Apa Manfaat Menulis Artikel Secara SEO – Friendly?

SEO

Penulisan Artikel SEO yang disukai Google

Banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan website bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan memastikan Anda memiliki konten yang SEO-friendly di dalamnya. Menambahkan artikel-artikel SEO-friendly akan memudahkan mesin pencari menemukan platform Anda. Jika tidak ada seorang pun yang melihat website Anda, maka artikel terbaik pun tidak akan memberikan efek apa-apa.

Itulah mengapa Anda perlu menulis artikel yang baik secara SEO supaya website Anda muncul di halaman pertama pencarian. Tapi, apa hanya ini manfaat artikel SEO bagi bisnis Anda? Di sini, kamu sudah menyiapkan penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat serta cara menulis artikel SEO-friendly yang bisa Anda coba.

Apa saja manfaat menulis artikel SEO-friendly?

1. Meningkatkan traffic website

Manfaat artikel SEO yang pertama adalah mengoptimalkan visibilitas online Anda. SEO yang baik dan relevan dengan kebutuhan pengunjung akan meningkatkan jumlah orang yang datang ke website Anda. Semakin bertambahnya lalu lintas online ini, trafik pun akan terus meningkat. Anda juga makin berpeluang menawarkan produk dan jasa kepada lebih banyak orang.

2. Meningkatkan peringkat website di mesin pencari

Peringkat atau ranking website Anda di mesin pencari sangatlah penting. Berapa banyak dari kita yang akan menelusuri halaman kedua dan seterusnya di hasil pencarian suatu topik? Biasanya, kita akan mengandalkan informasi di halaman pertama mesin pencari dan website yang paling atas.

Dengan artikel SEO-friendly, konten website Anda akan masuk ke peringkat atas dalam hasil pencarian. Awareness masyarakat terhadap brand Anda akan naik, dan Anda akan bisa mendapatkan trafik yang berujung pada bertambahnya konsumen.

3. Menarik pengunjung baru

Mesin pencari adalah pintu menuju sumber informasi yang digunakan oleh miliaran penduduk. Melalui artikel SEO-friendly, Anda menarget orang-orang yang tertarik dengam bisnis Anda berdasarkan kata kunci yang relevan.

Jika Anda menggunakan kata kunci yang tepat, audiens yang tepat pun akan bisa menemukan Anda di internet. Naikkan kepercayaan pengunjung terhadap brand Anda dengan menampilkan website yang baik, dengan artikel yang juga baik, supaya mereka semakin tertarik.

4. Meningkatkan brand awareness

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness adalah lewat artikel SEO-friendly. Membuat artikel SEO-friendly juga sekaligus membuktikan bahwa Anda tahu apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Agar lebih menjawab kebutuhan pengunjung website, pastikan Anda memasukkan beberapa gambar, video, dan konten lain yang sesuai dengan informasi yang disampaikan.

Website yang hanya fokus pada niche tertentu bisa membawa keuntungan untuk brand-nya. Dengan memakai strategi SEO yang tepat, website tersebut justru bisa menjadi tujuan utama bagi orang-orang yang mencari informasi seputar topik tersebut. Ini mirip seperti Google sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan meski nyatanya ada banyak pilihan mesin pencari lainnya.

Hal serupa juga bisa terjadi pada brand Anda. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bisnis Anda dan produk atau jasa yang ditawarkan, bisnis Anda pun juga akan ikut berkembang.

5. Meningkatkan kredibilitas

Mudah sekali bagi berita atau informasi palsu tersebar luas di internet. Mencari informasi fakta yang aktual membutuhkan waktu, apalagi kalau harus bersaing dengan kompetitor yang menayangkan berita-berita clickbait. Tentunya menampilkan konten semacam ini akan berimbas negatif pada citra serta kredibilitas website Anda.

Karena mesin pencari yang menentukan posisi website dalam hasil pencarian, situs-situs serupa yang berada di peringkat teratas dianggap memiliki kualitas baik. Artikel SEO-friendly yang menjawab pertanyaan pengunjung dengan baik bisa membantu menambahkan trafik ke website Anda. Dampaknya adalah popularitas website yang meningkat.

Jika posisi website Anda dalam hasil pencarian bagus, maka konten-konten Anda dapat dipercaya oleh mesin pencari, yang artinya kredibilitas bisnis Anda juga akan bertumbuh. Masyarakat akan jadi sering mengunjungi platform Anda karena mereka percaya dengan informasi yang ada di website tersebut.

Tips Menulis Artikel SEO-Friendly

1. Riset kata kunci

Artikel SEO-friendly sangat bergantung pada kata kunci yang tepat dan relevan dengan kebutuhan pembaca. Maka dari itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat artikel SEO adalah melakukan riset untuk melihat kata kunci mana yang baik bagi konten Anda.

Perhatikan berapa banyak jumlah pencarian yang dilakukan terhadap kata kunci tersebut dan berapa tingkat kesulitan persaingan SEO yang ditampilkan. Jika volume pencarian kata kuncinya besar, itu artinya banyak orang yang mencari kata kunci tersebut. Apalagi jika tingkat persaingannya rendah, bisa jadi belum ada banyak konten mengenai hal itu. Ada peluang bahwa artikel Anda akan muncul di halaman pertama.

2. Sesuaikan artikel dengan intent pengguna

Intensi pembaca merujuk pada informasi yang ingin mereka temukan ketika mengetik kata kunci di mesin pencari. Hal ini sangat penting karena artikel yang Anda buat harus memiliki jawaban atas kebutuhan pembaca.

Supaya tahu intent pembaca tentang topik atau kata kunci yang ingin Anda angkat, Anda bisa mencari tahu bagaimana kompetitor membuat artikel SEO mereka. Telusuri hasil pencarian kata kunci ini dan lihat judul-judul atau website yang muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Jika banyak pembaca yang menghabiskan waktu membaca konten Anda, algoritma mesin pencari akan menganggap artikel Anda relevan dan layak mendapat posisi tinggi.

3. Paragraf singkat

Untuk tetap menarik perhatian pembaca, buatlah paragraf-paragraf singkat dalam artikel SEO Anda supaya mereka merasa nyaman. Umumnya, tiga kalimat per paragraf sudah cukup untuk menyampaikan informasi yang diinginkan. Kalau topik yang ingin Anda bawa cukup panjang, pisahkan menjadi sub-topik supaya bisa lebih fokus dan artikel lebih rapi.

Panjang paragraf yang optimal untuk artikel SEO-friendly adalah 100 sampai 200 kata. Untuk tiap kalimatnya sendiri, disarankan sepanjang 20 kata saja. Paragraf yang singkat, padat, dan jelas akan membuat artikel Anda lebih mudah terbaca.

4. Gunakan teknik piramida terbalik

Salah satu teknik menulis yang baik dengan mengaplikasikan piramida terbalik, di mana poin utama yang paling penting berada di awal artikel. Semakin ke bawah, kepentingan poin yang dibicarakan akan makin berkurang, hingga akhirnya informasi yang paling tidak penting berada di akhir. 

Gaya penulisan ini akan membantu Anda menyusun topik dengan baik karena kebanyakan orang hanya memiliki tingkat atensi yang rendah. Jangan membuat artikel yang bertele-tele. Letakkan informasi utama di bagian awal untuk memudahkan pembaca mendapatkan informasi yang mereka cari.

Menulis artikel SEO-friendly merupakan salah satu strategi efektif dalam digital marketing. Bahkan menurut BrightEdge, SEO bisa mendorong lebih dari 1,000% trafik dibandingkan media sosial organik. Tapi, sudah bukan zamannya lagi untuk menyisipkan sebanyak mungkin kata kunci yang ingin Anda target, karena mesin pencari pun makin canggih dalam membedakan mana konten yang spamming dan mana yang berkualitas. 

Anda perlu menerapkan kaidah-kaidah penulisan artikel SEO dengan seimbang untuk memastikan konten Anda akan berguna bagi pembaca. Persaingan yang ada pun sangatlah ketat karena ada jutaan konten baru tiap harinya. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.