SEO Merupakan Long Term Investment, Ini Buktinya!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Ketahui cara kerja SEO, yang mendatangkam target audiens tepat sasaran.

Banyak orang berpikir bila salah satu cara supaya situsnya berada di peringkat no.1 Google adalah bermain SEO. Padahal sebenarnya itu merupakan konsep dasarnya saja. Belum bisa memastikan hasil keseluruhan.

Bila Anda meninjau lebih dalam lagi, ternyata fungsi dari search engine optimization itu cakupannya lebih luas lagi. Bahkan tidak hanya sekedar membicarakan tentang peringkat website saja. Namun fungsinya ada banyak.

Teknik ini efektif meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic sebuah blog dan website dengan baik. Itu berarti pengunjung tidak sekedar mampir ke website saja. Namun juga ikut mewujudkan visi misi website.

Baca Juga:Bagaimana Cara Kerja SEO dan Apa Perbedaannya dengan SEM?

Manfaat SEO bagi Bisnis Andaseo-merupakan-long-term-investment-ini-buktinya-dreambox

Mungkin selama ini Anda masih berpikir kenapa harus menggunakan teknik tersebut? Padahal cara mempromosikan situs itu bisa dilakukan menggunakan media marketing yang lainnya. Misalnya menaruh link web ke bio Instagram.

Bisa juga menggunakan swipe up. Namun tahukah Anda ternyata sebagian besar traffic web dari segala bidang muncul dari mesin pencari seperti Google? Manfaat SEO untuk perkembangan bisnis adalah berikut ini:

  1. Dengan menggunakan teknik search engine optimization memungkinkan target audiens bisa menemukan web Anda dengan mudah. Karena teknik ini memungkinkan web Anda berada di halaman pertama Google. Jadi pengaruhnya cukup besar.
  2. Metode ini cukup efektif membantu mendapatkan target audiens tepat sasaran. Karena Anda dapat memanfaatkan kata kunci berdasarkan tujuan audiens dalam menggunakan keyword. Hasilnya konten Anda berpeluang tampil di hadapan mereka.
  3. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis adalah terciptanya brand awareness supaya produk/ jasa Anda populer. Ini akan terjadi bila Anda bisa memanfaatkan teknik SEO tersebut dengan sebaik mungkin.
  4. Tidak dapat dipungkiri bila metode ini dapat dijadikan investasi jangka panjang untuk keberhasilan bisnis. Karena pencarian yang relevan sangat berpengaruh terhadap keputusan calon pembeli. Sehingga posisi web bisa bertahan lama.
  5. Sebagai pelaku bisnis tentunya Anda ingin konversi dan penjualannya meningkat. Maka dari itu dibutuhkan strategi SEO yang tepat demi menjangkau target audiens lebih luas. Sehingga bisa terjadi peningkatan konversi penjualan.
  6. Hadirnya teknik tersebut bisa membantu Anda untuk membangun top of mind brand lebih mudah. Sehingga pelanggan lebih mudah mengingat produk Anda saat pertama kali memikirkannya. Jadi produk tidak mudah tergeser.

Cara Kerja SEO yang Perlu Dipahami

Sebenarnya praktik utama dari strategi search engine optimization tidak untuk membuat web berada dalam pencarian utama saja. Namun juga ikut serta dalam mengarahkan lalu lintas supaya terjadi konversi penjualan produk.

Metrik itu tidak harus difokuskan. Mendapat peringkat bagus hanya output yang terjadi supaya banyak orang menemukan situs bisnis Anda. Jadi yang perlu dilakukan adalah bagaimana cara SEO bisa menghasilkan penjualan.

Untuk mengetahui jawabannya, ini tergantung dari lama web tersebut dan praktik dari search engine optimization itu sendiri. Untuk selebihnya, berikut kami ulas tentang cara kerjanya di bawah ini, antara lain:

  1. Bulan ke-1, lakukan riset, audit web, dan temukan kata kunci yang tepat. Barulah setelah itu buat rencana yang matang. Saat riset berhasil dilakukan, maka segera buat perubahan dari bulan pertama.
  2. Bulan ke-2, mulailah pekerjaan teknis, yaitu buat modifikasi web sesuai hasil audit. Umumnya proses perombakan web ini memakan waktu lama hingga berbulan-bulan. Bahkan hasil kerjanya belum terlihat meski SEO dilakukan.
  3. Bulan ke-3. fokus buat konten dan publikasikan artikel, cantumkan informasi produk, dan pendukungnya. Idealnya Anda bisa melihat peningkatan peringkat web di akhir bulan. Dimana selanjutnya hanya perlu membuat konten lanjutan.
  4. Bulan ke-4 dan 5, optimalkan teknis web dan kembangkan profil tautan. Biasanya peningkatan lalu lintas, dan prospek hasilnya akan terlihat nyata di bulan ini. Anda hanya perlu memanfaatkan media sosial.
  5. Bulan ke-6, bila per bulan Anda sudah mendapatkan 5.000 pengunjung, maka tingkatkan lalu lintasnya lagi. Sehingga bisa terjadi prospek penjualan. Jadi harus fokus dengan pembuatan kontennya dan cara mempromosikannya.

Mengetahui Berbagai Manfaat dari SEO

Search engine optimization tidak lagi menjadi salah satu cara mendatangkan traffic saja. Namun juga menjadi sebuah kewajiban demi kesuksesan sebuah blog. Di bawah ini adalah manfaat menggunakan metode ini, yaitu:

  1. Konten yang diciptakan akan muncul di halaman pertama pada mesin pencarian. Sehingga peluang mendapat banyak kunjungan web organik semakin besar. Dengan begitu bisa mendapat keuntungan yang lebih besar sesuai kebutuhan.
  2. Dengan menggunakan teknik SEO bisa membuat Anda mendapat data konsumen gratis. Data inilah dibutuhkan demi memudahkan Anda ketika ingin menghubungi mereka. Jadi Anda bisa memperkenalkan produk dengan cepat dan efisien.
  3. Tentunya ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan para calon pelanggan. Karena banyak calon pelanggan lebih yakin dengan brand yang mudah ditemukan di mesin pencari daripada sulit didapatkan pada Google.

Baca Juga: Ketahui Ciri Artikel SEO Friendly serta Tahapan Membuatnya

Setelah melihat penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa jumlah traffic mempengaruhi kesuksesan sebuah web. Maka dari itu gunakan teknik SEO dengan benar supaya bisa mendapatkan manfaatnya untuk bisnis Anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms