Bagaimana Cara Kerja SEO dan Apa Perbedaannya dengan SEM?

SEO

Pernahkah Anda mendengar tentang SEO?

Jika Anda pernah mendengar tentang SEO (Search Engine Optimization), besar kemungkinannya Anda juga pernah mendengar mengenai SEM atau Search Engine Marketing. Bagi sebagian orang kedua istilah ini terdengar sama dan seringkali disangka sebagai hal yang sama. Meski sama-sama berguna untuk meningkatkan awareness bisnis atau brand Anda dalam mesin pencari,  kedua hal ini merupakan dua hal berbeda.

Bagi para pelaku usaha atau blogger, penggunaan SEO merupakan hal penting karena akan sangat berpengaruh pada trafik situs mereka. Pada dasarnya, trafik suatu situs sangat berkaitan dengan kesuksesan situs tersebut menarik pelanggan atau audiens ke bisnis Anda. Semakin besar dan seimbang trafik situs Anda, berarti semakin banyak calon pelanggan yang mengetahui brand atau bisnis Anda.

SEO dan SEM memiliki tugas yang serupa, namun penggunaan dan cara mempertahankan keduanya sangat berbeda. Bagi Anda yang tertarik akan hal ini, berikut paparan lebih lanjut mengenai kedua istilah tersebut.

Baca Juga:  Tingkatkan Traffic Pengunjung dengan Tips Optimasi Instagram SEO Berikut

Apa yang Dimaksud dengan SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah metode yang digunakan untuk membuat situs berada di urutan teratas pencarian. Pencarian yang dimaksudkan adalah pencarian oleh pengunjung internet menggunakan mesin pencari. Mesin pencari paling banyak digunakan saat ini adalah Google, dan Google merupakan mesin pencari yang menggunakan algoritma khusus.

SEO dapat menempatkan situs di posisi (rank) teratas dalam pencarian dengan memanfaatkan algoritma khusus tersebut. Dengan demikian, ketika seorang pengguna internet mencari sesuatu yang berkaitan dengan bisnis atau brand Anda, mesin pencari yang mereka gunakan akan langsung merekomendasikan situs Anda sebagai hasil pertama.

Cara kerja SEO tidak hanya mengenai posisi di pencarian saja, melainkan juga meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik di situs Anda. Dengan demikian, situs Anda akan sampai ke orang-orang yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis Anda (conversion), baik itu dalam bentuk pembelian, pendaftaran, dan lain sebagainya. Di sinilah bisnis atau brand Anda akan mulai menuai keuntungan.

Baca Juga:  Berbagai Keuntungan Menggunakan SEO Agency Jakarta, Simak Cara Kerjanya

Apa Perbedaan SEO dan SEM?

SEO seringkali dikaitkan dengan SEM karena keduanya memang memiliki keterkaitan. Namun, bukan berarti keduanya sama. Anda harus tahu bahwa SEO dan SEM berbeda, mulai dari kepanjangan, pengertian, biaya, hingga tampilan di mesin pencari berbeda.

Jika cara kerja SEO berfokus pada peningkatan performa situs, maka SEM atau Search Engine Marketing fokus pada menjaring trafik hingga konversi dengan cara instan. Jika dijabarkan, perbedaan keduanya adalah:

  1. Search Engine Optimization bekerja dengan menumbuhkan situs agar mendapatkan posisi teratas saat pencarian. Sedangkan Search Engine Marketing merupakan strategi pemasaran untuk menempatkan situ di halaman teratas pencarian.
  2. Search Engine Optimization bisa gratis atau berbayar, sedangkan Search Engine Marketing pasti berbayar.
  3. Cara kerja SEO dapat menggunakan tools maupun tidak menggunakannya, sedangkan Search Engine Marketing pasti membutuhkan Google Ads, Google Keyword Planner.
  4. Search Engine Optimization membutuhkan waktu untuk mendapatkan ranking, sedang Search Engine Marketing bekerja dengan lebih cepat.

Perlu diketahui bahwa performa Search Engine Marketing lebih pendek karena setelah durasi iklan habis, posisi situs Anda akan kembali turun. Search Engine Optimization memang membutuhkan waktu dalam pengerjaannya, namun metode ini juga akan memberikan efek jangka panjang.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

Manfaat SEO Bagi situs

Saat ini sudah banyak channel marketing yang dapat digunakan untuk melakukan promosi, mulai dari beriklan di Instagram, shorts di YouTube,  dan lain sebagainya. Namun, mengapa cara kerja SEO masih banyak diterapkan? Jawabannya adalah karena SEO berguna untuk:

  1. Mempermudah audiens menemukan situs Anda. Dengan Anda sebagai hasil pencarian pertama yang mesin pencari rekomendasikan pada audiens, audiens juga akan lebih percaya pada bisnis atau brand Anda.
  2. Menjaring audiens sesuai dengan target yang diinginkan oleh pemilik bisnis atau blogger dan meningkatkan potensi tercapainya tujuan bisnis situs.
  3. Bantu situs baru maupun situs bisnis Anda dalam melakukan perkenalan dengan audiens dan meningkatkan brand awareness.
  4. Cara kerja SEO memperbesar kesempatan bisnis Anda, terutama hasil pencarian mesin pencari dapat mempengaruhi 39% keputusan audiens. Dengan demikian dapat menjadi salah satu investasi jangka panjang pelaku bisnis.
  5. Jika diterapkan dengan menyeluruh, SEO akan dapat membantu meningkatkan nilai konversi dan penjualan.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

Jenis-jenis SEO yang Perlu Diketahui

Dalam penerapannya di situs dan konten, ada 3 jenis cara kerja SEO yang dapat digunakan. Ketiganya sama-sama bertujuan meningkatkan ranking situs namun dengan fokus berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak paparan ini:

1. SEO on Page

Tujuan utamanya adalah membantu konten di situs Anda dapat ditemukan dengan lebih mudah oleh target pasar. Dalam hal ini, aspek yang dipengaruhi adalah permalink, judul konten, struktur, gambar, serta sebaran keyword.

2. SEO Off Page

Cara kerja SEO Off Page adalah membantu mesin pencari memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten bagi orang lain. Dalam penggunaannya, cara kerja ini berfokus pada pengoptimalan:

  1. Link building
  2. Peningkatan domain authority
  3. Peningkatan page authority
  4. Promosi
  5. Guest blog

Jika pengoptimalannya tepat dan kuat, maka mesin pencari akan memiliki keyakinan bahwa situs Anda bermanfaat bagi orang lain sehingga makin direkomendasikan.

3. Technical SEO

Cara kerja SEO ini bertujuan melakukan optimalisasi struktur situ sehingga memberikan kinerja maksimal dan mudah diterima Google. Jadi, fokusnya pada bagian dalam situs pada area berikut:

  1. Kecepatan
  2. Struktur
  3. XML sitemap
  4. Keamanan situs (SSL)
  5. Tema responsive
  6. Layout
  7. Navigasi

Bisa dikatakan bahwa search Engine Optimization bukan hanya fokus pada keyword saja. Namun, juga memperbaiki isi konten di situs Anda, bahkan juga memperbaiki struktur sebuah situs sehingga benar-benar dapat diterima oleh mesin pencari.

Baca Juga:  Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Jasa SEO

Beberapa Macam Cara Kerja SEO

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. Oleh sebab itu, Google menggunakan perhitungan yang mendetail dalam menempatkan sebuah situs di posisi teratas.

Ada teknik dan algoritma yang digunakan untuk menyeleksi ribuan situs, barulah setelah situs-situs berhasil melewati seleksi tersebut dapat ditempatkan pada posisi teratas. Dalam menyeleksi ini digunakan web crawler dengan sistem kerja berikut ini:

1. Crawling

Yaitu proses mengumpulkan lalu menyimpan laman situs yang baru dirilis atau diperbaharui. Mesin pencari akan bekerja dari halaman ke halaman lainnya dan memeriksa setiap link yang ada.

 2. Indexing

Cara kerja SEO berikutnya adalah indexing, yaitu ketika mesin pencari mempelajari struktur sebuah situs serta kualitasnya untuk melihat relevansi dengan kebutuhan audiens. Lalu melihat kredibilitas setiap halaman web yang sudah tersimpan.

3. Processing

Di mana mesin pencari akan menerima permintaan dari pengunjung internet yang memasukkan kata kunci. Kemudian mesin pencari akan melakukan proses dengan mengolah kata kunci tersebut.

4. Calculating Relevancy

Cara kerja SEO berikutnya adalah memproses menghitung relevansi kata kunci pada setiap halaman tersimpan, kemudian menghitung berapa banyak kata kunci tersebut digunakan pada satu halaman situs.

 5. Retrieving Result

Langkah terakhir adalah mengambil result paling relevan dari kata kunci dan menampilkannya dalam satu halaman. Di halaman ini akan ter-index halaman-halaman sesuai dengan kata kunci yang paling relevan.

Setiap mesin pencari menggunakan algoritma tersendiri untuk memproses pencarian dan halaman situs yang relevan. Setiap mesin pencari akan melakukan pembaharuan terhadap algoritma pencariannya sehingga index bisa berubah.

Oleh sebab itu, para blogger maupun pemilik bisnis harus selalu melakukan update sehingga bisa tetap berada di peringkat atas pencarian. Namun, banyak juga yang kurang mengerti mengenai hal ini sehingga langsung menyerahkan penanganannya kepada para ahli.

Baca Juga:  Ketahui Ciri Artikel SEO Friendly serta Tahapan Membuatnya

Penerapan search Engine Optimization sangat penting bagi pelaku bisnis yang melakukan pemasaran digital ataupun blogger. Namun, sebelum menerapkannya Anda perlu mempelajari cara kerja SEO ini dengan seksama untuk mendapatkan penerapan yang lebih mantap.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.