...

Jasa Social Media Management? Ini Manfaatnya untuk Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jasa-social-media-management

Sudahkan Anda menyadari pentingnya jasa social media management?

Seiring perkembangan dunia digital, teknik digital marketing juga semakin berkembang. Salah satu contohnya yaitu melalui penggunaan jasa social media management yang berfokus pada optimasi media sosial sebagai sarana mempromosikan bisnis.

Sebagai salah satu platform yang paling banyak digunakan di internet, media sosial adalah salah satu sarana paling strategis untuk menjangkau lebih banyak customer. Jadi, penting bagi setiap pelaku bisnis untuk memahami dan menerapkan social media management.

Kenali Apa Itu Jasa Social Media Management

Saat ini, hampir setiap orang memiliki akun media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya. Meski terlihat sebagai aktivitas menyenangkan untuk berinteraksi secara sosial, namun ternyata media sosial bisa digunakan untuk ranah bisnis.

Untuk pemanfaatan social media atau sosmed dalam ranah bisnis secara profesional, Anda memerlukan jasa manajemen media sosial (social media management). Sesuai namanya, jasa ini memberikan layanan pengelolaan media sosial secara profesional.

Pengelolaan tersebut meliputi perencanaan, pembuatan konten, hingga analisis performa konten dan akun media sosial. Selain itu, layanan social media management juga berperan penting dalam membuat konten sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Sebagai contoh, jika tujuan Anda adalah memperkenalkan brand dan meningkatkan brand awareness, maka setiap konten akan dibuat berdasarkan strategi khusus untuk tujuan tersebut. Itu sebabnya, social media management kini menjadi salah satu layanan digital marketing yang paling banyak digunakan.

Apa Saja yang Dikerjakan oleh Social Media Manager?

Saat menggunakan jasa di bidang social media management, Anda akan dibantu oleh social media manager sebagai pihak yang mengelola media sosial Anda. Social media manager berperan penting dalam berbagai aspek seperti marketing, copywriting, design, analysis, strategy, hingga customer service secara sekaligus. 

Oleh karena itu, melalui jasa social media management Anda bisa mendapatkan layanan-layanan sebagai berikut dalam satu waktu:

  • Identifikasi target pasar brand
  • Riset media sosial yang strategis untuk menjangkau target pasar
  • Analisis media sosial
  • Analisis campaign media sosial
  • Penjadwalan, pembuatan, dan pendistribusian konten sesuai tujuan dan tren
  • Analisis konten
  • Menjalin kerja sama bersama KOL (Key Opinion Leader) dan influencer
  • Mengelola interaksi bersama audiens sebagai target pasar
  • Pelaporan kinerja media sosial

Manfaat Jasa Social Media Management untuk Bisnis Anda

Sebagaimana teknik digital marketing lainnya, manfaat utama social media management adalah untuk memasarkan dan mempromosikan suatu bisnis atau brand. Berikut rincian manfaat lainnya:

1. Membangun Identitas Brand

Di era digital saat ini, media sosial telah berkembang sebagai identitas dan jati diri atau persona yang ingin dibangun. Oleh karena itu, media sosial adalah sarana terbaik untuk memperkenalkan dan membangun identitas brand Anda secara luas.

Dengan menggunakan media sosial, orang lain akan lebih mudah mengenali siapa Anda atau seperti apa brand Anda. Di sinilah peran penting layanan social media management dalam membangun identitas brand Anda di media sosial.

2. Media Informasi dan Promosi Bisnis

Sebagai bagian dari teknologi informasi (IT), media sosial juga merupakan media informasi yang mudah diakses oleh banyak orang. Cukup dengan mengklik posting konten, maka informasi Anda berhasil disebarkan.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan layanan social media management untuk mengelola media sosial bisnis Anda sebagai media informasi dan bisnis. Sehingga siapa saja bisa menemukan informasi brand Anda, kapan dan dari mana saja.

3. Mengelola Konten Secara Optimal

Seorang social media manager maupun tim yang terkait harus memiliki kreativitas tingkat tinggi. Pasalnya, manajemen media sosial melibatkan pembuatan konten semenarik mungkin sebagai langkah mengembangkan campaign promosi.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan jasa manajemen media sosial untuk mengelola konten secara optimal. Seluruh konten juga biasanya sudah disesuaikan dengan karakter brand, serta disusun berdasarkan content plan yang terencana.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu manfaat paling penting dari social media bagi bisnis adalah dapat meningkatkan brand awareness. Jika akun media sosial terkelola dengan baik, maka kesadaran publik akan brand bisnis Anda akan semakin meningkat.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat konten yang menarik dan relevan dengan target audiens. Karena mudah diakses dan memiliki jumlah pengguna yang besar, maka bisnis Anda akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang.

5. Meningkatkan Jangkauan Audiens

Menurut dataindonesia.id, jumlah pengguna media sosial Indonesia hingga Januari 2022 sudah mencapai angka 191 juta. Artinya, peluang meningkatkan jangkauan audiens yang lebih luas juga semakin besar.

Apalagi, algoritma terbaru media sosial saat ini telah memungkinkan Anda untuk meningkatkan jangkauan audiens sesuai target pasar. Bahkan, jangkauan audiens di media sosial lebih luas sebab tidak terbatas oleh wilayah dan faktor demografis lainnya.

Jasa social media management dapat membantu perusahaan atau bisnis untuk meningkatkan jangkauan audiens melalui peningkatan followers secara efektif. Ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas konten, mengoptimalkan penggunaan hashtag, atau meningkatkan interaksi.

6. Meningkatkan Engagement (Interaksi)

Salah satu indikator penting dalam manajemen media sosial adalah interaksi atau engagement bersama followers atau audiens media sosial bisnis Anda. Namun, tidak orang memahami bagaimana cara berinteraksi bersama audiensnya.

Di sinilah peran penting jasa manajemen media sosial, yaitu memahami karakter audiens untuk meningkatkan interaksi berupa like, komentar, share, dan lain sebagainya. Semakin besar engagement akun Anda, semakin besar pula peluang meningkatkan jangkauan.

7. Analisis Data dan Laporan

Layanan social media management tidak hanya bertugas mengelola akun dan konten Anda saja, namun juga menganalisis performanya. Berdasarkan data akun dan konten Anda, social media manager akan menganalisis data dan melaporkan hasilnya.

Sehingga, Anda bisa memantau dan mengevaluasi sejauh mana kinerja akun media sosial brand Anda. Selain itu, dari hasil analisis tersebut Anda juga bisa menentukan topik mana yang paling disukai audiens, hingga kapan waktu terbaik memposting konten.

8. Meningkatkan Penjualan

Setiap teknik marketing memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan penjualan secara efektif. Pertanyaannya, bagaimana strategi yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut?

Dengan menggunakan jasa manajemen media sosial, Anda tidak perlu memikirkan detail strateginya secara rinci. Sebab social media manager akan membantu meningkatkan penjualan melalui berbagai campaign promosi secara sistematis.

Mulai dari perencanaan konten pengenalan produk, promosi khusus, hingga pengelolaan engagement untuk meningkatkan kepercayaan audiens terhadap brand. Semakin tinggi tingkat kepercayaan audiens, maka semakin tinggi pula peluang meningkatkan penjualan.

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Jasa Social Media Management?

Tidak semua pemilik brand atau bisnis memiliki waktu dan kemampuan yang cukup untuk menjalankan manajemen media sosial. Apalagi untuk bisnis dengan skala besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa manajemen media sosial.

Apalagi saat ini sudah semakin banyak jasa manajemen yang bisa menjadi pilihan, seperti Dreambox, salah satu social media agency terbaik yang berbasis di Jakarta. Sebagai referensi, berikut alasan rinci mengapa bisnis Anda membutuhkan layanan social media management:

1. Hemat Waktu

Perencanaan dan pembuatan konten membutuhkan waktu dan perhatian khusus. Bagi pebisnis yang waktunya sudah disita oleh urusan lain terkait manajemen bisnis, jasa manajemen media sosial bisa menjadi opsi penyelamat.

Dengan menggunakan jasa manajemen social media, waktu yang ada bisa lebih dioptimalkan. Pasalnya, seluruh urusan media sosial akan ditangani oleh social media manager. Sehingga, Anda bisa memfokuskan sisa waktu Anda untuk mengelola bisnis.

2. Lebih Efisien

Mengerjakan banyak hal sekaligus cenderung menghasilkan kinerja yang kurang efisien. Oleh karena itu, sebaiknya serahkan segala urusan manajemen media sosial kepada jasa social media management.

Dengan tim social media manager yang profesional dan berpengalaman, kontrol media sosial bisnis Anda akan menjadi lebih mudah dan terarah. Semakin baik efisiensi pengelolaan akun, semakin baik pula output yang akan dihasilkan.

3. Lebih Optimal

Salah satu tujuan penggunaan jasa manajemen media sosial adalah untuk mengoptimasi penggunaan media sosial dalam mencapai target brand. Baik itu untuk memperkenalkan produk, meningkatkan brand awareness, dan lain sebagainya.

Karena ditangani oleh tim khusus, maka performa media sosial Anda akan menjadi lebih optimal. Selain itu, pengelolaan akun dan konten juga akan menjadi lebih sistematis.

Tips Menggunakan Jasa Social Media Management untuk Bisnis Anda

Setiap layanan social media management biasanya sudah dibekali oleh tim profesional yang paham bagaimana strategi marketing yang baik untuk bisnis. Namun agar penggunaannya lebih optimal, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Sampaikan Tujuan Brand Secara Detail

Setiap brand memiliki tujuan berbeda-beda dalam hal penggunaan media sosial. Ada yang bertujuan untuk memperkenal brand atau produk baru baru ke audiens, meningkatkan brand awareness, atau meningkatkan interaksi bersama customer.

Untuk mencapai target yang berbeda-beda, strategi yang diterapkan juga tentu berbeda. Oleh karena itu, sampaikan tujuan yang ingin Anda capai pada tim social media management secara rinci dan mendetail.

2. Sampaikan Target Pasar

Selanjutnya, sampaikan pula sasaran atau target pasar yang ingin dijangkau oleh bisnis Anda. Meskipun setiap social media manager memiliki kemampuan untuk menganalisis target pasar, namun akan lebih baik jika Anda menyampaikan langsung seperti apa target pasarnya.

Dengan demikian, tim jasa manajemen media sosial tersebut dapat berfokus pada bagaimana cara menjangkau target pasar tersebut secara efisien. Misalnya dengan membuat konten yang sesuai karakter target customer, atau dengan strategi lainnya.

3. Pilih Jasa yang Kredibel

Terakhir, pastikan untuk memilih jasa manajemen social media yang kredibel, terpercaya, dan profesional di bidangnya. Mengingat saat ini sudah semakin banyak bermunculan jasa manajemen social media, Anda harus cermat dalam memilihnya.

Agar tidak salah memilih, Anda bisa melihat bagaimana portofolio kerja mereka sebelumnya. Sebagai referensi, Anda juga bisa mengecek media sosial dan website dari jasa tersebut untuk mengetahui kredibilitasnya.

Mengembangkan social media memang merupakan salah satu teknik digital marketing yang wajib dilakukan jika ingin meningkatkan daya saing bisnis Anda di dunia digital. Untuk mendorong perkembangan akun media sosial, maka lakukan pengelolaan secara optimal.

Untuk mengelola social media bisnis, Anda bisa mempercayakannya kepada Dreambox, digital marketing agency terbaik yang menawarkan jasa social media management. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Digital Marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms