Kelebihan Digital Marketing, Anda Dapat Beriklan ke Seluruh Indonesia

Digital Marketing

Tahukah Anda kelebihan digital marketing membawa berbagai manfaat?

Saat ini, pemasaran dengan cara konvensional mulai menurun efektivitasnya, namun pemasaran dengan cara digital begitu mudah menarik minat calon customer, terutama generasi muda yang akrab dengan gadget dan internet, hal ini menjadi peluang besar untuk menggunakan kelebihan digital marketing.

Digital marketing tidak harus dilakukan sendiri. Apabila belum mempunyai karyawan khusus dalam bidang tersebut, cukup mengandalkan agensi, sehingga pembuatan iklan jauh lebih bagus dan berkualitas.

Baca Juga: Capai Tujuan dengan Kemudahan yang Ditawarkan Digital Campaign Agency

Membahas Apa Itu Digital Marketing

Pada zaman dahulu pemasaran masih cukup efektif dilakukan dari pintu ke pintu. Jadi, sales perlu datang ke rumah penduduk untuk melakukan promosi. Tentu cara konvensional ini kurang efektif diterapkan pada zaman modern seperti saat ini.

Di zaman modern, pemasaran digital jauh lebih efektif dan jangkauannya begitu luas. Bahkan bisa melampaui batas kota dan negara. Digital marketing merupakan strategi tingkat tinggi dalam bentuk promosi atau iklan yang dibagikan melalui mesin pencarian, website, media sosial dan email. Mesin pencarian misalnya saja ialah Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengertiannya saja, dapat dipahami kelebihan digital marketing, yakni mampu menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, dan teknologi digital. Jadi, segala proses menarik minat konsumen cukup mengandalkan perangkat elektronik dan internet.

Apa Saja Jenis Digital Marketing

Setelah memahami pengertiannya, mari beralih ke jenis-jenisnya. Apabila ingin menerapkan pemasaran digital, maka Anda bisa mempertimbangkan jenis digital marketing yang hendak digunakan. Tentu saja setiap jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing tergolong jenis pemasaran yang fokus dalam promosi produk mengandalkan peran mesin pencari misalnya Google, Bing, Yahoo dan sebagainya. Umumnya diaplikasikan dalam pembuatan website, landing page, Ads dan lain sebagainya.

2. Social Media Marketing

Seperti namanya, jenis ini mengandalkan peran media sosial, misalnya saja Youtube, TikTok, Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter dan lain sebagainya. Kelebihan digital marketing jenis ini ialah begitu dekat dengan calon konsumen.

3. Email Marketing

Sekarang ini berkirim surat tidak lagi menggunakan peran jasa pos. Lebih banyak mengandalkan email atau surat elektronik. Hal ini kemudian dimanfaatkan dalam pemasaran, terutama bisnis dengan konsep business-to-business (B2B).

4. Digital Advertising

Jenis ini umumnya diaplikasikan dengan memajang iklan dalam channel online. Misalnya pemajangan iklan dalam website maupun media sosial. Contohnya ialah Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya.

5. Content Marketing

Content marketing adalah usaha membuat konten sebagai media promosi. Konten ini dapat berupa tulisan, gambar, audio maupun video. Terkadang konten tersebut disebarkan ke sosial media, email dan lain sebagainya.

6. Customer Service Automation

Customer service automation merupakan otomasi sistem pelayanan konsumen. Kelebihan digital marketing ini adalah perusahaan akan memperoleh informasi mengenai calon konsumen saat terjadi interaksi dengan produk atau perusahaan.

7. Affiliate atau Dropshipping

Dropshipping membantu perusahaan untuk memperoleh profit melalui tengkulak online (dropshipper). Nantinya tengkulak juga akan mendapat keuntungan tersendiri dalam pemasaran ini. Jadi, perusahaan juga turut meningkatkan kesejahteraan ekonomi tengkulak.

Baca Juga: Ketahui Pengertian, Manfaat, Hingga Strategy Digital Marketing Terbaik

Kelebihan Digital Marketing dan Kekurangannya

Mirip dengan cara konvensional, cara modern juga mempunyai dua sisi. Yakni sisi kelebihan dan kelemahan. Pemasaran digital mempunyai kelebihan seperti berikut ini.

1. Hemat Biaya

Kelebihan digital marketing yang pertama sudah pasti hemat dalam hal pendanaan. Mungkin pada mulanya mengeluarkan sejumlah uang. Akan tetapi, setelah banyak orang mengenal brand Anda maka biaya marketing jauh lebih murah.

2. Tidak Membutuhkan Banyak Tim Penjualan

Dalam cara konvensional, perusahaan perlu mengirim sejumlah tim untuk melakukan promosi ke lapangan. Akan tetapi dengan cara digital tidak memerlukannya. Cukup mengirim promosi melalui media online.

3. Mendapatkan Data Pemasaran

Kelebihan digital marketing ialah dapat menyediakan data secara praktis. Misalnya saja membuat iklan memakai Google Ads, maka bisa memperoleh data mengenai siapa yang telah melihat iklan, gender, usia sampai lokasinya.

4. Branding Lebih Praktis

Pada zaman dahulu branding tergolong terbatas pada wilayah tertentu saja. Sebab tidak mampu menjangkau wilayah yang lebih luas untuk melakukan promosi. Namun sekarang cukup menyebar promosi di internet, mampu menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Setelah mengenal kelebihan digital marketing, maka juga perlu untuk mengenali kelemahannya. Bukan untuk mengabaikan sistem pemasaran ini, namun untuk lebih meminimalkan risiko yang akan terjadi.

5. Sulit diaplikasikan Tanpa Kemampuan Khusus

Tidak semua orang memahami bagaimana mengaplikasikan marketing. Membutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk bisa menerapkannya, sehingga memerlukan sejumlah waktu agar bisa mempelajarinya.

6. Memerlukan Passion

Tidak banyak pengusaha yang mau belajar tentang marketing. Banyak alasan yang mendasarinya, salah satunya adalah tidak ada passion. Tanpa passion tentu sulit untuk memahami dan mengaplikasikan pemasaran ini.

Baca Juga: Sadari Pentingnya Menggunakan Digital Agency

Manfaat Digital Marketing dalam Bisnis

Setelah memahami beberapa hal mengenai pemasaran termasuk kelebihan digital marketing, apakah Anda sudah menangkap manfaatnya? Anda bisa menyimak manfaat dari pemasaran tersebut berikut ini.

1. Menghilangkan Batas Wilayah

Manfaat pertama ialah mampu menghilangkan adanya batas wilayah dalam pelaksanaan promosi. Anda dapat melakukan promosi kemana saja. Dapat ke luar kota, ke luar pulau sampai ke luar negeri cukup memanfaatkan internet.

2. Penjualan Jauh Lebih Cepat

Bercermin pada kelebihan digital marketing yang membuat usaha branding lebih cepat, begitu pula dengan penjualan. Saat memasang iklan yang sesuai dengan minat calon konsumen maka akan mudah membuat mereka melakukan transaksi pembelian. Calon konsumen tidak perlu jauh-jauh datang ke toko. Cukup melakukan transaksi pembelian melalui smartphone saja. Bahkan, pembayaran juga dapat dilakukan melalui cara online misalnya memanfaatkan mobile banking.

3. Menciptakan Hubungan dengan Konsumen Lebih Praktis

Cara konvensional membutuhkan tatap muka dengan konsumen agar dapat melayani keperluan mereka dan membangun hubungan yang baik. Akan tetapi, dengan digital marketing hanya perlu melakukannya melalui cara online.

4. Personalisasi Produk berdasarkan Karakteristik Konsumen

Manfaat berikutnya ialah mampu mengembangkan personalisasi produk dengan mencari data mengenai konsumen yang tertarik pada produk dapat menciptakan inovasi baru melalui data tersebut.

5. Keuntungan Besar

Manfaat paling menguntungkan tentu saja profit bagi perusahaan. Melalui iklan yang menggiurkan, dan dapat menarik konsumen, sehingga terjadi banyak transaksi dalam waktu cepat. Pada akhirnya, profit perusahaan menjadi lebih besar.

Panduan Menerapkan Digital Marketing dalam Bisnis

Sebelumnya telah mengenal banyak kelebihan digital marketing, jenis sampai manfaatnya. Sekarang saatnya membahas cara dalam menerapkannya. Ada dua jenis cara yang dapat dipilih.

1. Belajar Secara Mandiri

Cara pertama ialah mengandalkan diri sendiri untuk mau meluangkan waktu dan tenaga mempelajari digital marketing. Memang cara ini tidak mudah namun dapat memulainya dengan menghadiri seminar atau pelatihan khusus.

2. Mengandalkan Tim Khusus

Tidak semua perusahaan mempunyai tim khusus pemasaran. Akan tetapi, tidak perlu khawatir sebab bisa mengandalkan jasa agensi pemasaran. Cukup mengandalkan tim mereka dalam bidang ini. Salah satunya ialah mengandalkan Dreambox yang mempunyai tim berpengalaman dan ahli di bidang digital marketing. Hal ini akan jauh lebih praktis dilakukan. Hasilnya juga akan berkualitas tinggi.

Baca Juga: 7 Jenis Digital Marketing Campaign untuk Meningkatkan Jumlah Transaksi

Sekarang ini telah banyak perusahaan yang beralih dari marketing konvensional ke bentuk digital. Sebab, memang banyak kelebihan digital marketing untuk menarik minat calon konsumen hingga meningkatkan profit perusahaan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.