...

Ketahui Fungsi Utama Digital Marketing bagi Perusahaan

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
fungsi-digital-marketing-dreambox

Ketahui 7 fungsi utama digital marketing!

Fungsi utama digital marketing adalah meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Namun, penjabarannya lebih dari itu sebab ada banyak aspek yang akan dioptimasi. Ada banyak faktor penunjang yang nantinya akan berkesinambungan mendukung promosi dan pemasaran. 

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran termasuk branding memanfaatkan berbagai media, seperti blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial. Media ini digunakan untuk proses perencanaan pelaksanaan, ide, harga, promosi, dan distribusi.

Cara yang dilakukan sangat berbeda dengan marketing konvensional, di mana harus bertatap muka langsung dengan calon konsumen. Bisa dikatakan, jenis pemasaran ini lebih tertutup karena menggunakan media internet. 

Targetnya juga bukan publik secara terbuka. Namun, lebih terarah dan fokus pada orang-orang dalam lingkup kriteria sebagai target pasar. Dengan demikian, peluang closing lebih besar. 

7 Fungsi Utama Digital Marketing bagi Perusahaan

Secara umum, digital marketing mampu meningkatkan kecepatan penyebaran pesan persuasif. Itu sebabnya, dalam waktu singkat diharapkan angka penjualan meningkat. Lebih jelasnya, berikut 7 fungsi yang bisa dirasakan perusahaan.

1. Personalisasi

Fungsi utama digital marketing berkaitan dengan konsep personalisasi yaitu bagian dari pemasaran yang terdapat dalam kebutuhan pengenalan serta identifikasi pelanggan guna membangun hubungan. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pasar.

2. Privasi

Privasi merupakan elemen pemasaran yang berhubungan dengan personalisasi. Perusahaan perlu menggali informasi mengenai pelanggan potensial. Kemudian, perusahaan menyimpannya sebagai acuan untuk menjawab semua kebutuhannya terhadap produk serta kualitasnya. 

3. Customer service

Fungsi utama digital marketing ni merupakan kebutuhan dalam situasi transaksional. Pelanggan pasti akan melakukan berbagai transaksi saat masuk ke dalam web atau platform digital perusahaan Anda. 

4. Komunitas

Pelanggan atau klien akan menjadi bagian dari komunitas di mana mereka berinteraksi. Dari komunitas akan terjalin engagement dan menghasilkan produktivitas bagi perusahaan. Dalam hal ini berkaitan untuk meningkatkan penjualan. 

5. Situs

Site disini merupakan lokasi untuk berinteraksi secara digital, yakni tempat yang dibutuhkan setiap relasi untuk saling berkomunikasi. Komunikasi bisa terjalin antar konsumen dengan perusahaan, perusahaan dengan klien, antar klien, antar konsumen, dan sebagainya.

6. Security

Fungsi utama digital marketing selanjutnya adalah untuk keamanan, yaitu pada saat transaksi dimulai dan dilakukan melalui sambungan internet. Selain itu, security juga berkaitan dengan keamanan data, penyimpanan data pelanggan, dan semua transaksi. 

7. Sales Promotion

Fungsi ini memperhitungkan kemampuan tenaga pemasar untuk berpikir kreatif, di mana banyak pekerjaan dan inspirasi dibutuhkan. Itu sebabnya, hal ini mampu mengembangkan rencana promosi yang efisien. 

Baca Juga: Campaign Marketing dan Manfaatnya untuk Brand dan Bisnis

Strategi Digital Marketing

Begitu banyak fungsi utama digital marketing bagi bisnis sehingga perlu dilakukan secara strategis. Berikut adalah beberapa tahapan yang umum dilakukan dalam strategi membangun digital marketing.

1. Analisis Situasi

Tahap ini adalah awal konsep bisnis yaitu melakukan analisis kekuatan, peluang, kelemahan, serta ancaman bagi perusahaan. Analisis yang digunakan adalah SWOT, yakni identifikasi semua faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. 

2. Strategi Perencanaan

Fungsi utama digital marketing berkaitan dengan perencanaan. Dalam tahap ini diterapkan metodologi peluang pasar atau Market Opportunity Analysis atau MOA. Diantaranya yaitu:

  •   Mengidentifikasi kebutuhan konsumen.
  •   Mengidentifikasi pelanggan target perusahaan.
  •   Menilai keuntungan dari kompetisi.
  •   Menilai sumber daya untuk memberikan penawaran.
  •   Menilai kesiapan target pasar akan teknologi.
  •   Menentukan peluang secara nyata.
  •   Menilai peluang daya tarik untuk para pelanggan.

3. Objectives atau Tujuan

Menurut fungsi utama digital marketing, terdapat beberapa tujuan pelaksanaannya. Tujuan ini mencakup aspek tugas (target pencapaian), kuantitas (berapa banyak), dan waktu (kapan). 

4. Rencana Pelaksanaan

Perencanaan untuk mencapai tujuan melalui strategi efektif dan kreatif. Perusahaan juga memastikan sistem pemasaran yang tepat pada pelaksanaannya (staf, struktur departemen, penyedia layanan aplikasi, dan lain-lain).

5. Budget (anggaran) 

Budget di sini bisa berupa uang, barang, atau jasa. Agar informasi anggaran dapat dipertanggungjawabkan, perlu dibuat perhitungan revenue forecast, intangible benefits (manfaat tidak berwujud), cost savings, dan biaya e-marketing.

6. Rencana Evaluasi

Keberhasilan dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan tergantung pada evaluasi yang terus-menerus. Pelaksanaannya tergantung tujuan rencana. Contohnya, menggunakan balanced scorecard untuk mengukur kesuksesan dari program digital marketing. 

Baca Juga: Kembangkan Bisnis dengan Bantuan Digital Agency di Jakarta

Cara Memulai Digital Marketing

Fungsi utama digital marketing yang begitu signifikan terhadap bisnis harus segera mendapat perhatian. Bagaimana cara memulainya? Berikut tahapan mudah mulai dari persiapan sampai tahap menjalaninya :

  1. Persiapan alat yang digunakan untuk melakukan pemasaran. Alat di sini bisa berupa website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog serta jejak online (review, feedback dari pelanggan, dan lain-lain). Alat bantu ini merupakan aset perusahaan yang wajib diurus dengan baik. Jadi, dibutuhkan tenaga ahli yang bisa konsisten memantau perkembangannya supaya tahu mana yang masih butuh perbaikan untuk peningkatan kinerjanya.
  1. Siapkan konten yang menarik perhatian sekaligus menarik untuk dibagikan, seperti foto, video, tulisan, animasi, dan sebagainya. Pembuatan konten disesuaikan dengan tujuan promosi dan target audiens. 
  2. Mulai unggah konten dilanjutkan dengan evaluasi. Pantau terus mana yang memberikan feedback positif terhadap bisnis. Kemudian, tingkatkan kualitasnya dengan mengunggah konten-konten promosi secara konsisten. 
  3. Bergabung dalam forum marketplace public. Ini merupakan langkah lanjutan guna memperluas jaringan bisnis. Mengacu pada fungsi digital marketing, Anda bisa mengupayakan kualitas profile bisnis untuk membangun citra brand.

Baca Juga: 4 Contoh Digital Marketing Plan Terpopuler

Platform Digital Marketing yang dapat Anda Gunakan

Fungsi utama digital marketing akan berjalan apabila digunakan platform yang ideal. Berikut ini adalah beberapa platform yang efektif dan efisien apabila dimanfaatkan untuk kebutuhan tersebut. 

1. Website

Website sangat efektif dalam mengenalkan dan menunjukkan profesionalisme perusahaan. Sebab lebih resmi, website dengan menu-menu yang jelas dan menunjukkan karakteristik perusahaan. Platform ini akan jadi ajang promosi yang hemat dan mudah. 

2. Social media

Memang tidak seformal website, tetapi sosial media juga tidak kalah efektif digunakan untuk kebutuhan pemasaran. Penggunanya sangat tinggi dan didominasi usia produktif. Ini akan jadi pangsa pasar menjanjikan untuk jangka panjang. 

3. Blog

Blog bisa juga jadi sarana promosi dan pemasaran. Kesan blog memang sedikit private, tetapi bisa disetting khusus untuk bisnis. Justru, dengan blog yang dikelola dengan baik, Anda bisa menaikkan interaksi dengan audiens kemudian mengkonversinya jadi pelanggan. 

4. Online Advertising

Ini merupakan platform berbayar yang biasa dimanfaatkan untuk promosi yang mana cukup efektif mendapatkan konsumen lebih cepat. Sebab, website atau bisnis Anda akan lebih mudah terlihat saat dicari melalui mesin pencarian. 

5. Email Marketing

Email masih signifikan untuk menaikkan engagement dengan para pelanggan. Banyak pelanggan lebih suka dikirim katalog dan update info terbaru melalui email. Sebab, notifikasi lain sering tidak terbaca atau malah terkesan mengganggu. 

6. Video Marketing

Untuk membuatnya, Anda bisa memanfaatkan platform video streaming seperti TikTok, Snack Video, atau YouTube. Platform ini lebih menarik sebab merupakan audio visual dan gambar bergerak. Audiens akan lebih mudah paham penjelasan di dalamnya dibanding membaca teks. 

Perusahaan kecil bisa segera menjadi besar dengan profit tinggi jika menggunakan jalur pemasaran efektif. Perusahaan besar tidak akan mudah tenggelam di antara persaingan dengan cara serupa sehingga perusahaan kecil bisa memanfaatkan praktik digital marketing secara maksimal. 

Baca Juga: Ketahui Strategi Rahasia dari Jasa Digital Marketing Jakarta

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms