Contoh KPI yang Sering Digunakan Digital Marketing Agency

Digital Marketing

Sudahkah Anda Mengetahui Manfaat KPI dalam Digital Marketing Agency?

KPI digital marketing merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi kesuksesan suatu strategi pemasaran dalam mencapai target tertentu. Berbeda dengan KPI yang digunakan guna mengevaluasi individu maupun perusahaan tertentu.

Sering dikatakan bahwa 80% hasil berasal dari 20% pendapatan yang Anda miliki. Banyak pemasar digital mengandalkan KPI pemasaran guna membuat keputusan dan menilai data pemasarannya dengan cara informatif dan terorganisir.

Alat tersebut membantu perusahaan mencapai hasil terbaiknya melalui sebuah pengukuran. Karena sangat penting guna mengukur kampanye atau promosi dengan kualitas dan akurasi, karena indikator akan menunjukkan kinerja dari strategi tersebut.

Baca Juga: Jasa Marketing Digital Dapat Memberikan Berbagai Keuntungan

Apa Itu KPI?

KPI atau Key Performance Indicator merupakan alat untuk meninjau serta mengevaluasi kesuksesan seseorang, maupun perusahaan tertentu. Key performance indikator membantu seseorang guna mengevaluasi kinerja individu dan perusahaan agar mencapai target.

Sistem manajemen kinerja dapat diukur menggunakan key performance indicator agar mampu mencapai target dan memiliki tolak ukur baik. indikator tersebut mempresentasikan kinerja dari seluruh bagian organisasi serta keterkaitan masing-masing bagiannya.

Beberapa karakteristik dari key performance indicator adalah ukuran non financial, regular measurements, manajemen, semua individu, efek positif, tanggung jawab, lainnya. Karakteristik tersebut tentu berbeda dengan yang dimiliki KPI digital marketing.

Anda perlu mengetahui hal tersebut mempengaruhi tingkat efektifitas dari key performance indicator. Karena, dengan mengetahui faktor pengaruhnya Anda bisa menjalankan KPI secara tepat, sehingga akan mencapai kesuksesan.

Karena dalam beberapa kasus, perusahaan hanya mengadopsi key performance indicator tanpa menjalankannya. Hal tersebut tentu tidak ada artinya jika Anda diamkan saja, sehingga harus mengetahui faktor pendukung dan pengaruhnya tersebut.

Dalam mengembangkan strategi untuk penyusunannya, tim harus melihat tujuan dari organisasi Anda. Sehingga bisa merencanakan bagaimana cara mencapai target sesuai dengan visi misi organisasi perusahaan.

Sedangkan KPI digital marketing merupakan matrik pemasaran, digunakan untuk memberi gambaran kinerja terkait promosi tertentu. Penyusunannya penting karena bisa meningkatkan kinerja pegawai untuk mencapai target bisnis.

Key performance indicator bertujuan jelas sehingga memberikan motivasi karyawan agar bekerja maksimal. Dengan begitu, pengukuran kinerja melalui data dan informasi yang ada bisa digunakan untuk membuat keputusan.

Jadi jika ditanya mengenai seberapa penting key performance indicator, jawabannya tentu sangat dibutuhkan. Terutama untuk memahami strategi pemasaran yang digunakan akan membawa keuntungan sesuai tidak.

Baca Juga: Cara Membuat Strategi Funnel Digital Marketing Tepat Sasaran

Metode SMART dalam Menentukan KPI

SMART KPI digital marketing merupakan singkatan Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Bound. Metode ini sudah berkembang cukup lama, sejak 1981 untuk perancangan tujuan perusahaan tempat George T Duran bekerja.

Sejak kemunculan metode tersebut diperlihatkan kemudahan serta kepraktisan bagi para penggunanya. Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan, terlebih telah terbukti ini tentu menarik banyak pengguna baru.

1. Specific

Pertama adalah specific, merupakan beberapa target pencapaian suatu projek yang harus dijabarkan dengan 5W secara jelas dan spesifik. Ini dilakukan agar penggunanya tidak kehilangan fokus di tengah-tengah pengerjaan proyek.

2. Measurable

Selanjutnya Measurable yakni target yang terukur akan memotivasi Anda untuk mencapai pencapaian tujuannya. Konsep measurable berkaitan dengan KPI digital Marketing, seperti deadline yang harus diselesaikan, pendapatan harus di dapatkan, lainnya.

3. Achievable

Selain terukur, target juga harus Achievable atau dapat diraih sehingga wajib dibuat realistis. Boleh saja jika ingin membuat target tinggi, tapi pastikan Anda benar-benar mampu untuk meraih targetnya tersebut.

4. Relevant

Selanjutnya adalah relevan, artinya berbagai hal untuk mendukung target dalam bentuk upaya untuk memajukan bisnis Anda. Beberapa diantaranya seperti mengikuti kursus atau pelatihan kemudian memberikan waktu demi memajukan bisnis.

5. Time Bound

Terakhir adalah jangka waktu atau Time Bound yang merupakan durasi Anda untuk mencapai target. Perhatikan rentang waktu yang bisa Anda gunakan untuk mencapai target tertentu agar termotivasi sehingga cepat menyelesaikannya.

Baca Juga: Berbagai Layanan yang Ditawarkan Digital Marketing Services

5 Contoh KPI Digital Marketing

Pemasaran merupakan proses atau kegiatan yang memiliki sifat berkelanjutan mengenai berbagai perencanaan serta bauran dari produk perusahaan. Sebab itu, segala usaha perlu dilakukan untuk mencapainya, seperti beberapa contoh di bawah.

1. Traffic Website

Jika menginginkan semua orang mengetahui merek serta produk, tentu harus membuka jalan lebar agar pengunjung bisa masuk. Semakin banyak orang mengunjungi website Anda, tentu produk akan diketahui oleh khalayak luas.

Semakin banyak orang yang mengetahui produknya, tentu akan terbuka kemungkinan adanya transaksi. Dengan adanya transaksi tersebut, Anda tentu akan semakin sukses serta produk dikenal luas oleh masyarakat bahkan luar negeri.

KPI digital marketing ini perlu dicermati serta di optimisasi agar berjalan lebih baik sehingga mampu memberikan kontribusi besar. Spesialis optimasi mesin pencarian dan pemasar akan meninjau darimana asal pengunjung Anda.

2. Traffic to Lead Rasio

Mungkin Anda telah berhasil meningkatkan lalu lintas pengunjung situs, tapi itu saja belum cukup untuk kelangsungan sebuah website. Mungkin dalam sebulannya, situs berhasil menarik ratusan ribu pengunjung, tapi tidak bertransaksi.

Hal tersebut tentu sama saja atau tidak berguna, karena kurang berhasil meningkatkan penjualan produk. Karena yang diharapkan saat menggunakan KPI digital marketing adalah menambah lalu lintas serta transaksi dari pengunjung.

Sebab itu, pada contoh ini diberikan alat seberapa berminat para pengunjung dengan produk Anda. Apakah berpotensi untuk melakukan transaksi atau mungkin para pengunjung hanya penasaran dengan produk Anda pada website.

3. Cost atau Biaya per Leads

Mungkin tidak terhitung lagi berapa jumlah uang yang sudah Anda habiskan demi menghasilkan 1 orang lead. Atau biaya sudah habis banyak, tapi tidak ada satu orang yang mau menjadi lead.

Untuk mengukur seberapa untung maupun rugi Anda dalam menghasilkan satu leads, dibutuhkan alat ini. KPI mampu membantu Anda menghitung CPL dan CAC atau biaya kegiatan akuisisi serta cost per lead.

Untuk mengukur biaya tersebut, Anda perlu mengumpulkan berbagai data pendukung seperti pada sistem CRM atau ERP pada sebuah organisasi. Beberapa biaya yang harus dipertimbangkan adalah sumber daya manusianya, teknologi, periklanan.

4. Tingkatan Konversinya

kinerja paling penting dari sebuah KPI digital marketing adalah tingkatan konversi. Hal ini penting karena akan digunakan untuk memperlihatkan atau memberitahukan penggunanya seberapa tinggi tingkat presentase dari ketertarikan pengunjung situs.

Tindakan tersebut memang cukup sederhana, tapi apabila dilakukan tanpa menggunakan sistem, tentu membingungkan. Apalagi sistem saat ini sudah cukup besar, bahkan melibatkan seluruh pengunjung dari berbagai negara.

Sebab itu, pemasar digital perlu membuat halaman berupa arahan serta menautkan halaman-halaman tersebut. Dengan begitu pengunjung bisa menangkap halaman arahan Anda serta mengikuti arahannya sesuai keinginan pembuatnya.

Baca Juga: Cara Membuat Strategi Funnel Digital Marketing Tepat Sasaran

5. Jangkauan serta Terlibatnya Medsos

Medsos atau media sosial menjadi bagian penting dari kegiatan pemasaran di ranah digital ini. Hal tersebut dikarenakan dibutuhkannya tujuan yang lebih luas serta kinerja dari suatu sistem.

Jangkauan sangat dibutuhkan untuk melacak pengguna situs serta memberikan Anda gambaran sebelum mengambil langkah selanjutnya. Dengan melihat jangkauan serta keterlibatannya tersebut, Anda tidak akan salah ambil langkah.

Sebagai alat ukur yang digunakan untuk menciptakan gambaran kepada pengguna bagaimana pencapaiannya selama ini dalam berbisnis. Dengan menggunakan KPI digital marketing, Anda tidak lagi gegabah dalam mengambil langkah.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.