...

Ketahui Jenis-Jenis Hingga Kelebihan Digital Marketing

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
kelebihan-digital-marketing-beriklan-ke-seluruh-indonesia-dreambox

Kegiatan promosi yang mendunia, merupakan kelebihan digital marketing.

Mungkin selama ini Anda masih asing dengan kelebihan digital marketing karena tidak tahu seperti apakah perannya dan jenisnya. Padahal sebenarnya hal tersebut sangat berperan penting dalam teknik pemasaran saat ini.

Dibandingkan menggunakan cara konvensional, metode ini lebih menguntungkan dan hemat dari segi apa saja. Itulah kenapa banyak orang memilihnya karena mereka tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar, sehingga hasilnya efektif.

Terlebih saat ini jaringan internet semakin luas. Maka rasanya kurang lengkap bila perkembangan teknologi tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga hal ini memunculkan kebiasaan baru masyarakat untuk berbelanja secara online.

Baca Juga: 5 Digital Marketing Skill yang Dapat Anda Terapkan Dalam Berbisnis

Mengenal Apa itu Digital Marketing

Sebelum memahami seperti apakah kelebihan digital marketing, saatnya mengenal dulu pengertiannya. Seperti yang terlihat bahwa saat ini trend metode ini mulai digunakan oleh masyarakat luas, khususnya para pelaku bisnis online.

Kemudahan cara dan efektifitas hasilnya menjadi alasan semua orang menggunakan strategi pemasaran digital seperti ini. Namun apa sih yang dimaksud dengan digital marketing itu? Ini adalah kegiatan promosi secara online.

Mulai pemasaran produk, jasa, dan brand apa saja. Menariknya hal tersebut sudah digunakan sejak lama. Meski baru ramai digunakan karena pengguna internet semakin luas, ternyata teknologinya sudah ada sejak 1910.

Saat itu terdapat stasiun radio yang menyampaikan pertunjukan opera secara langsung dari gedung Metropolitan New York. Pertunjukan tersebut bisa didengar langsung memakai earphone di sejumlah lokasi berbeda oleh orang-orang lainnya.

Selanjutnya kelebihan digital marketing semakin meluas karena perkembangan komputer dan internet meningkat drastis. Metode pemasaran digital yang didukung oleh kecanggihan internet menjadikannya semakin bertaring. Karena bisa menjangkau banyak orang sekaligus.

Tentunya menggunakan cara ini membuat mereka bisa melakukan pemasaran dengan biaya lebih murah daripada cara konvensional. Jadi segala kegiatan ini sifatnya tidak 1 arah lagi. Namun bisa banyak arah sekaligus.

Berbagai Macam Kelebihan Digital Marketing

Keuntungan utama menggunakan metode ini adalah bisa menjangkau pasar yang semakin luas dengan biaya rendah. Selain itu masih ada banyak manfaat lainnya. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan teknologi untuk pemasaran:

  1. Dengan menggunakannya, maka kegiatan promosi bisa dilakukan hingga menjangkau ke seluruh dunia. Menariknya biayanya tidak mahal bila memakai website. Namun tentu saja hal tersebut harus didukung dengan teknik yang tepat.
  2. Kelebihan digital marketing lainnya adalah memudahkan Anda untuk melakukan komunikasi secara berkala. Karena teknologi tersebut memungkinkan pelaku bisnis bisa menjalin komunikasi lebih mudah dengan pelanggannya, sehingga pelanggan selalu mengingat produknya.
  3. Metode ini efektif memudahkan Anda untuk menentukan sendiri target konsumen secara spesifik. Karena ada banyak pilihan segmen pasar dapat dilakukan, sehingga pemasangan iklan lebih efisien hasilnya dan tidak memakan waktu.
  4. Hal menarik lainnya yang menjadi kelebihan digital marketing adalah kemudahan dalam membagi pasar dalam segmen tertentu. Anda bisa mengarahkan iklan untuk ditampilkan pada orang yang punya minat sama. Jadi tertarget.
  5. Kemudahan mengukur efektivitasnya juga termasuk manfaat dari hal tersebut. Karena platform iklan organik itu biayanya lebih terjangkau dan performanya bagus. Anda bisa menyesuaikan target sesuai minat, usia, jenis kelamin.
  6. Keunggulannya tidak sampai disitu saja. Karena kelebihan digital marketing ini sangat mudah disesuaikan. Anda dapat meningkatkan performa iklan bahkan ketika masih berjalan, sehingga hasilnya menjadi lebih sempurna daripada media konvensional.

Jadi seperti itulah kelebihannya dan pengertiannya. Sekarang saatnya mempelajari tentang macam-macamnya, sehingga Anda tahu manakah metode paling efektif untuk kegiatan pemasaran produk dan jasa tertentu.

5 Jenis-Jenis Digital Marketing yang Sering Digunakan

Setelah mengenal seperti apakah kelebihannya, saatnya memahami seperti apa jenis-jenisnya, sehingga Anda tahu akan memilih jenis yang mana untuk mendapatkan semua manfaat di atas. Berikut ini adalah jenis digital marketing:

1. SEO

Cara tersebut merupakan pilihan terbaik bila ingin melakukan branding dalam waktu lama dan dananya terbatas. Karena efektif meningkatkan peringkat web supaya muncul pada halaman pertama mesin pencarian seperti Google.

2. SEM

SEM meripakan teknik berbayar. Biasanya pengiklan dikenakan biaya setiap ada kunjungan yang melakukan klik. Namun meski begitu, tingkat kemungkinan hasil yang didapatkan cukup besar. Ini menjadi kelebihan digital marketing tersendiri.

3. Social Media Marketingketahui-jenis-jenis-hingga-kelebihan-digital-marketing-dreambox

Metode tersebut bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja. Namun ada juga yang berbayar. Contoh platform yang sering dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut adalah Twitter, Facebook, Instagram.

4. CRM

Channel terpopuler untuk jenis ini adalah email marketing. Itu artinya setiap brand tertentu membuat kampanye, mereka akan memberikan notifikasi kepada pelanggannya melalui email. Jadi lebih efektif mempertahankan pelanggan lama.

5. Display Ad Network

Metode pemasaran tersebut berbayar. Biasanya ditemukan pada portal berita di samping kiri dan kanannya. Hal seperti inilah yang disebut dengan istilah display ad network, sehingga lebih menarik.

Baca Juga: Pentingnya Jasa Ads dari Digital Marketing Agency untuk Bisnis Anda

Setelah melihat penjelasan di atas, maka hal tersebut cukup menjadi alasan kenapa hal tersebut perlu dipelajari bagi pemilik usaha online dan offline. Karena kelebihan digital marketing itu ada banyak sekali. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms