Apa Itu Website? Berikut Pengertian, Manfaat Serta Cara Membuatnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
membuat-situs-tidak-sesulit-yang-dibayangkan-dreambox

Apa itu website? Sudahkan Anda mengetahuinya?

Dalam kehidupan sehari-hari tentu Anda sering mendengar apa itu website. Hampir semua informasi saat ini mudah diakses menggunakan media yang satu ini. Karena mempermudah segala kebutuhan masyarakat dan menyingkat waktu. Seolah menjadi kebutuhan bagi setiap lapisan masyarakat. Banyak hal dapat mudah didapat guna menunjang pembelajaran, pekerjaan maupun hobi. Sekarang mencari literatur untuk kebutuhan skripsi, laporan penelitian juga jadi lebih mudah. Informasi seputar hiburan, kebutuhan sehari-hari, akomodasi lebih cepat didapat. Cukup tap-tap di HP dan dalam hitungan detik Anda mendapat apa yang dibutuhkan. Kecepatan teknologi mengimbangi tren dan gaya hidup masyarakat. Bahkan banyak orang semakin meninggalkan cara-cara konvensional sebab dinilai semakin kurang praktis. Trend seperti ini adalah peluang bagi pebisnis maupun influencer untuk mendapatkan perhatian besar bagi pengguna internet saat ini.

Baca Juga: Gunakan 7 Digital Marketing Channel untuk Tingkatkan Omzet Bisnis Anda

Memahami Pengertian Apa Itu Website Lebih Jauh

Sekarang ada berbagai tipe informasi dimuat dalam web sesuai pencarian. Ada yang bertema hiburan, berita terkini, traveling, edukasi, tips, kesehatan, olahraga dan masih banyak lagi. Dan tidak hanya memuat teks. Jadi bila ditanya apa itu website? Halaman internet yang memuat berbagai informasi. Anda dapat menemukannya dengan memanfaatkan mesin pencarian internet. Cukup ketik nama atau alamat yang diinginkan pada search bar, sehingga dengan cara inilah cukup membantu Anda menemukan semua artikel. Dimana cara ini efektif memudahkan Anda untuk menemukan konten terbaik sesuai kebutuhan. Jadi lebih mudah dan praktis mencari apa saja. Berbagai tipe konten bisa Anda temukan mulai dari gambar, animasi, video, music, film. Semua bisa ditemukan hanya dalam waktu selama beberapa detik saja. Tergantung kecepatan akses internet dan kualitas perangkat.

Mengenal Jenis Website secara Umum

Mengenal apa itu website tidak lepas dari berbagai jenis yang ada. Setiap jenis dibuat berdasarkan pengembangannya dengan tujuan tertentu. Terdapat 3 jenis yang biasa ditemukan. Berikut macam-macam web secara umum:

  1. Statis. Jenis pertama adalah statis. Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa jenis ini tidak banyak modifikasi. Jika ada hanya pada tampilan dan desain saja bukan isi atau konten di dalamnya. Contoh website resmi perusahaan. Memuat profil perusahaan, sejarah berdiri, kepengurusan, lini usaha dan sebagainya. Info tersebut umumnya tidak akan mengalami perubahan selama perusahaan masih berdiri. Karena merupakan informasi dasar perusahaan.
  2. Dinamis, artinya terdapat perubahan atau modifikasi dalam beberapa aspek. Bukan hanya desain, tapi juga perubahan pada konten. Bahkan perubahan dapat terjadi setiap waktu, contoh e-commerce, sosial media, publikasi online, blog.
  3. Interaktif. Dirancang untuk memfasilitasi komunikasi setiap pengguna. Contoh sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram. Dari contoh ini tentu sudah jelas apa itu website sebab Anda pasti menjadi salah satu penggunanya.

Unsur-Unsur yang Ada dalam Website

Sering menggunakan platform digital dalam berbagai keperluan, Anda harus pahami unsur-unsur yang membangun apa itu website. Berikut 3 unsur yang ada di dalam sebuah web paling penting saat ini, yaitu:

  1. Domain. Yaitu alamat yang menunjukkan tujuan orang dalam mencari. Berupa nama unik yang mewakili server. Mempermudah saat Anda mencari suatu alamat, contoh .com, .org, .go.id dan masih banyak lagi.
  2. Hosting. Lokasi penyimpanan file maupun data. Tanpa adanya hosting maka web Anda tidak akan dapat dibuat. Tempat penyimpanan ini memungkinkan semua pengguna internet mengaksesnya dengan mudah melalui lokasi penyimpanan tersebut.
  3. Konten. Konten adalah isi yang menunjukkan tema sebuah web. Apakah berisi edukasi, penawaran jual beli, info traveling dan sebagainya. Konten sangat penting sebab menunjukkan karakter dan pesan dari pemilik web.

Setelah memahami unsur-unsur yang tersedia di dalam sebuah website, tentunya ini akan memudahkan Anda mengetahui seperti apa manfaatnya, sehingga Anda tahu bagaimana cara membuat yang benar agar dapat merasakan manfaatnya.

Manfaat Menggunakan Website dalam Bisnis

Setelah memahami jenis dan unsurnya, Anda sudah dapat menebak manfaat apa itu website. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah halaman website khususnya bagi pebisnis atau influencer, antara lain:

  1. Bagi influencer atau pebisnis sangat penting memiliki website pribadi. Sebab menjadi sarana untuk personal branding. Anda dapat menulis konten, membuat video, upload gambar sesuai passion supaya dikenal oleh pengguna internet.
  2. Promosi produk/ jasa. Memudahkan penawaran produk maupun jasa. Anda bisa mengupload gambar produk yang menarik. Bisa juga dalam bentuk katalog, sehingga calon konsumen bisa memilih sendiri produk yang akan dibeli.
  3. Tidak terbatas bagi pebisnis, Anda bisa memanfaatkan website sebagai tempat untuk menyampaikan pesan positif. Contoh pengalaman traveling, pengalaman belajar ke luar negeri dengan beasiswa, tips bermanfaat seputar pekerjaan dan sebagainya.
  4. Menjadi tempat untuk membagikan berbagai pengalaman, pengetahuan, keahlian untuk menarik audiens. Contoh, memiliki hobi menulis cerita fiksi, Anda dapat menuangkannya dalam website. Traffic yang didapat akan memberikan keuntungan secara finansial.
  5. Media komunikasi baik personal maupun komunitas. Contoh, bersama rekan alumni universitas membuat wadah untuk silaturahmi antar angkatan. Dalam jangka panjang manfaatnya akan dirasakan banyak orang. Karena bisa berperan media komunikasi.

Jadi setelah melihat ulasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya manfaat dari sebuah web itu ada banyak sekali untuk perkembangan bisnis dan sejenisnya. Itulah kenapa banyak orang membuatnya.

Cara Sederhana Membuat sebuah Website

Setelah mengetahui seluk-beluk sebuah website Anda pasti bertanya bagaimana cara membuatnya. Mengingat manfaatnya begitu banyak khususnya bagi jiwa pebisnis dan influencer. Pada dasarnya mudah, ikuti cara berikut ini untuk membuatnya.

  1. Pilih platform. Anda bisa membuat website menggunakan platform populer. Platform ini disebut juga dengan istilah CMS (Content Management System). Platform paling populer saat ini adalah WordPress, tersedia panduan bagi pengguna.
  2. Jika sudah memilih platform atau CMS, Anda harus menentukan domain yang menunjukkan alamat anda. Bisa nama, kemudian diakhiri dengan domain dan hosting sesuai tujuan atau konten dalam web yang dibuat.
  3. Setelah alamat selesai dibuat, Anda harus menginstal paket lalu mulai menulis konten. Pada CMS yang dipilih umumnya sudah tersedia template, Anda cukup mengikutinya dengan mengisi sesuai menu dan konten pilihan.

Baca Juga: Brand Equity Adalah? Kenali Manfaat dan Implementasinya

Tidak dibutuhkan keahlian khusus seperti bahasa pemrograman dalam membuat web. Sudah banyak template dan berbagai tutorial di internet. Begitu penting membuat apa itu website Anda juga harus mengelola dengan bijak. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms