...

SEO Content Writer: Skill dan Tips Penulisan Konten

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
seo-content-writer-dreambox

SEO Content Writer yang baik dapat menjawab kebutuhan user

Saat ini, teknik pemasaran online melalui internet menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Oleh karena itu, SEO content writer menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan dalam industri digital marketing.

Pasalnya, salah satu elemen kunci dalam pemasaran online adalah penulisan konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO). Jadi, ketahui apa saja skill penting yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis konten SEO.

Definisi dan Fungsi SEO Content Writer

Pada dasarnya, content writer SEO adalah seorang profesional dengan spesialisasi keahlian di bidang penulisan konten yang ramah mesin pencari berdasarkan teknik SEO. Tujuannya yaitu untuk menghasilkan konten yang berhasil masuk ke halaman pertama mesin pencari (SERP).

Jadi, sebenarnya apa yang membedakan antara penulis konten SEO dengan jenis penulis lain? Meski sama-sama menulis, perbedaan utama dari profesi ini terletak pada optimasi tulisan sesuai dengan algoritma mesin pencari.

Contoh optimasinya yaitu melalui penambahan keyword, meta deskripsi, alt text, penggunaan struktur heading, dan masih banyak lagi. Adapun berbagai fungsi dari profesi content writer SEO ini adalah sebagai berikut:

  • Menciptakan konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari agar muncul di peringkat yang baik dalam hasil pencarian.
  • Menggunakan kata kunci yang relevan dan strategis untuk meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari.
  • Menyusun konten yang menarik, informatif, dan bernilai tambah bagi pembaca selaku audiens target.
  • Membangun otoritas dan kepercayaan bagi website suatu bisnis atau brand.
  • Meningkatkan lalu lintas organik ke website dengan mengoptimalkan konten untuk mesin pencari.
  • Meningkatkan daya saing bisnis dalam pemasaran online di internet.

Skill yang Dibutuhkan Penulis SEO Content

Agar dapat mencapai tujuan dan berbagai fungsi di atas, seorang penulis konten SEO harus memiliki skill atau kemampuan tertentu. Berikut ini 3 skill yang paling utama:

1. Menulis Berdasarkan Keyword

Skill menulis berdasarkan keyword adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang penulis SEO. Artinya, mereka harus mampu mengintegrasikan kata kunci senatural mungkin ke dalam konten yang mereka tulis.

Penulis juga harus memahami bagaimana menggunakan kata kunci dalam judul, sub judul, dan isi konten agar sesuai dengan strategi SEO. Dengan ini, penulis dapat menciptakan konten yang relevan untuk mencapai peringkat tinggi di mesin pencari.

Karena itu, seorang penulis konten SEO juga harus mampu melakukan riset kata kunci sesuai topik yang ditulis. Salah satu caranya yaitu dengan mengidentifikasi keyword yang memiliki volume pencarian yang tinggi.

2. Memahami Search Intent Audiens

Kemampuan selanjutnya yang harus dikuasai oleh seorang penulis SEO adalah pemahaman terhadap search intent (tujuan pencarian) audiens. Maksudnya, penulis harus memahami apa alasan seorang audiens mencari suatu kata kunci.

Misalnya, apakah tujuan pencarian tersebut adalah untuk mencari informasi, membandingkan produk, atau mencari solusi untuk masalah mereka. Dengan demikian, penulis dapat menghasilkan konten yang menarik dan relevan.

Sebab, SEO content yang baik adalah konten yang mampu memenuhi ekspektasi pembaca saat mengetikkan suatu kata kunci. Oleh karena itu, dibutuhkan juga kemampuan analisis dan berpikir kritis sebagai pendukungnya.

3. Menguasai Berbagai Gaya Penulisan

Terakhir, seorang penulis konten SEO harus mampu menguasai berbagai gaya penulisan yang berbeda. Baik itu dengan gaya yang formal, profesional, santai, akademis, persuasif, dan lain sebagainya.

Pasalnya, gaya penulisan dapat bervariasi tergantung pada jenis konten yang ditulis, target audiens, dan tujuan strategi digital marketing yang dilakukan. Namun apapun gaya menulisnya, seorang penulis tetap harus mampu menulis dengan baik dan benar.

Jadi, dibutuhkan teknik dan prinsip penulisan yang efektif sesuai kaidah bahasa yang digunakan. Termasuk pula teknik penyusunan struktur paragraf yang baik, penggunaan pilihan kata yang tepat, hingga penyampaian ide pokok yang terorganisir.

Tips Penulisan SEO Content

Agar dapat memiliki dan mengembangkan 3 kemampuan utama di atas, ada beberapa tips penulisan yang dapat diterapkan oleh seorang penulis konten. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Lakukan Riset Kata Kunci

Agar bisa menulis sesuai keyword, maka seorang penulis konten SEO harus mampu melakukan riset kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian tinggi. Salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan berbagai tools riset keyword di internet.

Contohnya seperti Google Keyword Planner, Semrush, Moz Keyword Explorer, dan lain-lain. Sebaiknya, pilihlah kata kunci dengan persaingan yang tidak terlalu tinggi agar hasil akhirnya lebih mudah untuk mencapai peringkat yang baik.

2. Gunakan Struktur Konten yang Terorganisir

Membuat struktur konten yang jelas dan terorganisir adalah kunci penting dalam penulisan SEO content. Gunakan sub judul (heading tags) untuk membagi konten agar lebih mudah dibaca dan dinavigasi oleh audiens maupun mesin pencari.

Gunakan heading tag H1 untuk judul utama, dan heading tag H2, H3, dan seterusnya untuk sub judul lain yang lebih spesifik. Dengan struktur konten yang baik, mesin pencari dapat dengan mudah memahami dan mengindeks informasi dalam konten.

3. Tulis Konten yang Berkualitas dan Relevan

Meskipun tujuan utama SEO adalah untuk menghasilkan konten yang ramah mesin pencari, namun isi kontennya harus tetap berkualitas dan ramah pembaca. Jadi, pastikan untuk menulis konten yang isinya relevan dan informatif.

Sediakan informasi yang mendalam dan komprehensif tentang topik yang dibahas. Selain itu, gunakan referensi yang dapat dipercaya dan sumber informasi yang relevan untuk memberikan keakuratan pada konten tersebut.

4. Tambahkan Media Pendukung

Selain teks, penggunaan media pendukung seperti gambar, video, atau infografis dapat meningkatkan kualitas dan daya tarik konten. Jadi, gunakan gambar yang relevan dan berkualitas tinggi untuk memperkaya isi konten.

Selain membantu menambah informasi, media pendukung juga dapat memberikan visualisasi yang menarik. Konten yang menarik akan meningkatkan interaksi dan waktu tinggal pengunjung di halaman web, sehingga peringkat SEO juga akan naik.

Perbedaan Konten SEO dan Konten Marketing

Lalu, sebenarnya apa perbedaan antara konten SEO dengan konten marketing lainnya? Meski seringkali terlihat serupa, ternyata kedua hal ini memiliki perbedaan yang signifikan, terutama dalam hal fokus utamanya.

Konten SEO lebih fokus pada optimasi untuk mesin pencari dengan cara menggunakan kata kunci yang tepat dan teknik optimasi lainnya. Sementara itu, konten marketing lebih berfokus pada tujuan pemasaran, baik itu membangun merek atau meningkatkan konversi.

Itu sebabnya, konten SEO biasanya bersifat lebih teknis, sedangkan konten marketing lebih banyak melibatkan emosi dan kreativitas untuk membangun hubungan dengan audiens. Namun, konten SEO pada dasarnya merupakan bagian dari strategi digital marketing.

Oleh karena itu, penting untuk memadukan kedua jenis konten ini dalam strategi pemasaran digital Anda untuk mencapai hasil yang optimal. Sebab dalam dunia digital marketing yang semakin kompetitif, konten yang efektif dan berkualitas adalah kunci penting.

Untuk memperoleh SEO content berkualitas dan mengoptimalkan strategi digital marketing, Anda dapat menggunakan layanan SEO dari Dreambox. Hubungi kami atau kunjungi halaman berikut untuk informasi selengkapnya.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms