...

Ketahui Alasan dan Strategi Agar Peringkat Website Tidak Naik Turun di Google

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Algoritma Google dapat memberngaruhi peringkat website Anda.

Sebagian besar orang mungkin sudah mencoba melakukan berbagai macam usaha supaya website miliknya bisa berada pada peringkat nomor 1. Banyak diantara dari mereka melakukan berbagai macam strategi SEO dalam webnya.

Namun sayangnya tidak semua orang berhasil menggunakan teknik tersebut. Banyak dari mereka gagal meski telah mencobanya berulang kali, sehingga hal tersebut membuat mereka menjadi frustasi. Maka perhatikan cara kerjanya dulu.

Anda perlu memahami beberapa hal tersebut mempengaruhi peringkat web dan cara kerja mesin pencari Google, sehingga Anda tahu penyebab dan solusi untuk mengoptimasi sebuah web agar berada pada peringkat 1.

Baca Juga:  SEO Merupakan Long Term Investment, Ini Buktinya!

5 Alasan Peringkat Website Naik Turun

Ada beberapa alasan kenapa peringkat blog bisa naik turun. Bila Anda sudah mencoba berbagai macam strategi namun tidak membuahkan hasil, temukan solusinya disini dengan cara mengenal alasannya di bawah ini:

1. Ada Konten Sama

Duplikat konten menjadi salah satu hal utama ikut mempengaruhi peringkat website, bahkan bisa menghancurkan rangkingnya. Bila konten Anda bagus dan dipublikasikan, lalu ada yang menirunya. Tentunya ini bisa mimpi buruk.

Karena keduanya bisa memiliki rangking di tingkat rata-rata, sehingga tidak mungkin milik Anda berada dalam pencarian paling atas. Karena Anda akan berbagi eksistensi dengan peniru konten lainnya, sehingga ini merugikan sekali.

2. Tingkat Kompetisi Kata Kunci

Kompetensi terhadap kata kunci website bisa mempengaruhi posisi beberapa situs yang memiliki peringkat di mesin pencari. Bila kompetisinya berat, tentunya untuk mendapatkan peringkat semakin susah. Bahkan ini bisa menyebabkan fluktuatif.

Itu karena yang menggunakan kata kunci itu tidak hanya Anda saja. Namun ada banyak ribuan situs di luar sana yang menggunakannya. Itulah kenapa karena alasan ini membuat peringkat situs fluktuatif.

3. Update Algoritma oleh Google

Umumnya mesin pencari memakai algoritma yang selalu diupdate secara rutin supaya pengguna mendapat kenyamanan dalam memakai aksesnya, sehingga terkadang website yang sudah berada di peringkat pertama terkena dampak merugikan itu.

4. Konten Tidak Dibuat secara Konsisten

Konten yang dibuat secara teratur dan berkala akan membuat posisi situs berada pada rangking paling atas. Itu karena setiap pebisnis sukses pasti menciptakan strategi konten secara terjadwal, sehingga konsisten penting.

5. Tampilan Web Tidak Mobile Friendly

Setiap orang memakai perangkat yang tidak sama dalam menelusuri internet. Maka dari itu buat situs yang mudah diakses menggunakan berbagai macam perangkat. Biasanya Google lebih fokus mengindeks pemakaian perangkat seluler.

Alasannya adalah pengguna hp lebih banyak daripada pemakai komputer dan laptop. Itulah kenapa bila ingin dilirik Google, sebaiknya penuhi keinginannya, sehingga bisnis lancar dan web berada di peringkat no 1.

5 Strategi Optimasi Website yang Bida Diterapkan

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, sebaiknya buat strategi optimasi dulu, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil peringkat maksimal. Di bawah ini adalah 5 strategi dasar untuk melakukan optimasi web, antara lain:

1. Tentukan Daftar Kata Kuncinya

Tentunya sangat tidak mungkin bila hanya mengandalkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda akan membuat situs berada di peringkat pertama. Tentunya Anda harus membuat prioritas kata kunci supaya sukses.

Sehingga bisa membuat peringkat organik tinggi dan tidak bergeser. Anda harus berpikir bagaimana caranya pengunjung website menelusuri layanan dan produk. Maka dari itu buat daftar kata kunci dan cek trafficnya.

Tidak hanya itu saja, cek juga tingkat persaingan istilah yang digunakan menggunakan tools khusus. Kata kunci yang harus ditargetkan adalah tingkat persaingan rendah sampai menengah, namun volumenya tinggi, sehingga sempurna.

2. Buat Konten Menarik

Sebelum mencari cara untuk meningkatkan peringkat website, ingatlah bila membuat konten menarik itu penting. Jadi Anda harus menciptakan sebuah konten yang menarik dan berkualitas supaya bisa membuat para pengunjung tertarik.

Setidaknya konten sempurna pasti akan memicu pengunjung membagikan tautannya kembali, sehingga hal tersebut memungkinkan web menjadi viral. Karena Google sangat suka viralitas konten pada algoritmanya, sehingga memicu peringkat paling atas.

3. Gunakan Kata Kunci dan Keyword Turunan

Anda wajib menyisipkan kata kunci dan turunannya ke dalam konten yang akan diunggah. Setidaknya letakkan di awal judul, pembuka, isi, dan penutup (akhir konten). Ini efektif memberikan sinyal relevansi web.

Jadi cobalah fokus terhadap kata kunci yang ada dalam konten website secara terukur. Itu karena algoritma seringkali tidak menampilkan konten dengan kata kunci terlalu berlebihan, sehingga Anda perlu memahaminya juga.

4. Optimalkan Web Seluler

Jangan lupa optimalkan web seluler dengan baik. Karena keramahan seluler itu mempengaruhi kenyamanan pengunjung, sehingga ini dicatat oleh Google sebagai salah satu hal yang berpengaruh terhadap peringkat sebuah web tertentu.

Cara mengoptimalkan website seluler sangat mudah! Yaitu memakai bantuan tools Google. Kemudian buat dewain yang sederhana dan gunakan tombol CTA supaya dapat diakses pengguna seluler. Jadi lebih praktis untuk dilakukan.

5. Patuhi Peraturan Google EAT

Google, EAT merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas halaman sebuah web. Karena disinilah Google ingin menilai keahlian, otoritas, dan kepercayaan situs Anda. Itulah kenapa wajib dipenuhi peraturan dari mereka.

Baca Juga: Tingkatkan Traffic Pengunjung dengan Tips Optimasi Instagram SEO Berikut

Setelah melihat penjelasan di atas, maka terlihat bahwa strategi yang tepat itu penting sekali. Karena bisa mempengaruhi peringkat website supaya visi misi yang dibuat sebelumnya berhasil maksimal sesuai dengan keinginan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms