...

Ketahui Jenis Digital Campaign yang Cocok untuk Brand Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
ketahui-jenis-digital-campaigns-brand-dreambox

Apa saja keunggulan digital marketing campaign?

Para pemilik bisnis harus menyadari betapa pentingnya digital marketing campaign untuk kelangsungan usaha. Apalagi sekarang era digital di mana sebuah bisnis apabila tidak go digital tidak akan bisa berkembang dengan baik. Bahkan tidak sedikit perusahaan lama yang tidak mengembangkan usahanya ke ranah digital mengalami kebangkrutan. Anda tentu tidak ingin bernasib demikian, bukan? Oleh sebab itu, mulai sekarang harus mulai melakukan pemasaran ke ranah digital.

Ada banyak jenis kampanye digital atau pemasaran online yang bisa Anda pilih untuk menjual produk maupun meningkatkan brand awareness. Mau tahu apa saja pilihannya, kami punya beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Baca Juga: Ketahui Pengertian, Manfaat, Hingga Strategy Digital Marketing Terbaik

Jenis Digital Marketing Campaign

Perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin, salah satunya dalam bidang pemasaran. Anda bisa mempelajari dan menerapkan berbagai jenis digital campaign yang cocok untuk brand perusahaan.

Bahkan juga bisa menggunakan beberapa jenis sekaligus sebagai strategi bisnis. Jadi, jangan terpaku menggunakan satu jenis campaign saja. Berikut 7 jenis campaign yang bisa dipergunakan dalam strategi bisnis:

1. Memanfaatkan Mesin Pencari atau Penerapan SEO

Ini merupakan jenis campaign yang paling banyak digunakan oleh para marketer online, blogger, atau pemilik usaha untuk mengembangkan bisnis mereka. Bukan hanya menjual, tapi dapat digunakan untuk memperkenalkan merek ke masyarakat.

Fokus utamanya adalah mengoptimalkan mesin pencari dengan menggunakan kata kunci tertentu dalam sebuah konten. Semua dilakukan berdasarkan tips dan aturan dasar SEO.

2. Pengoptimalan Mesin Pencari untuk Iklan atau Search Engine Marketing (SEM)

Digital campaign ini mirip dengan SEO, tapi bukan SEO. SEM merupakan pengoptimalan search engine untuk mendapatkan tampilan di halaman pertama mesin pencari dalam bentuk iklan produk.

Hanya saja, penggunaan SEM membutuhkan keahlian khusus serta pendanaan yang cukup besar. Oleh sebab itu, biasanya diserahkan kepada agen pemasaran digital untuk melakukannya.

3. Sosial Media Marketing (SMM)

Selain search engine, media sosial juga merupakan platform yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran online. Pemasaran menggunakan cara ini dinilai sangat mampu memberikan result yang baik. Hal ini disebabkan pada zaman sekarang, hampir semua orang menggunakan media sosial. Tidak peduli apa profesinya, usia, gender, maupun latar belakang, bisa memiliki akun media sosial sehingga bisa dijadikan sebagai target pasar.

Para pengelola platform juga sudah mengeluarkan layanan akun bisnis dan iklan yang dapat digunakan pelaku usaha. Dengan memanfaatkan hal ini pengoptimalan media sosial sebagai platform digital campaign aka makin baik.

4. Pay per Click (PPC)

Anda ingin memanfaatkan internet dan situs untuk meningkatkan nilai positif brand, bisa menggunakan cara satu ini. Cara kerjanya dengan membayar setiap kali iklan maupun situs mendapatkan klik.

5. Konten Pemasaran Digital

Cara pemasaran ini dilakukan dengan membuat konten berkualitas sehingga menstimulasi orang yang melihat atau membacanya sehingga tertarik untuk menggunakannya.

Konten bisa dibuat berupa artikel dengan penerapan keyword maupun gambar atau video. Biasanya banyak digunakan dalam bentuk artikel yang diposting pada blog maupun situs.

6. Email Marketing

Digital campaign lainnya yang bisa Anda gunakan adalah email marketing, yaitu proses pengiriman pesan melalui tulisan maupun gambar. Mail tersebut dikirimkan kepada pelanggan yang telah berlangganan newsletter.

Pemasaran jenis ini meskipun sudah lama ada dan banyak digunakan, bahkan dianggap sebagai salah satu cara pemasaran lawas, tapi tetap efektif hingga saat ini. Karena semua pengguna internet memiliki alamat email.

7. Menggunakan Jasa Influencer

Influencer bukan istilah asing lagi dan sebagian besar orang sudah banyak yang menggunakannya, merujuk pada seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

Biasanya, fans dari influencer akan membeli produk yang diiklankan atau direkomendasikan idolanya. Oleh sebab itu, banyak orang yang memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk mereka.

Baca Juga: Pentingnya Jasa Ads dari Digital Marketing Agency untuk Bisnis Anda

Keunggulan Digital Marketing Campaign

Kebanyakan strategi digital campaign digunakan untuk bisnis online, tapi tidak menutup kemungkinan perusahaan lokal maupun tradisional juga melakukannya. Sebab cara ini sangat efektif meningkatkan nilai positif brand, berikut keunggulannya:

1. Adanya Perpindahan Tren Pasar

Satu dekade terakhir semakin terlihat perpindahan tren pasar yang semula tradisonal atau modern menjadi bentuk belanja digital atau online. Pembeli tidak lagi pergi ke mal untuk belanja, tapi sekarang sudah tidak lagi.

Anda bisa membeli berbagai kebutuhan tanpa perlu ke luar rumah, hanya perlu menggunakan smartphone kemudian masuk ke app marketplace dan beli semua kebutuhan. Oleh sebab itu, strategi penjualan online harus diterapkan dalam bisnis.

2. Biaya yang Efisien

Penggunaan strategi digital campaign akan bantu Anda dalam melakukan penghematan biaya promosi. Terutama bagi bisnis skala kecil yang tidak bisa mengeluarkan banyak biaya untuk iklan di televisi.

3. Terkontrol dan Terukur

Tujuan akhir dari sebuah promosi adalah mendapatkan jumlah penjualan atau brand awarenes sebesar-besarnya. Dengan melakukan pemasaran online, hal ini akan lebih mudah dikontrol dan diukur.

Sebagai contohnya dapat dilihat dari traffic kedatang ke situs, toko online, maupu akun media sosial Anda. Hal ini dapat diukur secara realtime dengan melihat aktivitas audience. Jadi, dapat dinilai langsung efektivitasnya.

4. Pemasaran Tertarget

Penggunaan digital campaign juga membuat promosi yang dilakukan dapat ditarget dengan baik. Bisa disesuaikan dengan pekerjaan, gender, usia, hobi, dan patokan lainnya.

5. Hubungan dengan Konsumen yang Terjalin dengan Baik

Hal yang paling penting bagi pelaku usaha adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen. Terutama pada konsumen loyal, karena mereka merupakan aset perusahaan paling berharga.

Dengan menggunakan pemasaran online, menjaga hubungan harmonis dengan pelanggan bisa dilakukan dengan mudah dan dalam waktu singkat. Membentuk konsumen loyal juga tidak lagi menjadi hal sulit.

Baca Juga: Tingkatkan Income Bisnis Anda dengan Teknik STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

Langkah Optimasi Digital Campaign

Pemasaran online merupakan strategi yang harus dilakukan dan dijalankan dengan terstruktur agar hasilnya optimal. Agar kampanye mendapatkan hasil terbaik, lakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Lakukan Penargetan Pasar/Konsumen

Langkah pertama adalah membuat target pasar, lakukan dengan spesifik dan dalam cakupan lebih kecil. Misalnya, rentang usia dan jenis kelamin tertentu, tapi jangan terlampau besar karena pemasaran menjadi tidak efektif.

2. Siapkan Biaya Iklan

Melakukan strategi digital campaign membutuhkan modal, terutama untuk iklan dan apabila Anda menggunakan layanan perusahaan jasa tertentu. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyediakan budget sesuai sehingga bisa menjangkau audience Anda.

3. SEO Harus Dilibatkan

SEO merupakan hal penting dan tidak boleh diabaikan sehingga harus disertakan dalam campaign bisnis Anda. Ikutilah poin-poin aturan SEO dengan kata kunci atau keyword sesuai, kemudian buat konten menarik.

Anda juga perlu memanfaatkan backlink untuk meningkatkan traffic dengan menggunakan situs lain sebagai tempat mendapatkannya. Dengan demikian tingkat pengunjung situs Anda juga akan meningkat.

4. Sebarkan Melalui Media Sosial

Langkah berikutnya dalam optimasi digital campaign adalah menyebarkanya. Tidak akan ada orang yang tahu apabila Anda tidak menyebarluaskan konten sudah dibuat. Jadi, buatlah akun di semua media sosial dan sebarkan campaign Anda.

5. Kampanye Harus Menunjukkan Interaksi

Manusia tentu ingin berinteraksi dengan sesama manusia, jadi jangan buat kampanye Anda terkesan kaku seolah dibuat robot. Buatlah dengan gaya santai sehingga orang tertarik untuk mengaksesnya.

Baca Juga: Capai Tujuan dengan Kemudahan yang Ditawarkan Digital Campaign Agency

Terlepas dari berbagai teknik atau strategi yang Anda gunakan, sangat baik apabila menggunakan aplikasi atau software terbaik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa layanan digital campaign dari pihak ketiga yang sudah berpengalaman.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms