Apa itu Pemasaran Digital: Tips, Manfaat dan Strateginya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
appa-itu-pemasaran-digital-dreambox

Sudahkah Anda mengetahui pemasaran digital?

Bila dilihat dari segi digital, perkembangan bisnis sekarang ini sudah sangat pesat. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak penyesuaian pemasaran digital, atau yang juga disebut dengan digital marketing.

Sebenarnya, seperti apa digital marketing ini, dan apa manfaat yang akan kita dapatkan jika menerapkannya?

Pengertian Pemasaran Digital

Digital marketing merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mempromosikan bisnis atau merek dengan cara menggunakan media digital agar bisa menjangkau konsumen dengan tepat waktu dan relevan dalam berbagai macam aspek. 

Pemasaran media digital ini akan memberikan informasi ke konsumen dengan cara melihat serta menerima iklan dengan aktif dari berbagai macam sumber, contohnya mulai dari Twitter, Instagram, Facebook dan berbagai media lain. 

Di era modern seperti sekarang ini, harus diakui bila persaingan bisnis semakin lama mengalami peningkatan. Faktor yang paling menonjol adalah persaingan digital. UMKM yang tidak dapat mengembangkan bisnis dengan cara digital akan merasakan dampaknya, karena persaingan yang begitu ketat, pelaku bisnis harus dapat mengimbangi bisnisnya dalam persaingan. 

Berbagai Strategi Pemasaran Digital yang Dapat Diterapkan

Beda dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional yang mungkin hanya sekedar itu-itu saja. digital marketing jauh lebih kompleks dan luas sehingga pemasaran yang dilakukan dapat disesuaikan dengan bisnis yang akan dijual. Berikut strategi digital marketing yang umum digunakan, antara lain:

1. SEO

Tidak sedikit literatur yang menjelaskan bila Search Engine Optimization (SEO) mempunyai peran penting yang berkaitan dengan strategi digital marketing. Bahkan, hal tersebut juga disampaikan oleh Neil Patel. Seorang profesional yang bergerak di bidang internet marketing serta entrepreneur. 

Dengan konten yang telah dioptimasi menggunakan teknik SEO, bisnis akan mudah dijangkau konsumen. Selain itu dari SEO, pemasaran juga akan menjadi semakin tertarget. 

2. SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan metode pemasaran yang menggunakan mesin pencari untuk memperoleh banyak konsumen. Lantas, apa beda SEO dengan SEM? SEM memungkinkan kita untuk langsung berada di peringkat paling atas hasil pencarian. 

Tentu saja memerlukan biaya untuk menerapkan strategi tersebut. Biaya yang dibutuhkan tergantung dari kata kunci yang ditargetkan. Salah satu kesamaan dari SEO serta SEM adalah target pasar yang relevan dan spesifik dengan bisnis yang akan dipromosikan.

3. PPC

Pay Per Click atau yang disingkat dengan PPC merupakan strategi marketing yang akan membuat pengiklannya dikenai biaya ketika terdapat pengguna yang mengklik iklan tersebut. Strategi ini memang mirip dengan SEM, tetapi terdapat beberapa platform yang menampilkan iklan PPC ke audiencenya. 

4. Affiliate Marketing

Ketika membahas pemasaran digital, affiliate marketing menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Bisa dikatakan bila pebisnis telah menerapkan strategi ini bila memasarkan produknya dengan membagi keuntungan dengan pebisnis lain. 

Contohnya, Anda bekerjasama dengan YouTuber atau TikTokers. Sebelumnya, pebisnis harus membuat URL unik dan disisipkan di deskripsi box. YouTuber yang bekerjasama harus memperkenalkan bisnis atau produk yang Anda miliki. 

Bila pengguna mengklik URL, nantinya akan langsung mengarah ke website yang dimiliki. Kemudian, bila pengguna melakukan pembelian, nantinya YouTuber tersebut juga akan memperoleh sebagian keuntungan. 

5. SMM

Social Media Marketing atau SMM juga menjadi pilihan strategi pemasaran lainnya. SMM tidak perlu dipertanyakan. Tetapi, penting mempertimbangkan mana platform media sosial yang paling sesuai dengan produk yang dimiliki. 

Sejumlah media sosial yang sering digunakan untuk mempromosikan produk seperti Twitter, Instagram, Facebook. Bila sudah memilih mana platform yang tepat, berikutnya buat konten marketing yang baik sehingga konten yang diberi pada target marketing akan relevan serta memberi manfaat bagi mereka. 

6. Email Marketing

Bila sudah mengumpulkan database customer, email marketing bisa dijadikan sebagai pilihan. Kelebihan dari strategi marketing ini adalah mereka yang telah mengenal bisnis Anda akan tertarik dengan informasi terbaru atau produk-produk terbaru yang ditawarkan dari email. 

Manfaat Menggunakan Pemasaran Digital untuk Promosi

Menggunakan teknik pemasaran ini tentu saja dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti:

1. Memberi Kemudahan untuk Melihat Adanya Perubahan Bisnis

Mengetahui ada tidaknya perubahan bisnis menjadi hal yang begitu penting. karena tidak semua pebisnis bisa dengan cepat mengetahui adanya perubahan di dalam usaha yang dimilikinya. Namun, dengan menggunakan strategi ini, hal tersebut bukan menjadi sebuah masalah, karena perubahan bisnis dapat diketahui tanpa perlu menunggu waktu lama.

2. Membantu Memenangkan Persaingan 

Sebelum teknologi komunikasi dan informasi berkembang dengan cepat seperti sekarang ini, pemula atau pengusaha kecil biasanya akan sulit memenangkan persaingan bisnis. Namun, sekarang tidak demikian. 

Bukan hanya membuat posisi pebisnis baru sejajar dengan pesaing, tetapi pemasaran digital juga akan memungkinkan pebisnis bersaing secara head to head dengan perusahaan atau merek besar. Tentu saja dengan cara menjalankan pemasaran yang sesuai serta menerapkan sejumlah media yang ada. 

3. Menjadi Sarana Penghubung

Digital marketing menggunakan berbagai macam media serta terhubung dengan customer. Walaupun satu sama lain belum saling mengenal, tetapi dengan adanya teknologi ini memungkinkan komunikasi yang terjalin dengan customer akan langsung cair. 

Inilah yang membuat digital marketing menjadi teknik pemasaran yang diminati karena pebisnis dapat lebih dekat lagi dengan pelanggan. Pelanggan menjadi salah satu hal penting dari kesuksesan bisnis. Oleh sebab itu membangun kedekatan yang baik bersama pelanggan adalah hal penting. 

Manfaat dari digital marketing yang berikutnya ialah menjadi sarana penghubung yang sangat baik antara pebisnis dan konsumen

4. Lebih Menghemat Biaya untuk Kebutuhan Promosi

Salah satu manfaat digital marketing yang dinikmati pebisnis adalah proses pemasaran ini dapat dilakukan dengan ekonomis atau murah. Strategi promosi dengan menerapkan internet memang lebih murah jika dibandingkan dengan cara konvensional. 

Oleh sebab itu, jika baru saja memulai bisnis dan ingin bisnis cepat dikenal oleh banyak orang, pastikan memilih strategi ini dalam menjalankan promosi. 

5. Dapat Menjangkau Pasar Yang Luas

Digital marketing dapat menjangkau pasar dengan lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang luas ini, bisnis yang kita miliki bisa dikenal bukan hanya di wilayah kita, tetapi juga wilayah yang lain. Sehingga, peluang memperoleh pelanggan juga akan menjadi semakin besar. 

Hal penting yang harus diketahui saat ini adalah 80% calon pelanggan akan menelusuri produk tersebut terlebih dahulu sebelum yakin melakukan pembelian. Sehingga digital marketing bukan hal yang harus ditunda lagi.

Semakin lama melakukan strategi ini, akan semakin sulit pula bisnis berkembang nantinya. Karena competitor bisnis pasti akan melakukannya.

Pemasaran digital memang menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Namun, bila belum pernah melakukan upaya pemasaran ini sebelumnya, tentu akan menjadi hal yang sulit. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menyerahkan masalah digital marketing pada Dreambox. Dreambox memiliki layanan digital marketing sehingga akan memudahkan proses promosi brand atau produk yang Anda miliki. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!  

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms