Apa Saja Jenis dan Fungsi Kata Kunci dalam SEO

SEO

Tahukah Anda apa fungsi kata kunci dalam konten yang dibuat di internet?

Jika Anda sedang bergerak dalam bisnis digital, atau hendak menyebarkan brand atau bisnis Anda secara digital, Anda harus mengetahui fungsi kata kunci atau keyword ini. Dalam pembuatan konten, baik artikel, image, video, maupun sebuah caption di media sosial sangat penting untuk memperhatikan penerapan dan kaidah SEO. Hal ini merupakan pengetahuan mendasar bagi pembuat konten.

Terutama pengetahuan mengenai keyword, apa maksudnya, gunanya, serta bagaimana penerapannya. Nah, bagi Anda yang belum tahu dan mau belajar, bisa cek uraian di bawah ini.

Baca Juga:  Berbagai Keuntungan Menggunakan SEO Agency Jakarta, Simak Cara Kerjanya

Apa itu Kata Kunci dalam SEO?

Sebelum bisa menerapkan SEO dalam konten-konten digital yang Anda posting di situs maupun akun sosial media, sebaiknya ketahui dahulu fungsi kata kunci dalam SEO. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya dengan maksimal.

Ketika Anda mencari tahu mengenai SEO, maka keyword akan sangat sering muncul. Para content creator atau para blogger pasti sudah tidak asing dengan istilah satu ini. Namun, bagi yang belum tahu, kata kunci adalah satu atau lebih yang sering digunakan para peselancar dunia maya untuk mencari data dan informasi di internet. Kata-kata ini akan disimpan dan digunakan oleh mesin pencari sehingga dapat menampilkan informasi relevan.

Jika disimpulkan fungsi, kata kunci ini sangatlah besar dalam SEO dan menjadi penentu kesuksesan sebuah konten. Dengan adanya keyword dalam sebuah konten bisa membuat situs atau blog tempatnya berada masuk dalam jajaran rekomendasi situs teratas oleh mesin pencari.

Apabila masuk dalam situs rekomendasi, maka sebuah situs memiliki potensi lebih besar untuk dikunjungi oleh pengguna internet. Tingginya angka pengunjung akan meningkatkan jumlah view, dan membuat sebuah situs semakin terpercaya.

Dengan kemampuan atau fungsi kata kunci ini, maka sudah dipastikan menggunakan keyword merupakan hal penting dalam penerapan SEO. Bahkan, keyword juga dapat dikatakan sebagai bagian utama dan terpenting dalam SEO.

Jadi, ketika Anda hendak menciptakan sebuah konten sesuai kaidah SEO, maka keyword merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan. Pilih kata kunci dengan bijak untuk dapat membuat konten terbaik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja SEO dan Apa Perbedaannya dengan SEM?

Jenis Kata Kunci

Dalam penerapan di SEO, keyword terbagi atas beberapa jenis untuk menyesuaikan dengan opsi konten yang dipilih serta strategi masing-masing pengguna. Berikut beberapa jenis keyword berdasarkan jumlah kata:

1. Keyword Pendek

Umumnya keyword ini hanya terdiri dari 1-2 kata saja. Jumlah keyword ini tetap tidak berkurang ataupun bertambah, misalnya rumah sehat, kesehatan keluarga, dan lainnya. Keyword ini cukup populer karena penggunaannya yang umum dan praktis.

Karena umum digunakan, persaingan pengguna kata kunci 2 huruf juga sangat banyak sehingga akan cukup sulit mendapatkan posisi utama di halaman pertama hanya dengan menggunakan keyword 2 kata.

2. Keyword Panjang

Keyword ini memiliki lebih dari 2 kata dan cukup spesifik. Karena sifatnya yang spesifik, Anda juga dapat mentargetkan audiens dengan lebih spesifik juga. Namun, seringkali keyword ini tidak memiliki jumlah pencarian sebanyak keyword pendek, dan lebih canggung dari keyword pendek.Misalnya, apa itu bulgogi, cara memasang kabel pada panel TV, dan lain sebagainya. 

3. Keyword Abadi

Merupakan jenis keyword yang tidak akan habis dimakan waktu. Keyword ini bersifat umum dan dapat bertahan tidak hanya selama beberapa bulan, namun juga mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Jenis kata kunci ini membuat konten Anda tidak akan kadaluarsa, tapi persaingannya cukup tinggi karena banyak orang yang juga menggunakannya. Contohnya seperti cara menumbuhkan rambut alami, tips diet tanpa olahraga, tips membuat kue kering, dan berbagai aspek kehidupan sehar-hari lainnya.

4. Keyword Musiman

Fungsi kata kunci satu ini hanya bisa bertahan selama kurun waktu tertentu, misalnya mengangkat sesuatu yang tengah viral di masyarakat atau warganet. Temanya bisa apa saja, mulai dari makanan hingga olahraga. Sama seperti keyword panjang, keyword musiman juga memiliki target audiens yang spesifik. Namun karena hanya mengikuti relevansi yang bersifat sementara, keyword ini jarang dapat bertahan jika tidak dikaitkan dengan topik yang lebih umum.

Contoh keyword musiman adalahJuara Piala Eropa 2020, kapan covid pertama kali masuk ke indonesia, apa itu dalgona coffee, es serut milo, dan lainnya. Biasanya keyword jenis ini ditambahkan dengan waktu, contohnya tahun atau bulan tertentu.

5. Keyword Umum

Yaitu pilihan keyword yang dapat menjangkau semua orang. Jadi konten yang Anda tulis merupakan sebuah konten dengan tema umum dan dapat dimengerti serta disukai oleh banyak orang.

Fungsi kata kunci ini adalah mendatangkan pengunjung dari berbagai golongan pengguna internet. Pilihan temanya berupa hal-hal umum yang bisa dinikmati oleh siapa saja, dari berbagai kalangan dan usia.

Mulai dari rekomendasi cafe 2022, cara mengenali gejala omicron, kenali fungsi jantung Anda, pahami efek kurang tidur berkepanjangan, dan lain sebagainya.

 6. Keyword Khusus

Sama seperti namanya, penggunaan kata kunci ini memiliki target khusus, misalnya menargetkan para ibu rumah tangga, karyawan kantor, dan target lainnya. Demografis targetnya bisa berdasarkan gabungan jenis kelamin, usia, profesi, maupun hob tertentui.

Contoh keyword khusus dengan pencarian yang cukup besar adalah olahraga untuk ibu hamil, makanan untuk penderita asam lambung, tips menabung bagi mahasiswa, trik berkebun di lahan sempit, cara atasi nyeri haid, serta beberapa contoh lainnya.

Baca Juga:  Ketahui Ciri Artikel SEO Friendly serta Tahapan Membuatnya

Fungsi Kata Kunci

Bagi seseorang atau kelompok maupun organisasi yang memiliki misi untuk membangun sebuah situs dan blog, jumlah kunjungan yang sehat menjadi tujuan situs. Dengan demikian, sangat penting bagi Anda untuk memahami serta menggunakan keyword.

Apalagi saat ini mesin pencari memiliki algoritma sendiri dalam menentukan situs-situs rekomendasinya. Dalam dunia informasi saat ini, optimasi SEO dan fungsi kata kunci menjadi sangat penting.  Fungsi-fungsi yang dimaksud mencakup:

1. Bagi Blogger

Yang paling merasakan manfaat dari adanya optimasi SEO menggunakan keyword adalah pemilik blog atau situs. Sebab membuat sebuah konten berada dalam kelompok pencarian utama.

Ketika konten yang dihasilkan mampu berada di barisan utama rekomendasi mesin pencari, hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan terhadap situs asal konten tersebut, atau juga keseluruhan situs blogger..

Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuan dari blogger itu sendiri. Dengan demikian, blogger akan mendapatkan keuntungan nyata dan juga apresiasi terhadap konten mereka.

2. Bagi Mesin

Fungsi kata kunci juga ada untuk mesin pencari. Penggunaan kata kunci yang baik akan memudahkan pekerjaan algoritma untuk menemukan kemudian menampilkan informasi relevan. Pengguna akan merasa sangat terbantu dan puas.

Karena hal ini semakin meningkat kepercayaan kepada mesin pencari karena pengguna internet merasa keberadaannya sangat membantu. Jadi, akan meningkatkan popularitas mesin pencari tersebut.

3. Bagi Situs/Blog

Fungsi kata kunci juga akan dirasakan oleh situs/blog yaitu dapat meningkatkan peringkat di halaman hasil pencari. Jika sebuah situs/blog dikelola oleh blogger yang menerapkan SEO dalam setiap konten, maka situs atau blog tersebut akakn memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berada di halaman pertama.

Artinya, pengunjung akan datang berkunjung dan melihat informasi yang diinginkan. Jadi, ketika membuat konten pastikan menggunakan optisamasi SEO = rel “nofollow” dengan penempatan keyword yang tepat.

Baca Juga: SEO Merupakan Long Term Investment, Ini Buktinya!

Pada intinya, bagi para blogger atau pelaku bisnis yang hendak go digital, sangat penting untuk mempelajari mengenai SEO, khususnya tentang kata kunci. Sebab keyword menjadi hal penting agar bisa menaikkan rating konten dan memunculkannya di halaman mesin pencari. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.