Tingkatkan Traffic Pengunjung dengan Tips Optimasi Instagram SEO Berikut

SEO

Salah satu upaya optimasi Instagram SEO adalah mengoptimalkan konten.

Optimasi Instagram SEO adalah salah satu teknik yang perlu Anda terapkan jika ingin kinerja akun Instagram lebih optimal. Instagram merupakan salah satu social media dengan pengguna terbanyak khususnya kalangan muda berusia 18-24 tahun.

Menjelang akhir tahun 2021, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 91,01 juta pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa platform social media yang satu ini memiliki potensi pasar yang cukup menjanjikan untuk bisnis Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan performa Instagram yang lebih optimal untuk akun bisnis Anda, maka, diperlukan strategi tertentu secara efektif. Optimasi SEO dapat menjadi solusi untuk memaksimalkan kinerja akun bisnis Anda. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Tingkatkan Traffic Pengunjung dengan Tips Optimasi Instagram SEO Berikut

Mengenal Pengertian Instagram SEO

Selama ini teknik SEO alias Search Engine Optimization selalu identik dengan website. SEO merupakan sebuah teknik yang diterapkan dengan tujuan untuk mendapatkan rangking teratas pada halaman pencarian mesin telusur (Google).

Apabila website Anda berada pada daftar hasil pencarian teratas, maka pencari informasi dalam mesin pencari akan lebih mudah menemukannya. Kecenderungan pengguna internet tentu lebih senang mengklik konten-konten teratas sehingga dapat mendongkrak traffic.

Tahukah Anda, teknik Search Engine Optimization juga bisa diterapkan pada sosial media Instagram? Dengan menerapkan Instagram SEO secara tepat, konten Anda akan lebih mudah dijangkau oleh followers.

Selain menjangkau followers, konten pada akun yang menerapkan strategi SEO di Instagram juga lebih berpotensi memenangkan persaingan pada niche terkait. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sosial media ini banyak digunakan kompetitor.

Itulah alasan, mengapa Anda perlu menerapkan optimasi agar konten yang dibuat lebih mengungguli para pesaing. Penerapan optimasi SEO di Instagram berbeda dengan optimasi konten website.

Maka, Anda perlu metahui bagaimana strategi atau teknik-tekniknya agar konten Anda mendapatkan engagement lebih tinggi. Pada akhirnya ini dapat menunjang terdongkraknya performa bisnis dan meningkatkan penjualan.

Tujuan Optimasi Instagram SEO

Sebelum mengetahui bagaimana cara menerapkannya, ada baiknya Anda mengetahui apa saja tujuan melakukan optimasi tersebut. Diantara beberapa tujuan optimasi SEO pada Instagram antara lain:

1. Meningkatkan Traffic

Tujuan pertama melakukan optimasi Instagram SEO pada akun IG bisnis adalah mendapatkan traffic yang terus meningkat. Traffic adalah lalu lintas kunjungan ke akun atau konten Anda. Semakin tinggi kunjungannya, maka akun Anda akan semakin berkembang.

2. Meningkatkan Engagement

Engagement adalah banyaknya interaksi terhadap konten di sosial media seperti like, comment, repost, atau lainnya. Dengan meningkatnya traffic website Anda, kemungkinan tingkat engagement juga lebih tinggi.

Instagram SEO akan lebih powerful jika disertai konten berkualitas meliputi foto, video, infografis, hingga polling. Ciptakan konten yang mengajak follower Anda melakukan interaksi. Misalnya melemparkan pertanyaan atau meminta pendapat.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand sangat berpengaruh untuk perkembangan bisnis Anda. Untuk itu, penting sekali melakukan branding secara tepat dan efektif agar brand Anda melekat di ingatan pelanggan.

Melalui optimasi SEO di Instagram, traffic sosial media bisa mengalami lonjakan sehingga brand Anda lebih dikenal. Untuk mengoptimalkan kinerja brand, buatlah konten branding secara tepat sehingga dapat meningkatkan brand awareness pelanggan.

Tips Optimasi SEO di Instagram

Jangan biarkan konten Anda tidak dilihat oleh pengguna IG. Semakin cepat melakukan optimasi, semakin besar juga kesempatan meningkatkan engagement dan mengembangkan akun bisnis. Lantas, bagaimana cara melakukan optimasi Instagram SEO? Berikut tips-tips yang bisa dilakukan.

1. Optimalkan Profil Akun

Langkah pertama melakukan optimasi IG yaitu mensetting profil secara optimal. Untuk mengoptimalkan akun, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Ubah profil akun bisnis menjadi publik sehingga dapat dilihat oleh pengguna selain follower
  • Gunakan foto profil yang sesuai, misalnya memakai logo perusahaan
  • Buat nama akun yang mudah dicari
  • Gunakan jenis akun bisnis
  • Berikan tautan yang mengarah ke website bisnis atau toko online Anda pada bio Instagram

2. Sematkan Kata Kunci pada Username dan Display Name

Seperti halnya pencarian menggunakan search engine seperti Google, kata kunci memainkan peran penting dalam Instagram SEO. IG juga memiliki fitur pencarian yang memungkinkan penggunanya menemukan apa yang mereka inginkan.

IG akan menampilkan akun-akun yang mengandung kata kunci relevan. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset kata kunci yang potensial untuk dicari target audiens.

Gunakan kata kunci tersebut pada username dan display name agar muncul di daftar teratas. Dengan begitu, audiens akan mengklik akun Anda dan berinteraksi dengan konten-konten di dalam akun bisnis tersebut.

3. Optimalkan Alt Text

Cara melakukan optimasi Instagram SEO selanjutnya yaitu memaksimalkan fitur alt text. Caranya ubah pengaturan lanjutan sebelum mengupload konten di feed. Masukkan deskripsi pada kolom alt text.

4. Manfaatkan Kata Kunci

Kata kunci bukan hanya bisa digunakan pada username atau display name saja. Maksimalkan kata kunci pada hashtag, caption konten, hingga bio profil.

5. Analisis Akun dan Konten

Gunakan fitur Insight pada Instagram bisnis untuk melakukan analisis konten maupun akun secara keseluruhan. Lewat analisis tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi untuk menghasilkan konten lebih berkualitas.

Baca Juga: Ketahui Ciri Artikel SEO Friendly serta Tahapan Membuatnya

Sosial media seperti Instagram memungkinkan pemilik bisnis mengembangkan bisnis secara lebih maksimal. Lakukan optimasi Instagram SEO agar akun bisnis Anda semakin berkembang. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.