Apa Itu Content Marketing? Apa Keuntungannya Bagi Bisnis Anda?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Ketahui apa itu konten marketing sebelum menggunakannya.

Apa itu content marketing? Logikanya setiap pebisnis online harus mengupdate laman sosial media atau website dengan isi relevan penawaran produk. Ini harus dilakukan secara rutin setiap hari agar memberi keuntungan. Konten adalah isi pesan yang ingin disampaikan kepada audiens sehingga mendapat traffic. Bisa berupa teks, foto produk dan ulasan singkat, video, tutorial produk, review dan sebagainya, sehingga dapat menarik perhatian. Setiap upaya memberikan informasi kepada orang lain disisipi dengan kalimat persuasif adalah bentuk marketing atau promosi. Jadi aktifitas ini bebas dilakukan secara offline maupun online saat ini oleh semua orang. Banyak online marketer yang lebih fokus membuat konten untuk pemasaran dibanding melakukan hard selling. Lebih diterima oleh audiens karena tidak ada paksaan, lebih mudah dan luas jangkauannya bagi para marketer.

Baca Juga: Ampuh! 8 Langkah Membuat Strategy Social Media Marketing

Memahami Apa Itu Content Marketing

Yaitu teknik berkaitan dengan aktivitas promosi yang didalamnya terdapat pembuatan serta penyebaran konten secara online. Aktivitas promosi tersebut dalam bentuk unggahan melalui platform digital secara langsung untuk menarik calon pelanggan. Mengunggah suatu materi ke dalam website pribadi atau sosial media harus memenuhi syarat tertentu. Paling utama adalah relevan dengan maksud penyampaian pesan kepada khalayak ramai, sehingga audiens tahu maksud isinya. Suatu unggahan juga harus memiliki sisi kepentingan atau urgensi. Apabila tidak diunggah dapat menyebabkan kesalahpahaman atas informasi sebelumnya. Atau salah paham terhadap produk yang ditawarkan. Akibatnya tidak akan terjadi transaksi. Konsisten juga merupakan salah satu syarat sebuah konten yang ditujukan untuk keperluan penawaran. Dengan konsistensi Anda meyakinkan kepada audiens bahwa akun dan bisnis yang dijalankan adalah valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

 Elemen dalam Konten Marketing

Memahami apa itu content marketing Anda harus mengetahui bahwa ada 2 elemen yang menyusunnya. Elemen ini merupakan syarat sebuah unggahan di media sosial memiliki makna promosi atau penawaran. Berikut elemennya:

  1. Memenuhi 3 syarat yaitu penting, relevan dan konsisten. Seperti disinggung sebelumnya, bahwa dalam menulis atau membuat suatu konten itu isinya harus bermakna, penting, relevan dengan tujuan dan dilakukan secara konsisten. Anda perlu menhingat kembali bahwa tujuan aktivitas ini adalah untuk meyakinkan audiens. Dengan meyakinkan audiens, hal ini akan membuat Anda bisa menarik perhatian mereka supaya menggunakan produk/ jasa yang sedang ditawarkan tersebut. Contohnya, Anda menjual produk suplemen multivitamin. Informasi yang Anda sampaikan harus berkaitan langsung dengan produk, penting karena berhubungan dengan manfaat. Selain itu harus dilakukan secara berkala untuk meyakinkan calon konsumen.
  2. Pencapaian mengkonversi audiens menjadi konsumen. Ini merupakan bagian paling penting untuk mendapatkan konsumen, sehingga Anda bisa menarik calon pelanggan baru lewat kegiatan konversi tersebut. Itulah kenapa semua harus ada pencapaiannya. Artinya semua yang melihat unggahan Anda harus dapat dipengaruhi untuk membeli produk. Jadi bukan hanya sebagai penikmat isi dari laman website atau sosial media, namun juga memanfaatkan penawaran di dalamnya. Pada dasarnya dalam membuat sebuah konten membutuhkan waktu yang lama. Menguploadnya ke dalam iklan memerlukan biaya, sehingga harus mendapatkan imbal balik. Sebagai pebisnis imbal balik tersebut berupa angka penjualan nyata.

Macam-Macam Bentuk Konten yang Menarik

Apa itu content marketing? Lebih jelas lagi mempelajari berbagai bentuknya yang umum ditemukan. Anda mungkin sering menemukannya saat berselancar menggunakan fasilitas internet namun belum menyadari bahwa isinya berupa konten marketing.

  1. Blog merupakan bentuk paling mudah ditemui sebagai konten marketing. Dengan memiliki blog, setiap pebisnis bebas menuliskan apa saja terkait usaha yang dijalankan. Mulai profil perusahaan, katalog, manfaat produk dan harga.
  2. Ebook masuk dalam kategori bentuk penawaran umumnya berupa sebuah edukasi. Ilmu mengenai suatu keahlian seperti bisnis online, tutorial bahasa dan sebagainya. Menjual ebook saat ini sudah umum dilakukan pengguna internet.
  3. Video merupakan jenis konten paling banyak diminati semua orang sebab lebih menarik. Penyampaian pesan mudah dimengerti meski oleh orang baru mengenal internet. Bahkan jenis unggahan ini mampu menaikkan organic traffic.
  4. Mengenai apa itu content marketing, email terkesan resmi, namun cukup potensial digunakan sebagai sarana penyampaian pesan berisi penawaran produk/ jasa. Lebih privasi dan spesifik, audiens bisa langsung berinteraksi dengan pebisnis.
  5. Sosial media. Bahasa yang digunakan dalam sosial media bisa lebih santai meski secara implisit terdapat ajakan membeli produk maupun jasa. Audiens merupakan circle terdekat, cukup potensial dikonversi menjadi konsumen tetap.

Keahlian Penting dalam Konten Marketing

Membahas apa itu content marketing tidak lepas dari keahlian yang perlu dimiliki saat ini. Anda harus memiliki skill komunikasi. Secara lisan maupun tulisan harus mumpuni sehingga ide yang dituangkan dapat dipahami. Skill menulis yang baik dan menarik. Dalam bahasa bisnis disebut dengan copywriting, yaitu tulisan yang ditujukan untuk penawaran. Harus memahami keberagaman tema sesuai dengan target konsumen yang ingin dituju sekarang. Skill analisa juga penting dimiliki. Anda harus update dengan trend terbaru dalam dunia bisnis dan periklanan. Media paling hits yang digunakan perlu diikuti seperti podcast atau video pendek semacam TikTok.

Keuntungan Content Marketing Bagi Bisnis

Setelah memahami beberapa aspek dalam apa itu content marketing Anda perlu juga mengetahui keuntungan yang bisa didapat. Dalam bisnis, sebuah konten pemasaran sangat menentukan keberhasilan, berikut keuntungan menggunakan media tersebut.

  1. Investasi. Jika menggunakan iklan berbayar, angka penjualan meningkat namun hanya dalam beberapa waktu saja. Konten lebih bertujuan untuk jangka panjang. Bisa bertahan hingga berbulan-bulan setelah kontennya tersebut diunggah secara online.
  2. Meningkatkan traffic situs website atau sosial media. Konten yang menarik dapat menarik perhatian pengguna internet secara umum. Pengunjung website maupun sosial media Anda akan meningkat secara drastis. Ini peluang menjanjikan.
  3. Mendapat loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan didapat seiring meningkatnya kepercayaan konsumen. Sebab website maupun sosial media yang diikuti selalu aktif memberikan informasi bermanfaat. Selain produk bisa juga berupa tips dan edukasi.
  4. Konversi audiens. Paling mudah mengkonversi audiens menjadi konsumen kemudian menjadi pelanggan. Berawal dari ketertarikan terhadap informasi yang disampaikan, kemudian terdorong untuk mencoba produk. Selanjutnya akan menjadi pembeli tetap yang menguntungkan.

Baca Juga: Apa Itu Website? Berikut Pengertian, Manfaat Serta Cara Membuatnya

Era digital saat ini menuntut setiap pebisnis untuk lebih aware terhadap perkembangan pola usaha. Keterbukaan terhadap informasi termasuk pemahaman apa itu content marketing penting demi mendukung eksistensi bisnis yang dijalankan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms