Apa Itu Social Media Marketing dan Bagaimana Strateginya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
social-media-marketing-dreambox

Apa Itu Social Media Marketing?

Pada era digital seperti saat ini, terdapat berbagai strategi pemasaran yang patut dicoba dan dikembangkan dalam mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan. Salah satunya yaitu social media marketing, yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai promosi dan branding.

Jika akan memanfaatkan media sosial dalam marketing, bagaimana strateginya? Simak artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui berbagai hal tentang marketing yang satu ini!

Saat ini, social media atau media sosial merupakan hal yang sudah umum dan dipakai oleh berbagai kalangan masyarakat. Karena memiliki masa yang masif, maka strategi pemasaran dengan memanfaatkannya pun merupakan salah satu pilihan yang efektif.

Jika diartikan secara sederhana, maka social media marketing adalah satu satu cara dalam pemasaran atau marketing dengan memanfaatkan media sosial. Pemasaran tersebut akan dilakukan melalui berbagai media sosial, misalnya dengan menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, atau Tiktok.

Jika mengulik lebih luas lagi, maka ini merupakan proses pembuatan berbagai konten yang menarik bagi pengguna media sosial. Proses marketing ini dilakukan dengan menarik perhatian sehingga konten bisa dibagikan dengan lebih luas lagi.

Ketika konten marketing bisa disebarkan dengan masif, maka akan menjadi salah satu cara pemasaran yang efektif. Banyak orang yang akan mengetahui produk dari bisnis Anda, sehingga dapat meraih pasar yang lebih luas lagi.

Alasan Pentingnya Media Sosial Marketing

Banyaknya perusahaan bisnis yang menggunakan social media marketing, tentu bukan tanpa sebab. Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh jika menerapkan cara pemasaran yang satu ini, berikut merupakan beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan Brand Awareness dari Produk dan Perusahaan

Ketika sebuah produk diperkenalkan secara terus-menerus melalui berbagai konten kreatif yang menarik, maka akan lebih mudah menarik perhatian masyarakat. Orang-orang yang awalnya belum mengenal produk tersebut, mulai mengenalnya secara perlahan.

Pada awalnya, mungkin masyarakat hanya melihat produk barang atau jasa tersebut melalui konten yang disajikan. Namun, ketika semakin intensif melihatnya, maka brand tersebut akan semakin diingat oleh masyarakat.

Masifnya pengguna media sosial membuat berbagai konten bisa menjangkau banyak orang. Hal ini tentunya sangat baik jika bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, misalnya dalam meningkatkan brand awareness.

2. Meningkatkan User Engagement

Berbagai interaksi bisa terjalin melalui media sosial, mulai dari menyukai konten, memberikan komentar, membagikan, dan sebagainya sesuai dengan jenis media sosialnya.

Dengan berbagai interaksi yang terjadi, maka hal tersebut bisa meningkatkan user engagement. Konten yang Anda sajikan pun bisa menyebar dengan lebih luas dan produk yang ditawarkan bisa dipasarkan dengan lebih masif.

3. Mengetahui Respons Masyarakat terhadap Produk

Dengan memanfaatkan media sosial, maka Anda bisa mengetahui berbagai respons masyarakat. Media sosial memberikan berbagai fasilitas untuk memberikan respons, misalnya melalui like, komentar, atau sarana untuk membagikan konten.

Fasilitas tersebut dapat berguna untuk mengetahui seperti apa respon dari masyarakat terhadap suatu produk. Inilah keuntungan yang sangat bagus dari social media marketing. Tanpa melakukan promosi melalui media sosial, hal ini mungkin akan lebih sulit diketahui.

4. Mengetahui dan Mempelajari Kompetitor

Ketika sedang menjalankan bisnis, maka Anda tentunya tidak bisa mengabaikan berbagai kompetitor yang menjalankan bisnis serupa. Mengetahui dan mempelajari kompetitor dapat membuat Anda bisa lebih memahami berbagai kelebihan dan kekurangan dari produk Anda.

Salah satu cara untuk mengetahui berbagai hal terkait kompetitor yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Karena pemasaran dengan media sosial sudah semakin umum digunakan, maka bisa jadi para kompetitor Anda juga menggunakannya.

Strategi dalam Media Sosial Marketing

Setelah membaca berbagai keuntungan di atas, maka Anda pastinya sudah paham bahwa cara marketing yang satu ini sangat patut dipertimbangkan. Supaya bisa melakukannya dengan optimal, maka terdapat berbagai strategi yang sebaiknya diperhatikan.

1. Mempelajari Selera Audiens

Hal pertama yang penting dilakukan yaitu mempelajari selera audiens. Hal tersebut bisa menjadi gambaran untuk kecocokan audiens dengan produk yang Anda tawarkan.

Anda bisa memetakan selera dari audiens, sehingga nantinya bisa menentukan konten jenis apa yang menarik bagi mereka. Jika Anda bisa memberikan konten yang cocok, maka engagement pun dapat meningkat.

2. Menentukan Jenis Media Sosial yang Akan Dipakai

Selanjutnya, perlu ditentukan jenis media sosial apa yang akan menjadi tempat marketing untuk produk Anda. Tentunya, setiap media sosial memiliki karakteristik dan fiturnya masing-masing.

Anda perlu memilih jenis media sosial yang tepat untuk memasarkan produk, bisa terdiri dari satu atau beberapa media. Pemilihan ini bisa ditentukan berdasarkan target dan segmentasi pasar dari produk Anda.

Misalnya, jika menyasar kaum milenial, maka sebaiknya Anda memanfaatkan media sosial yang populer di kalangan milenial.

Pemilihan platform dalam social media marketing ini juga akan berpengaruh terhadap pembuatan konten. Konten yang akan disebarkan di sebuah media sosial, belum tentu cocok untuk disebarkan di media sosial yang lain.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memahami karakter dan fitur dari media sosial yang akan dipakai. Pelajari juga karakteristik pengguna media sosial tersebut, sehingga bisa membuat konten yang paling cocok.

3. Membuat Konten yang Menarik

Jika Anda membuat konten yang menarik perhatian banyak orang, maka akan lebih mudah untuk meningkatkan engagement. Selanjutnya, akan lebih banyak orang yang melihat dan mengenal produk Anda.

Konten yang menarik juga dapat membuat masyarakat semakin tergerak untuk menggunakan atau membeli produk yang diiklankan.

Lalu, bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk marketing produk? Anda perlu melakukan berbagai riset terlebih dahulu supaya bisa membuat konten yang menarik.

Penting untuk mencari tahu konten seperti apa yang saat ini sedang disukai di media sosial tersebut. Setiap media sosial bisa jadi memiliki tipe pengguna yang berbeda, sehingga konten yang diminati juga bisa jadi tidak sama.

Jika audiens sekiranya lebih suka konten video pendek, maka Anda bisa fokus untuk membuat berbagai video menarik. Contoh lain, jika ternyata audiens suka konten yang informatif, Anda bisa menyajikan berbagai informasi untuk mereka.

4. Menjadwalkan Waktu Unggah Konten

Selanjutnya, penting untuk membuat jadwal mengunggah konten di media sosial. Unggahlah konten di waktu yang tepat atau waktu ketika media sosial sedang aktif digunakan.

Sebagai contoh, ketika jam istirahat makan siang atau ketika jam pulang kerja. Biasanya, waktu tersebut banyak digunakan untuk mengecek media sosial.

5. Melakukan Evaluasi

Berbagai data disediakan oleh media sosial, misalnya data tentang sharing dan engagement dari konten Anda. Data tersebut bisa dipelajari dan menjadi bahan evaluasi untuk Anda.

Anda bisa melihat seberapa tingkat keberhasilan dari proses marketing yang sudah Anda lakukan melalui media sosial. Bandingkan juga dengan peningkatan penjualan dari produk yang dipasarkan.

Media sosial memang menjadi hal yang sangat menarik pada era digital ini. Berbagai jenis media pun semakin marak digunakan dalam hal pemasaran produk, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh dari cara marketing yang satu ini. Tentunya, berbagai strategi pun perlu diperhatikan, supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Mengingat perkembangan cara-cara pemasaran belakangan ini, social media marketing merupakan pilihan yang tepat untuk memajukan bisnis Anda. 

Untuk hasil yang optimal, layanan digital marketing dari Dreambox selalu siap membantu Anda untuk mengembangkan bisnis. Hubungi kontak untuk berbagai informasi lebih lanjut tentang layanan ini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms