Gunakan Jasa Digital Marketing Consultant Untuk Bisnis Anda

Digital Marketing

Jasa digital marketing consultant semakin dibutuhkan oleh pelaku bisnis

Hal ini beriringan dengan trend pemanfaatan platform digital atau internet dalam memasarkan produk maupun layanan perusahaan, seperti jasa digital marketing consultant. Perkembangan teknologi digital serta komunikasi menimbulkan pergeseran kebiasaan dalam melakukan berbagai aktivitas manusia. Tidak terkecuali pada aktivitas bisnis dimana saat ini para pelakunya berbondong-bondong beralih ke dunia digital. Kegiatan pemasaran untuk mendapat customer sebanyak mungkin tidak hanya mengandalkan teknik konvensional. Akan tetapi juga mengarah ke cara-cara modern dengan metode digital dan internet yang lebih mudah serta efektif. Biar bagaimanapun, tidak semua orang mampu mengelola aktivitas pemasaran digital secara efektif sebab berbagai alasan. Ini menimbulkan ketertinggalan perusahaan di tengah persaingan yang kian global dan ketat.

Baca Juga : Sebelum Terlanjur! Ketahui 5 Keunggulan Menggunakan Digital Activation

Gandeng Digital Marketing Consultant untuk Atasi Kendala Bisnis Berikut

Untuk menjawab berbagai permasalahan khususnya terkait kegiatan digital marketing, Anda dapat menggunakan jasa konsultan khusus yang membidangi pekerjaan tersebut. Konsultan ini memiliki berbagai kompetensi serta pengalaman yang relevan dengan issue ini. Mungkin Anda bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk menggandeng konsultan digital marketing supaya tidak hanya membuang anggaran percuma. Jika bisnis Anda mengalami kendala berikut, maka saatnya menggunakan konsultan digital marketing.

1. Tidak Mampu Membaca Situasi dan Trend Bisnis

Kemampuan dalam membaca situasi serta trend bisnis merupakan suatu keharusan bagi para pelakunya. Sayangnya tidak semua perusahaan maupun pelaku usaha mampu secara cermat dan tepat melakukan hal tersebut. Padahal pada kenyataannya hal ini sangat memberikan pengaruh besar tidak hanya pada penjualan bulanan. Melainkan memberikan dampak cukup signifikan pada perkembangan bisnis secara keseluruhan. Apabila Anda mengalami stagnasi membaca trend industri. 

Maka hal terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan datang kepada konsultan kemudian menceritakan kendala ini. Konsultan di bidang pemasaran digital tentunya mengetahui bagaimana situasi atau atmosfer bisnis terkini serta tren yang sedang naik. Kemampuan menganalisis situasi pasar adalah salah satu peran penting digital marketing consultant. Kompetensi ini bisa dimanfaatkan sebagai data pendukung untuk menyusun strategi-strategi pemasaran melalui berbagai platform internet.

2. Kesulitan Menentukan Tujuan Pemasaran

Siapa sangka ternyata menentukan tujuan pemasaran tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bukan mustahil sebuah perusahaan kesulitan menentukan tujuan marketingnya. Tujuan bukan hal sepele karena ini ialah pijakan awal dalam menyusun langkah ke depan. Meskipun secara teori terlihat sederhana, akan tetapi kenyataan di lapangan nyatanya tidak sesederhana teori di atas kertas. Kesalahan dalam menentukan tujuan akan berdampak besar pada efektivitas langkah strategi pemasaran.

Jika Anda merasa bahwa perusahaan tidak memiliki arah yang jelas dalam kegiatan pemasaran, maka sudah saatnya menggunakan jasa digital marketing consultant. Ketika mendatangi konsultan tersebut, Anda mungkin akan dimintai berbagai informasi. Informasi tersebut berkaitan dengan berbagai aspek bisnis serta perkembangannya selama beberapa waktu terakhir. Konsultan tersebut nantinya akan menggunakan data-data tersebut untuk merumuskan tujuan pemasaran secara tepat dan terukur.

3. Belum Memiliki Strategi Digital Marketing

Menyusun strategi untuk memasarkan produk atau membangun brand secara online memiliki peranan vital. Ini sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda kedepannya. Namun apa jadinya jika perusahaan tidak mampu menyusun strategi secara efektif? Anda mungkin sudah mengetahui jawabannya, yaitu kegiatan usaha tidak bisa berjalan sesuai harapan. Tidak ada peningkatan penjualan, engagement dengan audiens cenderung stagnan, rendahnya konversi menjadi transaksi adalah sebagian akibat kegagalan strategi.

Maka dari itu, penting sekali bagi perusahaan untuk mampu membuat serta menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif serta efisien. Akan tetapi, ini membutuhkan waktu, tenaga, serta ide-ide brilian yang cukup menguras energi. Terlebih kurangnya kompetensi dalam analisis serta riset pasar akan semakin memperburuk performa bisnis Anda. Maka, menggandeng digital marketing consultant tidak bisa ditunda lebih lama lagi.

Tentu saja Anda perlu mengeluarkan sejumlah anggaran guna mengakses jasa tersebut. Namun ini merupakan investasi menguntungkan karena outputnya dapat memberikan keuntungan bisnis lebih besar. Strategi ini berkaitan dengan banyak hal. Misalnya pemilihan jenis konten promosi, strategi mengelola konten sosial media hingga website, strategi pemasangan iklan berbayar, dan masih banyak lagi.

4. Kendala Mengatur Biaya Pemasaran

Kesalahan penyusunan strategi juga sangat berpengaruh terhadap kondisi finansial perusahaan Anda. Bagaimana tidak, kegiatan promosi menghabiskan biaya tersendiri. Namun tidak menghasilkan keuntungan sepadan. Maka, ini menimbulkan masalah baru yaitu terkait dengan keuangan. Kegiatan pemasaran memerlukan biaya yang bisa dibilang cukup besar. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan kinerja kampanye promosi di berbagai platform. Ini menjadi salah satu lingkup kerja digital marketing consultant dimana konsultan tersebut juga membantu Anda dalam mengatur biaya pemasaran. Misalnya berapa budget yang diperlukan untuk melaksanakan strategi pemasaran A.

Apakah anggaran yang dikeluarkan sudah sesuai dengan output atau hasil campaign. Apakah terdapat pos-pos pemasaran yang perlu ditambah atau dikurangi anggarannya, serta lain sebagainya. Jangan ragu untuk menyampaikan permasalahan dan kondisi perusahaan Anda kepada konsultan digital marketing. Konsultan ini akan membantu memberikan solusi terbaik yang efektif untuk menyelesaikan persoalan seputar pemasaran digital.

Tips Jitu Memilih Digital Marketing Consultant

Menggandeng konsultan untuk menangani berbagai persoalan pada bisnis Anda tentu tidak boleh sembarangan. Anda perlu memegang beberapa kriteria untuk dijadikan sebagai pedoman dalam memilihnya. Berikut beberapa tipsnya agar tidak salah pilih.

1. Melakukan Pekerjaan Berbasis Riset

Pastikan memilih konsultan yang mengutamakan riset ketika melakukan pekerjaannya. Riset merupakan data-data nyata di lapangan yang dapat dijadikan sebagai acuan valid dalam menyusun berbagai perencanaan dan strategi.

2. Perhatikan Layanan yang Ditawarkan

Setiap konsultan biasanya memiliki penawaran jasa berbeda-beda. Pelajari apa saja penawaran layanan nya sebelum Anda meneken kontrak. Pastikan agar jasa tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa layanan fundamental digital marketing consultant misalnya manajemen pemasaran di media sosial, pembuatan dan pengelolaan website bisnis, konten marketing management, email marketing, video marketing, dan sebagainya.

3. Perhatikan Portofolio dan Track Recordnya

Kompetensi sebuah perusahaan bisa dilihat dari profil portofolionya. Tanyakan apa saja brand yang pernah dikerjakan oleh konsultan tersebut dan pelajari apakah hasilnya sesuai dengan ekspektasi Anda. Sementara itu, reputasi perusahaan ditentukan dari track record atau rekam jejaknya. Meskipun bukan jaminan, namun track record dapat menjadi tolak ukur yang cukup ketika memilih konsultan. 

Baca Juga : Digital Advertising Wajib Diperhatikan, Berikut Alasannya

Kembangkan bisnis Anda dengan mengawalinya dari branding. Kami membantu membangun brand secara efektif dengan langkah-langkah strategis. Kinerja kami sebagai branding agency semakin maksimal dengan dukungan digital marketing consultant. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.