Jenis Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan Oleh Perusahaan

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Ketika membangun sebuah bisnis, maka Anda juga harus berpikir tentang strategi pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan produk dari perusahaan Anda.

Strategi pemasaran sendiri dilakukan memang untuk memenuhi tujuan tertentu, seperti misalnya untuk meningkatkan keuntungan, meningkatkan kerja sama dalam tim dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Image Yang Kuat

Seperti yang saat ini Anda ketahui, memasarkan produk kepada masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Terutama karena saat ini zaman sudah semakin maju dan semakin banyak pula jenis strategi pemasaran yang bisa dicoba. Tapi perlu Anda pertimbangkan dengan matang mana strategi yang tepat karena tidak semuanya bisa cocok dengan perusahaan Anda.

5 Jenis Strategi Pemasaran yang Dilakukan Oleh Perusahaan

Meski ada banyak sekali jenis strategi yang bisa dicoba, tapi hanya beberapa saja yang sering kali digunakan oleh berbagai perusahaan. Di antaranya seperti:

1. Membangun Brand yang Kuat

Bisa dibilang, membangun brand sangat berpengaruh terhadap bisnis. Karena dengan adanya brand yang kuat, maka secara otomatis masyarakat akan mengingat produk-produk perusahaan tersebut dengan mudah. Bahkan jika suatu perusahaan konsisten dalam hal membangun brand ini, maka ia juga akan mendapatkan keuntungan berupa peningkatan pendapatan yang cukup signifikan.

2. Pemasaran di Media Sosial

Jenis strategi pemasaran yang satu ini memang sangat sejalan dengan kemajuan zaman. Di mana banyak sekali orang-orang yang berkumpul dalam media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya. Sekian juta orang melakukan interaksi media sosial dan ini sering dimanfaatkan untuk mencapai tujuan strategi pemasaran yang telah ditetapkan sejak awal.

3. Melakukan Teknik SEO

Milyaran penduduk dunia setiap hari melakukan pencarian di Google. Kebanyakan dari mereka akan memilih bisnis, produk, atau jasa apapun yang berada di halaman pertama mesin pencarian. Itulah mengapa teknik SEO juga ditetapkan sebagai salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan besar.

Dengan menggunakan teknik SEO ada banyak keuntungan yang akan diperoleh. Di antaranya adalah, produk bisa jadi berada di halaman pertama mesin pencari dan tentu saja lebih efisien dari segi biaya yang dikeluarkan. Terlebih jika perusahaan Anda menggunakan teknik SEO, maka penggunaannya bisa dalam jangka waktu yang sangat panjang sehingga dapat terus mendatangkan hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Influencer

Pastinya Anda sudah tak asing, bukan, dengan istilah endorse yang kerap kali dilakukan oleh para artis, selebgram atau orang-orang terkenal lainnya. Penggunaan influencer ini bisa dibilang sangat efektif dan banyak pula perusahaan yang sudah membuktikannya. Tapi tentu saja harus diadakan seleksi atau pemilihan akun yang tepat untuk memasarkan produk yang ditawarkan.

Dengan memakai jasa orang-orang yang sudah populer di dunia maya, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk memasarkan produk karena mereka pastinya memiliki banyak pengikut atau penggemar.

5. Penggunaan Strategi Pemasaran Secara Referral

Jenis strategi yang satu ini pun sudah sangat sering digunakan oleh beberapa perusahaan dan ada yang sudah membuahkan hasil. Sebagian besar orang hanya akan percaya terhadap suatu produk jika sudah banyak yang merekomendasikannya. Maka dari itu, melakukan pemasaran secara referral bisa dibilang adalah keputusan yang sangat tepat.

Itulah beberapa strategi pemasaran yang sudah sangat sering digunakan oleh berbagai perusahaan baik yang sudah besar, maupun yang masih baru merintis. Namun, dari sekian banyaknya jenis strategi pemasaran yang ada, memang akan lebih efektif jika melibatkan internet di dalamnya. Anda harus bisa memilih strategi apa yang cocok dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Karena dengan berpikir secara matang, maka tujuan pemasaran pun akan dicapai dengan mudah.

Baca Juga: Kumpulan Tagline Unik dan Sering Digunakan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms