Algoritma Google Terbaru, Pentingkah untuk Dipelajari?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Algoritma google terbaru

Algoritma Google Terbaru: Pengertian, Jenis dan Kepentingannya

Jika Anda sering memperhatikan sistem algoritma yang ada dalam mesin pencari Google, maka mungkin saja Anda telah menyadari bahwa algoritma tersebut dalam kurun waktu tertentu, baik dalam skala kecil maupun besar. Bagi para pemilik dan pengelola website, mengetahui algoritma Google terbaru adalah hal yang sangat penting.

Untuk lebih mengenal tentang pembaruan yang satu ini, maka artikel ini akan menjelaskan berbagai informasinya, mulai dari pengertian, jenis, cara kerja, kisaran waktu perubahan algoritma, alasan penting memahami hal ini, serta upaya yang disarankan.

Apa itu Algoritma Google Terbaru?

Secara umum, pembaruan algoritma Google adalah sebuah teknis pembaruan yang dilakukan oleh mesin pencari Google terkait algoritmanya, sehingga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap peringkat website di dalam mesin pencarian.

Adanya algoritma Google terbaru ini menjadi penting karena dirancang sedemikian rupa supaya dapat meningkatkan keakuratan serta relevansi dari hasil pencarian.

Selain itu, sistem pembaruan ini juga berfungsi untuk mencegah adanya tindakan kecurangan atau manipulasi dari website tertentu supaya bisa mencari keuntungan secara tidak adil dari mesin pencari Google.

Apa Saja Jenis Pembaruan Algoritma Google?

Jika digambarkan secara garis besar, maka pembaruan algoritma ini dapat terbagi menjadi dua jenis, berikut penjelasannya:

1. Pembaruan Inti

Pertama, ada pembaruan inti yang dapat berpengaruh terhadap berbagai aspek kueri dari penelusuran. Pembaruan ini bisa mengubah sistem algoritma dengan skala yang besar, sehingga dapat berdampak terhadap berubahnya peringkat website secara signifikan. Lalu lintas dari kunjungan pun dapat terdampak jika algoritma Google terbaru tidak diperhatikan dengan baik.

2. Pembaruan Skala Kecil

Kedua, ada jenis pembaruan algoritma dengan skala yang terbilang kecil, sehingga dampak perubahannya pun hanya terlihat pada sebagian kecil kueri dari penelusuran.

Pembaruan ini memang cenderung tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap peringkat website. Namun, tetap perlu diperhatikan karena bisa saja tetap berpengaruh terhadap beberapa jenis website.

Bagaimana Pembaruan Algoritma Google Bekerja?

Ketika seorang pengguna memasukkan kata kunci atau pertanyaan di mesin pencari Google, maka akan ada algoritma yang bekerja untuk menentukan halaman mana yang akan terlebih dahulu ditampilkan, atau dengan kata lain halaman tersebut memiliki peringkat teratas. Maka dari itu, penting untuk mengetahui alasan dan strategi agar peringkat website teratas.

Dalam menentukan hal tersebut, maka ada berbagai jenis rumus matematika yang komplek untuk memperhitungkan banyak faktor. Beberapa faktor penting di sini yaitu kata kunci, tautan balik, perilaku dari pengguna, dan kualitas konten terkait.

Lalu, ketika terjadi pembaruan algoritma, maka mesin pencari akan melakukan evaluasi terhadap website yang terkait. Pembaruan ini dapat menekankan pada berbagai hal, misalnya meningkatkan kualitas atau relevansi konten. Dampaknya, mungkin saja ada website tertentu yang peringkatnya berubah, dapat menjadi lebih rendah atau justru lebih tinggi.

Setiap Kapankah Google Memperbarui Algoritma?

Google selalu melakukan pembaruan algoritma sepanjang tahunnya, bahkan diperkirakan mencapai angka di antara 500 sampai 600 kali dalam setiap tahunnya.

Sebagian besar dari pembaruan tersebut merupakan jenis pembaruan skala kecil, sehingga umumnya tidak memiliki dampak yang drastis terhadap peringkat suatu website.

Namun, ada pula pembaruan dalam skala besar yang berpengaruh terhadap berbagai inti algoritma, sehingga dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan untuk berbagai halaman dari setiap kata kunci yang dimasukkan ke mesin pencari.

Jika algoritma Google terbaru merupakan pembaruan yang memiliki skala sangat besar, maka hal tersebut dapat mengubah berbagai cara mendasar dari penerapan SEO.

Mengapa Praktisi SEO Wajib Memperhatikan Algoritma Google Terbaru?

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya bahwa sepanjang tahun Google dapat melakukan pembaruan algoritma, di mana hal ini juga bisa termasuk pembaruan skala besar yang dapat berpengaruh terhadap kinerja SEO.

Maka dari itu, setiap praktisi SEO sebaiknya memperhatikan pembaruan algoritma ini. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya hal ini, pastikan bahwa Anda tidak mengabaikan algoritma Google jika ingin mendapat peringkat terbaik.

1. Berpengaruh terhadap Peringkat di Mesin Pencari

Alasan pentingnya memperhatikan algoritma terbaru adalah karena hal ini dapat memiliki pengaruh terhadap peringkat suatu website dalam mesin pencarian.

Sebagai contoh, ketika ada pembaruan dibuat dengan menekankan kepada tingkat relevansi konten dengan sebuah kata kunci tertentu, maka berbagai website yang tidak memenuhi hal tersebut bisa jadi akan menurun peringkatnya.

2. Perubahan Perilaku Pengguna

Selanjutnya, adanya pembaruan algoritma bisa saja berpengaruh terhadap perubahan dari perilaku pengguna.

Sebagai contoh, suatu pembaruan bisa saja membuat tampilan penelusuran berubah, sehingga kecenderungan pengguna untuk mengklik website pun bisa berubah. Dampak selanjutnya, dapat terjadi perubahan terhadap lalu lintas organik dari pengunjung.

3. Berkaitan dengan Aspek Persaingan di Mesin Pencari

Alasan penting selanjutnya yaitu tentang aspek pencarian bagi berbagai jenis website. Jika terjadi suatu perubahan, sebagian website mungkin saja akan melakukan evaluasi dan tindakan perubahan sesuai keperluan, sehingga mereka pun lebih siap untuk bersaing dan mendapatkan peringkat atas dari mesin pencari.

Namun, untuk jenis website yang tidak terlalu peduli dengan pembaruan algoritma, maka bisa saja peringkat mereka menurun dan kalah bersaing dengan website lain dengan informasi yang serupa.

Apa Upaya yang Disarankan setelah Pembaruan Algoritma Google?

Dalam menanggapi berbagai pembaruan algoritma yang dapat terjadi sepanjang tahunnya, maka ada berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh pemilik dan pengelola website, antara lain sebagai berikut:

1. Periksa Peringkat Website Anda

Upaya penting pertama yang sebaiknya Anda lakukan yaitu memeriksa atau memantau peringkat Anda di mesin pencari setelah adanya pembaruan algoritma. Dengan adanya pemantauan ini, maka Anda pun dapat mendeteksi apakah ada perubahan lalu lintas pengunjung atau tidak.

2. Perhatikan dengan Teliti tentang Pembaruan dan Dampaknya

Selain pemeriksaan peringkat, hal yang tidak kalah penting bagi Anda yaitu memperhatikan berbagai jenis perubahan yang terjadi dan apa saja dampak yang dihasilkan.

Biasanya, Google akan merilis berbagai informasi tentang perubahan algoritmanya, maka pastikan bahwa Anda tetap memantau berbagai informasi resmi yang diberikan.

3. Lakukan Evaluasi terhadap Strategi SEO

Jika ternyata peringkat Anda mengalami penurunan di mesin pencari setelah adanya pembaruan algoritma, maka sebaiknya lakukan evaluasi terhadap berbagai strategi SEO yang sejauh ini diterapkan.

Ketahui faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab penurunan peringkat ini, terlebih yang berkaitan dengan pembaruan algoritma Google. Misalnya, bisa saja hal ini berkaitan dengan kualitas konten website atau tautan balik.

4. Lakukan Penyesuaian untuk Tetap Menjaga Kualitas dan Peringkat

Ketika sudah melakukan evaluasi dan Anda mengetahui bagian apa yang perlu diperbaiki, maka segera lakukan penyesuaian. Pastikan bahwa Anda tetap menjaga kualitas dari isi konten dan berbagai strategi lainnya, sehingga tetap berada di peringkat yang tinggi.

Itulah berbagai penjelasan tentang algoritma terbaru dari Google yang ke depannya pun akan terus diperbarui. Karena terjadi berbagai pembaruan sepanjang tahunnya, maka setiap pengelola website pun perlu lebih memperhatikan hal ini, jika ingin website mereka tetap berada di peringkat atas.

Jika Anda merupakan pemilik, pengelola, atau pembuat konten website, maka berbagai informasi di atas dapat menjadi bekal penting. Dengan mengetahui berbagai pembaruan algoritma, Anda akan lebih siap untuk mengatur strategi SEO.

Namun, jika Anda merasa tidak ada waktu atau tenaga yang cukup untuk melakukan berbagai hal tersebut, maka layanan SEO dari Dreambox dapat menjadi solusi yang tepat. Silakan langsung hubungi kami untuk informasi lebih lengkapnya, lalu pastikan website Anda selalu menyesuaikan dengan algoritma Google terbaru.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms