

Artikel ini akan membahas 20 jenis AI terbaik yang bisa mendukung perkembangan bisnis di 2024 sebagai berikut. 

Tujuan Penggunaan AI Marketing

Keberadaan AI digital marketing jadi solusi untuk menyederhanakan proses pengumpulan data dan informasi pemasaran. 

Alat tersebut bisa menyelesaikan apa yang sulit dilakukan secara manual dengan cepat, bahkan dalam skala besar sekalipun. Jadi, Anda bisa mengetahui informasi terkini tentang berbagai hal, misalnya apa yang kompetitor lakukan.  

Keuntungan dan Kerugian AI Marketing

Terdapat berbagai keuntungan dan kerugian dari penggunaan AI pemasaran, yaitu:

Keuntungan AI Pemasaran

  • Menciptakan Efisiensi

Tim marketing bisa lebih efisien dalam melakukan tugas berulang melalui otomatisasi dengan AI. Contoh tugas yang bisa dilakukan AI adalah penilaian prospek untuk memprioritaskan prospek dengan konversi lebih besar.

Anda juga bisa meningkatkan konversi dengan mengetahui tentang retargeting vs remarketing.

  • Memproses Data Pelanggan dengan Akurat dan Cepat

AI pemasaran akan membantu memproses data berbentuk angka untuk kelancaran kampanye pemasaran bisnis. 

Tugas yang bisa AI selesaikan agar tim marketing bisa menyusun strategi mulai dari segmentasi pelanggan, penargetan iklan, hingga personalisasi. 

  • Mengoptimalkan Kampanye Pemasaran

AI untuk marketing juga bisa mengukur kinerja kampanye iklan bisnis. ini membantu pengoptimalan kampanye di masa mendatang serta bisa meningkatkan ROI (Return On Investment) bisnis.

Kerugian AI Pemasaran

  • Privasi Data Terganggu

AI marketing perlu mengumpulkan data prospek serta pelanggan dalam jumlah yang tidak sedikit agar bisa menganalisanya. Ini akan meningkatkan masalah keamanan dan privasi data. Jadi, komunikasikan pada pelanggan mengenai hal ini sebagai transparansi bisnis.

  • Konten Bias dan Kurang Akurat

Output dari AI berisiko bias serta kurang akurat apabila Anda melatihnya menggunakan data yang tidak proporsional. Jadi, audit sistem serta data pada AI secara berkala demi menghindari bias.

  • Minim Kreativitas

AI yang beredar kini dirancang hanya untuk tugas tertentu. Jadi, belum bisa belajar dan berpikir secara mandiri. Ini membuat output kurang kreatif serta tidak intuitif.

Jenis-Jenis AI Marketing dan Fungsinya

Terdapat dua puluh AI berkualitas yang bisa Anda optimalkan berdasarkan fungsi dan fiturnya sebagai berikut:

  • Chat GPT

ChatGPT mahir memahami konteks, lalu menyediakan rekomendasi khusus, serta membimbing pengguna secara real-time.

Beberapa tugas marketing yang bisa ChatGPT lakukan diantaranya:

  • Mendukung Customer Service (CS)
  • Membantu proses email marketing
  • Menjalankan SEO (Search Engine Optimization)
  • Gemini

Gemini merupakan AI milik Google yang bisa menjadi AI digital marketing untuk memudahkan mengolah informasi dalam bentuk teks, gambar, hingga video.

Fungsi Gemini dalam marketing contohnya:

  • Meningkatkan ranking website melalui teknologi NLP (Natural Language Processing) dan algoritma machine learning;
  • Menganalisis kesesuaian konteks iklan untuk SEM (Search Engine Marketing); 
  • Zapier

Selanjutnya, ada Zapier sebagai AI yang bisa mengotomatiskan alur pekerjaan melalui berbagai aplikasi tanpa perlu integrasi manual. Fungsi Zapier contohnya membagikan email newsletter hingga menciptakan bot CS (Customer Support).

  • Jasper AI

Jasper AI adalah alat untuk menulis copy dalam berbagai gaya dan sudut pandang. Topik yang bisa dibuat pun bermacam-macam. Anda bisa menghasilkan copy untuk deskripsi produk pada e-commerce, landing page, kampanye email, hingga blog post.

  • Browse AI

Berikutnya, terdapat Browse AI yang akan melatih bot untuk mengumpulkan data. AI ini juga bisa meniru perilaku manusia untuk menipu Captcha serta perlindungan terhadap bot lainnya. Perusahaan seperti Amazon hingga Adobe menggunakan AI ini.

  • Midjourney

Bila Anda membutuhkan gambar custom dengan cepat, tinggal masukkan teks input ke Midjourney. Hasilnya, Anda akan mendapatkan visualisasi 3D serta CGI dalam waktu 60 detik. 

  • Adobe Fireflies

Alat keluaran Adobe ini mampu menciptakan aset kreatif sebagai modal visual yang mempresentasikan brand bisnis dalam iklan. Adobe Fireflies bisa juga mengubah input teks yang detail menjadi output gambar yang sesuai.

  • Brand24

AI bernama Brand24 akan menjelajahi media sosial, situs berita, serta blog dan forum bisnis. Lalu, AI ini akan menganalisis sentimen agar dapat mengidentifikasi topik emosi dan percakapan pengguna dan pelanggan. Terdapat juga fitur pencari tren dari hashtag pada AI ini.

  • Surfer SEO

Surfer SEO jadi AI yang bisa mengoptimalkan konten melalui salinan pada perangkat di Google. Surfer menilai konten berdasarkan panjang, kata kunci, header, hingga keterbacaannya.

Ketahui pentingnya algoritma Google agar Anda bisa mengoptimalkan konten SEO melalui AI ini.

  • Copy AI

Sesuai namanya, copy AI jadi alat yang memudahkan Anda menghasilkan copy untuk iklan, email, blog, hingga media sosial. Selain itu, terdapat fitur cek plagiasi, optimasi SEO, hingga rewrite konten.

  • Rytr

Serupa dengan Copy AI, Rytr adalah copywriting AI yang membantu para content writer atau copywriter menulis konten. Aspek seperti Call To Action hingga framework AIDA pun dapat diakses dengan mudah.

  • Salesforce

Alat ini menyediakan layanan CRM (Customer Relationship Management) yang bisa mengotomatisasi pemasaran, lalu penjualan, serta dukungan layanan. Layanan Salesforce meliputi SaaS, IAAS, hingga PaaS.

  • Scalenut

AI digital marketing, Scalenut, berfungsi sebagai alat tulis yang mengoptimasi SEO agar unggul dari pesaing. Selain itu, Scalenut juga menyediakan fitur analisis NLP, perencanaan keyword, hingga template AI.

  • Pictory AI

Pictory mampu menghasilkan video bisnis yang next level dengan berbagai jenis konten di dalamnya. Bisa untuk media sosial ataupun video training. Anda dapt menambahkan suara AI yang hyper-realistic agar lebih optimal.

  • Albert

Anda bisa mengoptimalkan konten iklan dengan Albert. Selain itu, AI ini juga melibatkan media sosial serta platform pencarian berbayar. Jadi, hasil output seperti kampanye iklan lebih relevan dan tidak boros.

  • Optimove

Melalui Optimove, Anda dapat menciptakan kampanye pemasaran yang lebih bertarget. Analisis perilaku serta preferensi dari pelanggan bisa dilakukan, sehingga bisa mendukung audiens lebih baik.

  • Influencity

AI marketing ini telah digunakan oleh brand seperti Samsung serta Kellogg’s untuk pemasaran dengan influencer. Influencity membantu brand menilai dan menghubungi influencer sebagai ajakan kolaborasi pada iklan.

  • Algolia

Algolia fokus pada penemuan dan pencarian untuk bisnis. Algolia akan memberikan kemampuan untuk membuat filter pencarian, sehingga pelanggan dapat menemukan apa yang mereka inginkan dengan cepat.

  • Undetectable AI

AI ini mendeteksi konten AI serta dapat menulis ulang output AI yang dihasilkan dari ChatGPT sehingga lebih mirip buatan manusia. Jadi, Anda bisa gunakan Undetectable AI bila ingin memeriksa hasil teks dari platform AI lainnya.  

  • Hubspot Content Assistant

AI yang satu ini serbaguna, sebab dapat menemukan ide konten blog hingga melanjutkan template yang telah ada. Tidak hanya itu, asisten konten ini berfungsi menulis email pemasaran serta menghasilkan outline yang komprehensif.

Berbagai AI marketing tersebut akan kurang optimal apabila tidak dibarengi dengan pengawasan dari tim manusia ahli yang memahami digital marketing serta penggunaan AI seperti Dreambox. 

Anda dapat mengandalkan jasa digital marketing Dreambox yang bisa mengoptimalkan pemasaran bisnis, sebab proses kerja kami komprehensif dan detail. Jadi, jangan ragukan kualitas kami! Hubungi kontak Dreambox untuk konsultasi marketing bisnis Anda!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms