Gunakan Cara Membuat Iklan Online Terbaik ini untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Cara membuat iklan online tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Bagi Anda yang penasaran untuk mengetahui cara membuat iklan online, sebaiknya simak artikel berikut ini. Kami akan membahas dengan rinci, apa saja tahapan perlu dilakukan, untuk mengembangkan iklan online bagi bisnis anda.Iklan menjadi salah  satu komponen penting dalam sebuah usaha, tanpa adanya iklan, pasti calon konsumen tidak akan tau mengenai manfaat atau keunggulan produk tersebut. Advertising juga berguna, agar penjualan dan brand awareness masyarakat meningkat. Namun saat ini kita tidak hanya melihat iklan di televisi, billboard, ataupun majalah. Namun kini Anda bisa memasarkan produk melalui online ads, dimana pemasaran seperti ini biasa pebisnis lihat melalui internet, seperti artikel, blog, sosial media dan lainnya. Banyak perusahaan beralih menggunakan online ads, karena terdapat banyak kemudahan dan keuntungan bisa didapatkan. Berikut ini kami akan menjelaskannya untuk pebisnis, mengenai betapa pentingnya iklan online saat ini yang dapat membantu bisnis anda.

Baca Juga:Bagaimana Proses Branding Melalui Design Kemasan?

Cara Membuat Iklan Online yang Dapat Membantu Bisnis Anda

Suatu bisnis bisa berjalan dan berkembang, jika produk dijual mampu dibeli atau dinikmati oleh konsumen. Tanpa adanya konsumen, maka lama kelamaan bisnis telah Anda bangun, bisa mengalami kebangkrutan atau kerugian.

1. Mengenal Produk yang Ingin Diiklankan

Dalam membuat sebuah produk, pebisnis tidak bisa asal dan tidak mengenal keunggulan dari produk yang dihasilkan. Kenali produk pebisnis dan cari tau apa kelebihan yang dimiliki, jika dibandingkan dengan produk lain yang memiliki tujuan dan manfaat hampir sama. Pebisnis bisa menganalisisnya dengan analisis SWOT, yaitu Strength, Weakness, Opportunities dan Threats. Dengan menganalisisnya, maka pebisnis akan mengetahui atas dasar apa produk Anda lebih pantas dipilih oleh para konsumen, dibandingkan produk lain.

2. Menentukan Tujuan dari Membuat Iklan

Cara membuat iklan online selanjutnya adalah, menentukan tujuan dari pembuatan iklan. Pebisnis perlu tau apa tujuan sebenarnya dari pembuatan online ads, mungkin Anda ingin meningkatkan traffic website, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan brand awareness.

3. Ketahui Pesaing dan Target Pasar

Hal tidak kalah penting untuk diingat adalah, pebisnis harus mengetahui pesaing dan target pasar. Untuk mengalahkan pesaing, tentunya Anda harus mengerti kelebihan dari produk yang dimiliki pesaing, perubahan pasar, serta posisi produk pebisnis di dalam pasar. Pebisnis juga harus mengenal target pasar seperti apa, kira-kira konsumen seperti apa yang sesuai dengan kriteria target dan bisa menggunakan produk anda.

4. Memilih Saluran Media yang Digunakan

Cara membuat iklan online selanjutnya adalah, menentukan saluran media untuk digunakan dalam menyiarkan iklan online. Setiap media memiliki desainnya tersendiri, dan pebisnis perlu mengetahui media seperti apa cocok bagi produk anda. Ada beberapa saluran media bisa pebisnis digunakan, seperti paid search, paid social, remarketing, video marketing, email marketing dan lainnya.

Prinsip dalam Mengaplikasikan Cara Membuat Iklan Online

Ada beberapa prinsip wajib untuk pebisnis ketahui, dalam mengaplikasikan online ads. Dan prinsip ini terbilang cukup penting, sebab banyak orang menyepelekan prinsip tersebut, dan berdampak negatif pada perusahaannya.

1. Buatlah Iklan yang Terlihat Simpel

Salah satu kesalahan biasa dibuat oleh pebisnis adalah, mereka membuat desain terlalu rumit dan malah mengganggu audiens. Padahal tujuan utama dari ads adalah, menarik perhatian audiens. Lebih baik pebisnis membuat iklan dengan desain simpel, namun pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens.

2. Memilih Ukuran Iklan yang Sesuai

Cara membuat iklan online berikutnya adalah, memilih ukuran online ads yang sesuai. Ada beberapa pilihan ukuran yang bisa Anda pilih, seperti medium rectangle, leaderboard, large rectangle dan lainnya. Berbagai jenis ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan jenis perangkat pengguna, yang akan memudahkan setiap pengguna melihat iklan milik anda. Pastikan bahwa pebisnis memilih ukuran yang sesuai, agar audiens nyaman untuk melihat ads pebisnis.

3. Terapkan Teknik AIDA

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Jika Anda menerapkan teknik tersebut dalam sebuah online ads, maka kemungkinan besar iklan pebisnis akan mendapatkan banyak audiens. Buatlah online ads mampu menarik perhatian pembaca, juga sajikan konten dengan tema menarik, serta tambahkan keuntungan dan manfaat dari produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, dan ajakan persuasif kepada konsumen untuk membeli produk anda.

Jenis Iklan Online Dapat Membantu Anda Meraup Keuntungan

Iklan online tidak hanya terdiri dari satu jenis, melainkan ada berbagai jenis online ads yang dapat Anda pilih, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan.

1. Display Advertising

Anda bisa menemukan jenis advertising seperti ini pada sosial media, website ataupun aplikasi. Jenis advertising ini lebih mengandalkan pada keindahan visual, seperti gambar, video, teks, audio dan gambar bergerak.

2. Social Media Ads

Cara membuat iklan online juga bisa melalui social media ads, dimana pebisnis memanfaatkan sosial media sebagai wadah bagi perusahaan untuk menyiarkannya. Kini cukup banyak sosial media yang berkembang dan memiliki banyak pengguna, seperti Instagram, Twitter, Facebook hingga Tik Tok. Pebisnis bisa meningkatkan brand awareness melalui sosial media, dan pastinya akan berpengaruh pada penjualan perusahaan.

3. Search Engine Marketing

SEM mengandalkan kata kunci yang bisa ditemukan oleh pencarinya, jika pebisnis bisa menemukan kata kunci tepat bagi produk anda, maka pebisnis bisa mendapatkan konsumen berpotensi dan akan membeli produk tersebut. Jika konsumen menemukan produk Anda dan mengkliknya, maka pebisnis akan dikenakan biaya, praktik ini biasa disebut sebagai pay-per-click.

4. Native Advertising

Cara membuat iklan online selanjutnya adalah native advertising, dimana tampilan iklan tersebut tidak mengganggu user karena menyesuaikan dengan format dari platform tersebut.

Manfaat Menggunakan Iklan Online Bagi Bisnis

Dengan semakin banyak perusahaan beralih menggunakan online ads, tentunya hal tersebut membuktikan bahwa banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

1. Biaya lebih Terjangkau

Tentu saja pengeluaran akan lebih ditekan, sebab tidak dibutuhkan biaya-biaya yang biasanya pebisnis butuhkan jika memasarkan produk secara offline. Hal ini menjadi salah satu faktor, yang membuat banyak perusahaan beralih menggunakan online ads.

2. Tersedia Berbagai Pilihan Platform

Cara membuat iklan online juga memiliki manfaat lainnya, seperti tersedia berbagai pilihan platform yang memudahkan pebisnis. Anda tidak perlu bingung harus menggunakan platform seperti apa, yang sesuai dengan produk perusahaan.

3. Jangkauan Lebih Luas

Pastinya jika berhubungan dengan dunia digital, pebisnis bisa mendapatkan jangkauan tidak terbatas ke berbagai user dari negara manapun.

Baca Juga: 6 Cara Mengadakan Giveaway Paling Efektif yang Dapat Anda Lakukan

Memang tidak sulit bagi Anda untuk mengaplikasikan iklan online pada bisnis, jika Anda strategi terbaik dalam menjalankannya. Setelah Anda tau bagaimana cara membuat iklan online, kini pebisnis dapat mengaplikasikannya secara langsung pada bisnis anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms